Analisis Pemikiran Tujuh Filsuf Islam dan Implikasinya Terhadap Pendidikan di Indonesia

Analysis of the Thoughts of Seven Islamic Philosophers and Their Implications for Education in Indonesia

Penulis

  • Nurul Hidayanty UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Abdul Hamid Haji Harahap UIN SunankKalijaga
  • Mahmud Arif UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.23887/jfi.v7i1.64160

Kata Kunci:

pemikiran, filsuf, pendidikan, Indonesia

Abstrak

Artikelaini mengalisis pemikiran tujuh filsuf Islam dan implikasinya terhadap pendidikan Islam di Indonesia. Penulisan ini merangkum pemikiran dari tujuh filsuf Islam pendidikan yang terkenal seperti seperti Al-Ghazali, Ibnu Khaldu, KH. Hasyim Asy ‘Ari, Ahmad Dahlan, Al-Zarnuji, Hamka, serta M. Naquib Al-Attas, dan kemudian menjelaskan implikasi pemikiran tokoh-tokoh tersebut terhadap pendidikan Islam di Indonesia. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengenganalisis tujuh pemikiran tujuh filsuf Islam dan dan kemudian menjelaskan implikasi pemikiran tokoh-tokoh tersebut terhadap pendidikan Islam diIIndonesia. Metode penelitian yanggdigunakan adalah studi literatur dengan menggunakan buku “Buku Filsafat Pendidikan Islam (Kajian Filosofis dan PemikiranpPendidikan Islami)” yang ditulis olehhDr. H.M. Suyudi, M.Aggsebagai sumber data primer.iData sekunder diambillidari literatur terkaitadengan topik ini. Akhir dari pembahasan dalam artikel ini menunjukkan bahwa pemikiran pendidikan dari ketujuh tokoh tersebut memiliki persamaan dalam memandang pendidikan umum sebagai pendidikan yang semestinya dipelajari, dan implikasi tujuh pemikiran filsuf Islam tersebut terhadap pendidikan di Indonesia yaitu meluasnya pendidkan madrasah formal, penerapan pendidikan terhadap akhlak dalam belajar, penerapan adab terhadap guru, dan konsep kurikulum sesuai pemikiran yang kontemporer.

Referensi

Asman, W., & Bustam, B., M., R. (2021). Filosofi Pendidikan K.H. Ahmad Dahlan dan Implikasinya pada Epistemologi Pendidikan Islam Kontemporer. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 262–281. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).6119.

Dailami, J. (2015). Al-Ghazali : Pemikiran Kependidikan dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 6, 129–140.

Muhammad, I., J. (n.d.). Konsep pendidikan ibnu khaldun. 9, 187–210.

Paramitha, N., R. (2021). Pemikiran Syed Naquib Al Attas dalam Pendidikan Modern. Tarbawi, 6(02), 14–29. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/tarbawi/article/view/3436.

Pilo, N. (2019). Pemikiran Pendidikan K.H. Muhammad Hasyim Asy’Ari. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 16(2), 205. https://doi.org/10.33096/jiir.v16i2.31.

Shilviana, K. F. (2020). Pemikiran Imam Al-Zarnuji Tentang Pendidikan dan Relevansinya dengan Pendidikan Modern. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i01.332.

Sodiq, M. J. (2017). Pemikiran Pendidikan al-Ghazali. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 136. https://doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).136-152.

Suyudi, M. (n.d.). Filsafat Pendidikan Islam (Kajian Filosofis dan Kajian Pendidikan Islam).

Sya’bani, M. A. Y. (n.d.). Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas Tentang Pendidikan Islam. 1, 18.

Zul, D. R. (n.d.). Pemikiran Pendidikan Islam Menurut Buya Hamka. 102–120.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-30

Terbitan

Bagian

Articles