Rekonstruksi Pemikiran Agama Dalam Mencegah Kemunduran Moralitas Pemuda (Telaah Pemikiran Sir Muhammad Iqbal)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jfi.v5i1.36375Keywords:
Muhammad Iqbal, rekonstruksi pemikiran beragama, moralitas pemudaAbstract
Pemuda sebagai agen perubahan dan aktor masa depan memilik andil untuk menuntaskan konflik yang terjadi baik secara subversif maupun persuasif melalui kajian keagamaan. Kondisi sosial masyarakat sangat menuntut peran serta dan andil dari pemuda sehingga keberadaan pemuda menjadi penentu perubahan sosial yang lebih progresif menuju ke arah perubahan kehidupan yang lebih baik. Dengan perkembangan zaman yang sangat cepat banyak masalah yang dihadapi pemuda sebagai agen perubahan, banyak peran pemuda yang terhambat karena berkembangnya zaman dan teknologi, keadan ini memaksa pemuda berubah mulai dari sikap, gaya hidup sampai hubungan sosial. Penelitian ini merupakan kajian teori konseptual dan menelaah hasil pemikiran Muhammad Iqbal yang dikenal sebagai salah satu pembaharu pendidikan islam, dengan menggunakan metode kualitatif diskriptif terhadap hasil karya Muhammad Iqbal tentang rekonstruksi pendidikan islam. “Dari penelitian ini disimpulkan bahwa bahwa intelektualisme Islam pada waktu itu dapat dikatakan nyaris berhenti, karena Umat Islam telah berhenti mengambil inspirasi dari Al-Quran. Diagnosis yang ditawarkan Iqbal untuk menyembuhkan persoalan ini adalah dengan jalan menumbuhkan kembali semangat intelektualisme melalui tiga sumber, yaitu serapan indrawi, rasio, dan intuisi. Apabila Umat Islam mampu melakukan berpikir semacam ini, revolusi pengetahuan dalam dunia Islam akan terjadi secara mengagumkan dan persoalan- persoalan yang timbul dari dampak westernisasi dan dekansi moral remaja yang terjadi bisa atasi.References
Almunawwarah, Audina, ‘Muhammad Iqbal (Kajian Historis Terhadap Peranannya Dalam Pembentukan Negara Pakistan)’ (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2018)
Azzharo, Aminah, Bayu Pamungkas, Ragil Triyuniarti, Rina Trilestari, and Rosyda Noor Fitriyana, ‘PEMIKIRAN METAFISIKA MUHAMMAD IQBAL’
Hidayatullah, Syarif, ‘Perspektif Filosofis Sir Muhammad Iqbal Tentang Pendidikan Islam’, Jurnal Pendidikan Islam, 2.2 (2013), 419–40
Indrajaya, Darmawan Tia, ‘Konstribusi Pemikiran Muhammad Iqbal Dalam Pembaharuan Hukum Islam’, Hukum Islam, 13.1 (2013), 1–12
Masykur, Mohammad Rizqillah, ‘Pembaharuan Islam Di Asia Selatan Pemikiran Muhammad Iqbal’, Jurnal Al-Makrifat, 3.1 (2018)
Mufidah, Lul-luk Nur, ‘Konsep Pendidikan Islam Perspektif Filosof Muslim Dan Praktisi Abad Modern: Muhammad Abduh Dan Muhammad Iqbal’, Dalam Jurnal Ilmu Tarbiyah “Tajdid, 2.2 (2013)
Mukti, Muhammad, ‘Dasar-Dasar Pendidikan Islam Modern Dalam Filsafat Iqbal’, INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14.2 (2009), 242–53
Rafid, Rahmad, ‘Konsep Kepribadian Muslim Muhammad Iqbal Perspektif Pendidikan Islam Sebagai Upaya Pengembangan Dan Penguatan Karakter Generasi Milenial’, E-Jurnal Mitra Pendidikan, 2.7 (2018), 711–18
Suharto, Toto, ‘Rekonstruksi Pemikiran Pendidikan Islam: Telaah Pemikiran Muhammad Iqbal’, Jurnal Esensia, VII, 2010
Suriadi, Amran, ‘Muhammad Iqbal, Filsafat Dan Pendidikan Islam’, Tsarwah, 1.02 (2017), 45–60
Widodo, Sumardi, ‘Revitalisasi Pemuda Demi Memajukan Indonesia’, HUMANIKA, 14.1 (2011)
Widyastini, Widyastini, ‘Konsep Pemikiran Filsafati Muhammad Iqbal Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Dengan Pembangunan Karakter Bagi Bangsa Indonesia’, Jurnal Filsafat, 27.1 (2017),
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Filsafat Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Filsafat Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.