Pendidikan Holistik: Perspektif Filsafat Sufisme dalam Pengembangan Kurikulum

Holistic Education: Sufism Philosophical Perspective in Curriculum Development

Penulis

  • Ana Minniswatil Maghfiroh UIN Sayyid Ali Rahmatullah
  • Akhyak Akhyak UIN Sayyid Ali Rahmatullah

DOI:

https://doi.org/10.23887/jfi.v7i1.62248

Kata Kunci:

pendidikan holistik, perspektif filsafat sufisme, pengembangan kurikulum

Abstrak

Pendidikan Holistik merupakan pendekatan pembelajaran secara keseluruhan baik secara sosial, emosional, spritual dan juga moral (karakter). Pendidikan holistik ini dianggap mampu dalam menjawab tantangan yang ada di dunia pendidikan dimana masih ada lembaga yang hanya berfokus kepada akademik saja, dengan adanya penggabungan pendidikan holistik dengan pendekatan sufisme dipandang dapat menciptakan pembelajaran yang lebih efisien dan juga inovatif. Hal itu dapat diimplementasikan di lembaga pendidikan Islam dalam pengembangan kurikulum dimana pengembangan kurikulum sendiri  juga penting untuk dilakukan secara terus menerus sesuai kebutuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bahwa pendidikan holistik mampu diciptakan dengan pendekatan sufisme melalui  pengembangan kurikulum. Metode yang dilakukan adalah metode library research. Penelitian kepustakaan adalah sebuah metode yang tidak mengharuskan peneliti terjun langsung ke lapangan, melainkan mencari datanya melalui karya-karya tulis ilmiah, seperti jurnal, buku, artikel. Hasil penelitian ini bahwa pendidikan holistik dengan pendekatan sufisme dalam pengembangan kurikulum mampu memberikan dampak yang baik bagi peserta didik itu sendiri teruta dalam spiritual, sosial, dan moral.

Referensi

Aly, A. (2011). Pendidikan Islam Multikultural di Pesantren : Telaah Terhadap Kurikulum Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam, Surakarta. In TA - TT -. Pustaka Pelajar. https://doi.org/ LK - https://worldcat.org/title/703323440.

Aly, A. (2015). Model Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural di Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Surakarta. Jurnal VARIDIKA, 24(4), 23–33. https://doi.org/10.23917/varidika.v24i4.700.

Aziz, A., & Hakim, L. (2019). Pengembanga Kurikulum 2013; Kebijakan, Tantangan, dan Implementasi Strategi. Jurnal Pendidikan.

Fatha Pringgar, R., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. Jurnal IT-EDU, 05(01), 317–329.

Gusman. (2017). Konsep Pendidikan Holistik dan Diwujudkannya dalam Praktik Pembelajaran. Jurnal Edukasi dan Sosial.8(2),245-254, 2(8), 245–254.

Lestari, E., & Mukminin, A. (2021). Implementasi Pembelajaran Holistik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Al-Ta’dib. Jurnal Pendidikan Islam, 1(14), 65–78.

Ma`arif, M. A., & Rusydi, I. (2020). Implementasi Pendidikan Holistik di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 18(1 SE-Articles), 100–117. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i1.598.

Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 90–101. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615.

Munifah, M. (2016). Membingkai Holistic Education dan Nilai-Nilai Institusi bagi Terwujudnya Revolusi Mental: Kajian Kontribusi Pemimpin Pendidikan Melalui Pemberdayaan Nilai-Nilai Institusi. Didaktika Religia, 3(2), 1–18. https://doi.org/10.30762/didaktika.v3i2.159.

Musfah, J., & Erviani, D. (2019). School of Master Teacher (Smt) Training: Developing Teachers’ Pedagogic Competence. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 5(2), 126–134. https://doi.org/10.15408/tjems.v5i2.10622

Mutholib, A. (2019). Pengembangan Pendidikan Spiritual di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banjar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(3), 22–29.

Nurdin, L., & Safwan, M. (2019). Pengembangan Model Kurikulum Holistik Berbasis Tasawuf di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(25), 374–383.

Purwanti, S., & Arifin, Z. (2020). Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(10), 179–187.

Sanjaya, W. (2018). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana.

Sawarjuwono, T., & Kadir, A. P. (2003). Intellectual Capital: Perlakuan, Pengukuran Dan Pelaporan (Sebuah Library Research). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 5(1), 35–57. https://doi.org/10.1024/0301-1526.32.1.54

Supratiknya, A. (2019). Pendidikan Holistik dalam Perspektif Islam. Jurnal pendidikan dan pengajaran, 2(15), 281–294.

Syarief, H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Perguruan Islam an-Nizam Medan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 74–88.

Zubaedi, M. A. (2015). Desain Pendidikan Karakter. Prenada Media.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Terbitan

Bagian

Articles