Penguatan Ideologi Pancasila Sebagai Penangkal Radikalisme Agama
DOI:
https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.40994Kata Kunci:
Radicalism, Religion, Enemies, Ideology, PancasilaAbstrak
Penelitian ini akan membahas mengenai penguatan ideologi pancasila sebagai penangkal radikalisme agama yang mampu mengancam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bahwa Pancasila merupakan landasan ideologi
fundamental dari setiap masyarakat Indonesia terhadap problematika dari radikalisme agama yang mengusik indahnya keberagaman yang telah terjalin di tengah-tengah bangsa Indonesia selama ini. Sebagai landasan falsafah negara, Ideologi Pancasila berseberangan dengan paham radikalisme agama karena dapat meruntuhkan persatuan dan kesatuan bangsa. Metode studi kepustakaan yang dipakai dalam penelitian ini, untuk menguraikan gambaran umum
mengenai problematikan yang dialami/dihadapi masyarakat Indonesia terkait radikalisme agama yang juga dengan sistematis mengemukakan upaya menangkal bahaya paham
radikalisme agama melalui penguatan ideologi Pancasila. Sumber data akan diambil dari mayoritas jurnal ilmiah yang diterbitkan 7 (tujuh) tahun terakhir serta buku-buku penunjang yang berkaitan dengan tema membahasan. Cara memperoleh data-data tersebut adalah dengan peneliti melakukan riset serta pendekatan literasi yang relevan dengan tema penelitian. Data akan dianalisis secara mendalam oleh peneliti sehingga mampu mendeskripsikan gambaran
umum terkait permasalahan radikalisme agama yang dialami bangsa Indonesia, serta solusinya melalui penguatan ideologi Pancasila. Dengan demikian, penguatan ideologi pancasila sebagai
penangkal radikalisme agama diharapkan mampu menjadi solusi dalam terjalinnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
Referensi
Reference:
Adian, Donny Gahral. 2001. Arus Pemikiran Kontemporer. Yogyakarta: Jalasutra
Adha, Muhammad Mona, and Erwin Susanto, ‘Kekuatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia’, Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15.01 (2020), 121–38 <https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.319>
Ali, Y, A Sukendro, A Sarjito, and ..., ‘Peran Organisasi Keagamaan Dalam Mencegah Radikalisme Di Wilayah Kota Bekasi’, Manajemen Pertahanan, 4.2 (2019), 104–19 <http://jurnalprodi.idu.ac.id/index.php/MP/article/view/311>
Budijanto, Oki Wahju, and Tony Yuri Rahmanto, ‘Pencegahan Paham Radikalisme Melalui Optimalisasi Pendidikan Hak Asasi Manusia Di Indonesia’, Jurnal HAM, 12.1 (2021), 57 <https://doi.org/10.30641/ham.2021.12.57-74>
Ceswara, Dicky Febrian, ‘Manusia Dalam Sila Pancasila’, Lex Scientia Law Review, 2.2 (2018), 227–41
Chotib., dkk. 2006. Kewarganegaraan 1 – Menuju Masyarakat Madani. Jakarta: Yudhistra
Darmadi, Hamid. 2013. Dimensi-Dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial-Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta
Kaelan dan Zubaidi, Ahmad. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma
Kariyadi, Dodi, and Wasis Suprapto, ‘Membangun Kepemimpinan Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Dalam Perspektif Masyarakat Multikultural’, Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5.2 (2017), 86 <https://doi.org/10.25273/citizenship.v5i2.1560>
Khamid, Nur, ‘Bahaya Radikalisme Terhadap NKRI’, Millati: Journal of Islamic Studies and Humanities, 1.1 (2016), 123 <https://doi.org/10.18326/mlt.v1i1.123-152>
Kuswanjono, Arqom, ‘Pluralisme Pancasila’, Jurnal Filsafat, 16.1 (2017), 77–93 <https://journal.ugm.ac.id/wisdom/article/view/23217>
Latif, Syarifuddin, ‘Meretas Hubungan Mayoritas-Minoritas Dalam Perspektif Nilai Bugis’, Jurnal Al- Ulun, 12.1 (2012), 97–116 <http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/92/78>
Nadziroh, ‘Membangun Masyarakat Demokratis Melalui Pendidikan Kewarganegaraan’, Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2.1 (2015), 263–66
Nurcahya, Mila Andriani, and Dinie Anggraeni Dewi, ‘Implementasi Nilai Dasar Pancasila Dalam Upaya Mewujudkan Tujuan Negara Di Kehidupan Sehari-Hari’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3.3 (2021), 631–39 <https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/411>
Nurhayati, Iin Indriani, and Sri Utaminingsih, ‘Efektivitas Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Dalam Mencegah Radikalisme Di Kalangan Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Pamulang’, Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitan & Pengabdian Kepada Masyarakat 2020 (SENANTIAS 2020), 1.1 (2020), 337–46
Riyanti, Dwi Dan Prasetyo, Danang ‘Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Di Perguruan Tinggi‘, Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 52.1 (2019), 1–5.
Setiawan, Arif. 2017. Menyelamatkan Masa Depan Generasi Emas Bangsa. Malang: UMM Press
Subagyo, Agus, ‘Implementasi Pancasila Dalam Menangkal Intoleransi, Radikalisme Dan Terorisme’, Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 6.1 (2020), 10–24 <http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/734>
Suprapto., dkk. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Bumi Aksara
Umar, Mardan, ‘Urgensi Nilai-Nilai Religius Dalam Kehidupan Masyarakat Heterogen Di Indonesia’, Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3.1 (2019), 71 <https://doi.org/10.36412/ce.v3i1.909>
Winarni, Luh Nila, ‘The Existence of Pancasila in Facing Threats’, 8.1 (2020), 90–96
Zidni, Ervi Siti Zahroh, ‘Kemitraan Keluarga Dalam Menangkal Radikalisme’, Jurnal Online Studi Al-Qur’an, 14.1 (2018), 32–43 <https://doi.org/10.21009/jsq.014.1.03>
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Filsafat Indonesia
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Filsafat Indonesia Undiksha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.