Media Sosial dan Orientasi Diri Generasi Muda Indonesia Ditanjau dari Pemikiran Yuval Noah Harari

Social Media and Self-Orientation of Indonesia's Young Generation Viewed from Yuval Noah Harari's Thoughts

Penulis

  • Antonius Mbukut Institut Filsafat dan Teknologi Kreatif Ledalero

DOI:

https://doi.org/10.23887/jfi.v7i1.67571

Kata Kunci:

Media sosial, Orientasi diri, generasi muda, Indonesia, Pemikiran Yuval Noah Harari

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan proses media sosial memengaruhi orientasi diri generasi muda Indonesia ditinjau dari pemikiran Yuval Noah Harari. Media sosial menyebabkan generasi muda mengalami disorientasi diri. Mereka tidak lagi sungguh-sungguh mengenal kemauan mereka sendiri dan tidak bisa menentukan pilihan yang tepat untuk diri mereka sendiri. Kemauan dan pilihan mereka bergantung pada trend yang sedang berkembang atau bergantung pada like dan review orang lain di media sosial. Akibatnya, media sosial yang menentukan apa yang mereka mau dan apa yang mereka pilih. Metode yang dipakai dalam studi ini adalah metode kualitatif dengan sumber datanya diperoleh melalui kajian literatur. Studi ini menyatakan bahwa algoritma media sosial sebenarnya sedang meretas otoritas diri generasi muda Indonesia. Algoritma media sosial merebut kendali atas diri generasi muda Indonesia setelah mereka mengenal secara mendalam hasrat dan keinginan generasi muda itu sendiri. Pengenalan yang mendalam itu terjadi karena tingginya intensitas generasi muda Indonesia dalam menggunakan media sosial.

Referensi

Apjii.or.id. (2023, Maret 10). “Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang” . Retrieved from www.apjii.or.id: https://www.apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang.

Arianto, B. (2021). Dampak Media Sosial bagi Perubahan Perilaku Generasi Muda di Masa Pandemi Covid 19. Journal of Social Politics and Governance, 118-132.

Cnbcindonesia.com. (2021). “Ini alasan Facebook Resmi Ganti Nama jadi Meta”. Retrieved from www.cnbcindonesia.com: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20211029095540-37-287461/ini-alasan-facebook-resmi-ganti-nama-jadi-meta/amp

Databoks.katadata.co.id. (2023). “Jumlah pengguna internet global tembus 5,16 miliar pada tahun 2023”. Retrieved from www.databoks.katadata.co.id: https://www.databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/03/jumlah-pengguna-internet-global-tembus-516-miliar-orang-pada-januari-2023.

Dataindonesia.id. (2023). “Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023”. Retrieved from www.dataindonesia.id: https://www.dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023.

Goodstats.id. (2023). “Daftar Platform yang Paling Banyak Digunakan 2023, Facebook Juaranya”. Retrieved from www.goodstats.id: https://www.goodstats.id/article/dafta-platform-media-sosial-yang-paling-banyak-digunakan-2023-facebook-juaranya-BHY8q,

Harari, Y. N. (2018). 21 Adab untuk Abad ke 21 Penerj.Haz Algebra. Manado: CV. Global Indo Kreatif.

Harari, Y. N. (2018). Homo Deus; Masa Depan Umat Manusia Penerj. Yanto Musthofa. . Jakarta: Pustaka Alvabet.

Harari, Y. N. (2021). Sapiens; Riwayat Singkat Umat Manusia Cet. 21 Penerj. Damaring Tyas Wulandari Palar. . Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Indonesiabaik.id. (2019). Pengguna Media Sosial di Indonesia. Retrieved from www.Indonesiabaik.id: https://indonesiabaik.id/infografis/pengguna-media-sosial-di-indonesia-19.

inet.detik.com. (2023, April 30). Jumlah Pengguna Internet RI Tembus 212,9 Juta di Awal tahun 2023. Retrieved from www.inet.detik.com: https://www.inet.detik.com>jumlah>pengguna>internet>Ri>tembus>212,9>juta>di>awal>tahun>2023.

Irwansyah, D. R. (2020). “Literasi Media Sosial: Kesadaran Keamanan dan Privasi dalam Perspektif Generasi Milenial” . Jurnal Penelitian dan Komunikasi Opini Publik Vol 24 no. 1, 1-15.

Khoir, A. U. ( 2022). , “Pemikiran Yuval Noah Harari terhadap Ekonomi Uang dan Ekonomi Agama”. Jurnal Adila: Jurnal Ekonomi Syariah Vol. 5 No.2, 1-15.

Kominfo Kota Bogor. (2020). Mari Bijak Menggunakan Media Sosial. Retrieved from WWW. Kominfo.kotabogor.go.id: https://kominfo.kotabogor.go.id/index.php/post/single/737#:~:text=Dn%20Pada%20tahun%202022%2C%20sosial%20terbesar%20di%20dunia

Mitha Mayestika Kuen, H. C. (2022). Analisis Homo Deus Dalam Pandangan Harari serta Fakta Kemajuan Teknologi Di Era Society 5.0. Al-Munzir Vol. 15. No. 1, 85-98.

Pabubung, M. R. (2023). Era Kecerdasan Buatan dan Dampak terhadap Martabat Manusia dalam Kajian Etis. Jurnal Filsafat Indonesia Vol. 6 No. 1, 74.

tekno.kompas.com. (2023, 02 14). “15 Medsos Favorit Orang Indonesia, Nomor 1 Bukan Instagram?”. Retrieved from www.tekno.kompas.com: https://www.tekno.kompas.com/read/2023/02/14/10300097/15-medsos-favorit-orang-indonesia-nomor-1-bukan-instagram?page=all.

Wilga Secsio Ratsja Putri, R. N. (2016). , “Pengaruh Media Sosial terhadap perilaku Remaja” . Prosiding KS: Riset dan PKM Vol. 3 No.1. , 47-51.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Terbitan

Bagian

Articles