PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AGAMA HINDU KELAS V SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DI SD NO 2 PENARUKAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.933Abstract
Multimedia pembelajaran untuk mata pelajaran Agama Hindu adalah salah satumedia yang belum ada dan perlu dikembangkan di SD No 2 Penarukan. Tujuan yangingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses rancangbangun dan mengetahui validitas hasil multimedia pembelajaran menurut reviewpara ahli dan uji coba pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitianpengembangan yang menggunakan model Luther. Tahapannya meliputi konsep,desain, pengumpulan bahan, perakitan, uji coba, dan distribusi. Pada tahap uji coba,produk divalidasi melalui review para ahli dan uji coba pada siswa. Metodepengumpulan data yang digunakan adalah metode pencatatan dokumen dan metodekuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisisdeskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah deskripsi proses rancang bangun danvaliditas hasil multimedia pembelajaran pada mata pelajaran Agama Hindu kelas Vsemester genap di SD No 2 Penarukan. Proses rancang bangun multimediapembelajaran ini terdiri dari enam tahap yaitu konsep, desain, pengumpulan bahan,perakitan, uji coba, dan distribusi. Validitas multimedia pembelajaran diperolehberdasarkan data dari angket yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatifdan hasilnya dikonversi ke dalam PAP skala 5. Hasil analisis menunjukkan: (1)menurut review ahli isi mata pelajaran pada kategori sangat baik (93,33%), (2)menurut review ahli desain pembelajaran pada kategori baik (81,33%), (3) menurutreview ahli media pembelajaran menunjukkan kategori baik (85,71%), (4) uji cobaperorangan berada pada kategori sangat baik (92,22%), (5) berdasarkan uji cobakelompok kecil kategori sangat baik (92,36%), dan (6) uji coba lapangan padakategori sangat baik (91,38%).Kata kunci: pengembangan, multimedia pembelajaran, agama hinduDownloads
Published
2013-07-08
How to Cite
Luh Putu Putrini Mahadewi, N. M. M. K. P. (2013). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AGAMA HINDU KELAS V SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DI SD NO 2 PENARUKAN. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.933
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)