PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013 DI SMP NEGERI 1 GEROKGAK
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.945Abstract
Media pembelajaran multimedia interaktif untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu kelas VII diSMP Negeri 1 Gerokgak adalah media yang belum ada dan perlu dikembangkan. Tujuan yang ingindicapai melalui penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses rancang bangun dan kualitas hasilpengembangan media pembelajaran multimedia interaktif. Penelitian ini merupakan penelitianpengembangan yang menggunakan model ADDIE. Tahapannya meliputi tahap analisis,perancangan,pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pada tahap uji coba, produk divalidasi melalui tinjauanoleh para ahli dan uji coba produk kepada peserta didik. Instrumen pengumpulan data adalahkuisioner/angket. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis statisticdeskriptif. Hasil penelitian ini adalah deskripsi proses rancang bangun dan kualitas hasilpengembangan media pembelajaran multimedia interaktif pada mata pelajaran Pendidikan AgamaHindu kelas VII semester genap di SMP Negeri 1 Gerokgak. Proses rancang bangun mediapembelajaran multimedia interaktif terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, perancangan, pengembangan,implementasi dan evaluasi. Kualitas hasil pengembangan media multimedia interaktif diperolehberdasarkan data dari angket yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dikonversi kedalam PAP tingkat ketercapaian skala 5. Tinjauan ahli isi mata pelajaran mencapai 92% katagorisangat baik, tinjauan ahli desain pembelajaran mencapai 83,33% katagori baik, tinjauan ahli mediapembelajaran mencapai 83,33% katagori baik, uji coba perorangan mencapai 92,22% katagori sangatbaik, uji coba kelompok kecil mencapai 89% katagori sangat baik, dan uji coba lapangan mencapai89,77% katagori baik.Kata kunci: pengembangan, media, multimedia interaktif, pendidikan agama hinduDownloads
Published
2013-07-08
How to Cite
I Kadek Suartama, P. D. K. M. I. N. J. (2013). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2012/2013 DI SMP NEGERI 1 GEROKGAK. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.945
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)