PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DI SMP SARASWATI SERIRIT
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.947Abstract
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan media video pembelajaranpada mata pelajaran IPA yang layak pakai sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiksiswa dan untuk mengetahui kualitas hasil pengembangan media video pembelajaranmenurut review para ahli serta hasil review dari siswa. Metode yang digunakan dalampenelitian pengembangan media video pembelajaran menggunakan modelpengembangan pembelajaran berbantuan komputer (PBK) yang dikembangkan olehLuther, melibatkan 6 tahap yakni: konsep (concept), desain (design), pengumpulanbahan materi (collecting materials), pembuatan (assembly), percobaan (tes drive) dan(distribution). Berdasarkan data dari angket yang kemudian dianalisis secara deskriptifkuantitatif dan dikonversi ke dalam PAP tingkat ketercapaian skala 5 menurut tinjauanahli isi mata pelajaran mencapai 96% katagori sangat baik, tinjauan ahli desainpembelajaran mencapai 90% katagori sangat baik, tinjauan ahli media pembelajaranmencapai 93% katagori sangat baik, uji coba perorangan mencapai 89,7% katagori baik,uji coba kelompok kecil mencapai 88,4% katagori sangat baik, dan uji coba lapanganmencapai 92,1% katagori sangat baik. media video pembelajaran ini layak pakai sesuaidengan karakterisitik siswa SMP Saraswati Seririt kelas VII semester genap.Kata kunci: Pengembangan, Media Video Pembelajaran, mata pelajaran IPADownloads
Published
2013-07-08
How to Cite
Luh Putu Putrini Mahadewi, I. K. N. S. W. I. W. K. (2013). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VII SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DI SMP SARASWATI SERIRIT. Jurnal Edutech Undiksha, 1(2). https://doi.org/10.23887/jeu.v1i2.947
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)