Urgensi Filsafat Bahasa dalam Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Berbasis Outcome Based Education

Penulis

  • Dina Handayani Universitas Negeri Padang
  • Zaim Program Studi Ilmu Keguruan Bahasa, Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jfi.v6i2.56834

Kata Kunci:

Filsafat bahasa, Kurikulum bahasa Indonesia, Outcome-based education

Abstrak

Filsafat bahasa mengandung upaya untuk menganalisis unsur-unsur umum dalam bahasa sepertui makna, acuan (referensi) kebenaran, verifikasi, tindak tutur dan ketidaknalaran. Saat menyusun dan mengembangkan kurikulum untuk belajar bahasa Indonesia, penting untuk mengingat prinsip relevansi, fleksibilitas, kontinuitas, kepraktisan, dan efektivitas. Penting juga untuk memperhatikan tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian. Artikel ini berbicara tentang urgensi filosofi bahasa dalam kaitannya dengan penciptaan kurikulum Indonesia berbasis pendidikan berbasis hasil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan betapa pentingnya filsafat bahasa dalam pembuatan kurikulum bahasa. Kajian ini menggunakan metode yang disebut “literature review” yang mengumpulkan informasi dari sumber pustaka. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran bagaimana pengaruhnya terhadap perencanaan dan pengembangan kurikulum pendidikan berbasis hasil (OBE) Indonesia di perguruan tinggi, tidak hanya dalam hal penetapan tujuan tetapi juga dalam hal keterampilan bahasa dan konten untuk belajar bahasa Indonesia.

Referensi

Almuzani, S. (2021). Urgensi Filsafat Pendidikan dan Hubungannya terhadap Pengembangan Kurikulum 2013. Pensa : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 46–66. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/1148.

Aminuddin, A., Salambue, R., & Andriyani, Y. (2021). Aplikasi E-OBE Untuk Integrasi Komponen Kurikulum OBE (Outcome-Based Education). JSI: Jurnal Sistem, 13(1), 2168–2182. https://doi.org/10.36706/jsi.v13i1.13914.

Basyaruddin, B. (2017). Filsafat Bahasa Sebagai Fundamen Kajian Bahasa. Bahas, 26(1), 1–9. https://doi.org/10.24114/bhs.v26i1.5526.

Chik, A. R. Bin. (1993). Model Implementasi Outcome-Based Education (OBE) dalam Pengajaran dan Pembelajaran Kemahiran Bahasa Arab untuk Bukan Penuturnya. 日本産科婦人科學會雜誌 = Acta Obstetrica et Gynaecologica Japonica, 45(Supplement), S-102.

Chotimah, N. (2016). Urgensi Filsafat Bahasa dalam Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab. Turats. http://ejournal.iain-jember.ac.id.

Dinata, R. S., Budiarti, M., & Musalwa. (2021). Filsafat Analitika Bahasa: Urgensi Filsafat Bahasa dalam Landasan Filosofis Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al-Aqidah, 137–145. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alaqidah/article/view/3195/0.

Fabiana Meijon Fadul. (2019). Filsafat Bahasa.

Kusstianti, N., Dwiyanti, S., & Usodoningtyas, S. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tata Rias Berbasis Outcome Based Education (OBE). Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 4(2), 1–9. https://doi.org/10.26740/jvte.v4n2.p1-9.

Maulani, R. (2022). Penilaian dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal ATSAR UNISA, 2, 2003–2005.

Putera, Z. F. dan N. S. (2021). Model Kurikulum Kompetensi Berpikir pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Vokasi. Metalingua, 6, 29–36.

Raharjo, M. (n.d.). Pidato Pengukuhan Guru Besar Bidang Ilmu Sosiolinguistik, Fakultas Humaniora dan Budaya, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. 1. 1–50.

Salliyanti. (2004). Peranan Filsafat Bahasa dalam Pengembangan Ilmu Bahasa. USU Repository, 1–5.

Sumanto, E. (2017). Hubungan Filsafat dengan Bahasa. El-Afkar, 6(1), 61.

Suryaman, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Daring Nasional : Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar, 13–28.

Walfajri. (2018). Landasan Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab. Universitas Pendidikan Indonesia, 20(01), 79–96. http://file.upi.edu/pdf

Yang, P. (2020). Humanities Education Reform Exploration and Practice Under Outcomes-Based Education (OBE). Obrazovanie i Nauka, 22(2), 78–97. https://doi.org/10.17853/1994-5639-2020-2-78-97.

Yusi Kamhar, M., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-30

Terbitan

Bagian

Articles