FREKUENSI GELOMBANG OTAK DALAM MENANGKAP ILMU IMAJINASI DAN REALITA (BERDASARKAN ONTOLOGI)

Penulis

  • Nurul Fajri Universitas Serambi Mekkah

DOI:

https://doi.org/10.23887/jfi.v3i2.22299

Kata Kunci:

Frekuensi, Gelombang otak, Imajinasi, Realita, Ontologi.

Abstrak

Otak merupakan organ kecil yang tersimpan didalam batok kepala yang merupakan  pusat sistem syaraf dan berfungsi sebagai pusat kendali dan koordinasi seluruh aktifitas biologis, fisik, dan sosial dari seluruh tubuh. Metafisika adalah kajian filsafat yang mendasar dan komprehensif mengenai seluruh realita atau tentang keberadaan (segala sesuatu yang ada atau being). Artikel ini disintesis melalui penelitian perpustakaan yang mempelajari buku, artikel ilmiah, dan referensi yang relevan karena frekuensi gelombang otak dalam menangkap imajinasi dan realita. Artikel ini dirancang untuk memberikan penjelasan tentang frekuensi gelombang otak berdasarkan ontologi dalam menangkap ilmu imajinasi dan realita. Hasil menunjukkan bahwa dalam menangkap imajinasi dan realita, gelombang otak terbagi dalam beberapa gelombang yaitu; gelombang gamma, gelombang beta, gelombang alfa, gelombang teta dan gelombang delta. Perubahan pola gelombang otak ini dapat dipengaruhi oleh kondisi mental atau pikiran seseorang. Dengan imajinasi, kita dapat memvisualisasikan impian kita sehingga dapat menimbulkan semangat. Brainwave entrainment merupakan sebuah cara untuk mengatur pola gelombang otak anda sesuai kebutuhan agar anda mendapatkan kondisi pikiran sesuai yang anda inginkan, Karena kita memiliki Kemauan yang merupakan kerja Otak Kanan, tapi yang memikirkan caranya (logika) dengan otak kiri

Referensi

Amin, M. S. (2018). Perbedaan Struktur Otak dan Perilaku Belajar Antara Pria dan Wanita; Eksplanasi dalam Sudut Pandang Neuro Sains dan Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(1), 38. https://doi.org/10.23887/jfi.v1i1.13973

Amin, T, N. (2016). Keutamaan Teknik Pendekatan Neurolinguistic Programming dalam Proses Pembelajaran (sebuah Konsep Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Mahasiswa Belajar Pemula). Jurnal Nady Al-Adab. Vol. 12. No. 1.

Bama, A. A. (2015). MENGENAL FISIKA; dari Paradigma, Metodologi, hingga Implementasi.

Ellias (2009). Hipnosis & Hipnoterapi, Transpersonal/NLP. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Fadilah, M. (2018). Ekplanasi Ilmiah Metode Hipnotis Terhadap Otak Manusia. Jurnal Filsafat Indonesia. Vo. 1. No. 1.

Fatma, N, Andi. dkk. 2017. Pengaruh Pengondisian Gelombang Otak Zona Alfa Pada Apersepsi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas Xi Ipa Man 3 Makassar. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php. Diakses 9 Mei 2019.

Firman, H. (2019). Pengantar Filsafat Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Program Studi Pendidikan IPA, Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Indonesia.

Ladyman, J. (2002). Understanding philosophy of science. London: Routledge.

Lubis, AY. (2016).Filsafat Ilmu Klasik hingga Kontemporer. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Lusiawati, I. (2017). Pengembangan Otak Dan Optimalisasi Sumber Daya Manusia. TEDC. Vol. 11. N0. 2.

Muhammad, N. (2011). Gelombang Otak Manusia. Jogjakarta: Diva Press. Diakses 9 Mei 2019.

Muslim. (2006). Paradigma yang Melatarbelakangi Fisika Modern. Buku 1A, Trilogi Pemekaran Paradigma Einstein. Cetakan pertama, Himpunan Fisika Indonesia Cabang Jateng dan DIY. Yogyakarta.

Najamuddin, M., & Kartiani, S, B. (2016). Meningkatkan Multiple Intelligensi (MI) Melalui Musik. Jurnal Realita. Vol. 1. No. 2.

NeuroSky. (2009). Brain Wave Signal (EEG) of Neurosky. NeuroSky Inc.

Oakley, DA.,& Halligan PW. (2013).Hypnotic Suggestion: Opportunities for CognitiveNeuroscience. Nat Rev Neurosci. 2013. Aug;14(8):565-76. DOI: 10.1038/nrn3538. Epub 2013 Jul 17.

Rakhmat, J. (2005). Belajar Cerdas Belajar Berbasiskan Otak. Bandung: MLC.

Rusli, SI & Wijaya, JA. (2009) The Secret of Hypnosis. Jakarta: Penebar Plus.

Sunardi, S., & Sujito, S. (2019). Eksplanasi Pengobatan Alternatif Supranatural Berdasarkan Tinjauan Teori Gelombang Otak Dan Hipnosis. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(1), 1. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i1.17545.

Sunardi, Dodi, & Yuniarti, A. (2017). Mind Miracle: Eksplorasi Potensi Otak Melalui Hipnosis (1st ed.). Bandung: Suma Cipta Sarana.

Sudarmin (2016) Pengantar Filsafat Pendidikan dan Pemikir Sains. Semarang: CV. Swadaya Manunggal.

Southwell (2013). Fifty philosophy of science ideas you really need to know. London: Quercus Edition.

Tri Suminar. (2016). Tinjauan Filsafati (Ontologi, Epistemologi Dan Aksiologi Manajemen Pembelajaran Berbasis Teori Sibernetik. Jurnal Edukasi, Vol.1 No. 2.

Widiasmadi, H. 2010. Spot Capturing Metode Dahsyat Mencetak Otak Super. Cet.I. Yogyakarta : IndonesiaTera.

Diterbitkan

2020-06-30

Terbitan

Bagian

Articles