PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII SEMESTER II DI SMP NEGERI 5 TEJAKULA TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.795Abstract
Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian pengembangan ini adalah untuk menggambarkan proses rancang bangun dan mendeskripsikan kualitas hasil pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Kelas VII Semester II di SMP Negeri 5 Tejakula Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Kelas VII Semester II di SMP Negeri 5 Tejakula Tahun Pelajaran 2012/2013 ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan untun teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif kuantitatif. Adapun hasil dari penelitian pengembangan ini adalah sebuah produk multimedia interaktif IPA untuk SMP kelas VII semester II dimana proses rancang bangun yang mengikuti model ADDIE melibatkan 5 langkah yakni: (1) analisis (analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Berdasarkan hasil analisis data, tingkat pencapaian rata-rata kualitas multimedia interaktif ini menurut tinjauan ahli isi mata pelajaran, ahli media, dan ahli desain serta uji coba perorangan, kelompok kecil dan lapangan, multimedia interaktif ini layak untuk dipakai sesuai dengan hasil validasi.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)