Perspektif Filsafat Pendidikan terhadap Kreativitas dan Berpikir Kritis (Profil Pelajar Pancasila) dalam Meningkatkan Minat Berwirausaha di SMK

Educational Philosophy Perspective on Creativity and Critical Thinking (Pancasila Student Profile) in Increasing Entrepreneurial Interest in Vocational Schools

Penulis

  • Ni Putu Erna Surim Virnayanthi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Candiasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Ratnaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Widiartini Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jfi.v7i2.71269

Kata Kunci:

filsafat pendidikan, kreativitas, minat berwirausaha

Abstrak

Tujuan utama pembelajaran kewirausahaan di sekolah kejuruan adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk hidup mandiri dan bekerja menghasilkan pendapatan. Pendidikan kewirausahaan digunakan untuk menumbuhkan pengembangan kreativitas, berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi pada peserta didik. Namun, meskipun kewirausahaan telah lama dibelajarkan di sekolah, masih terdapat perdebatan seberapa efektif pembelajaran tersebut. Program kewirausahaan di sekolah kejuruan belum mampu mendidik peserta didik memiliki sikap, kepribadian, dan kemampuan kewirausahaan yang diinginkan sehingga menghambat lulusan sekolah kejuruan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat atau menjadi wirausaha. Penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman komprehensif pentingnya filsafat pendidikan yang dapat memengaruhi minat wirausaha siswa dalam menunjang pendidikan kewirausahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka yang bertujuan menganalisis dan menyintesis literatur dengan topik tersebut guna meningkatkan minat siswa berwirausaha di SMK serta peran dosen dalam memberikan pembelajaran dan motivasi sangat penting. Selain itu, minat berwirausaha secara empiris dapat ditingkatkan dengan mengembangkan model pembelajaran yang menggunakan pendekatan konstruktivis dan kritis. Pendekatan ini dapat membantu meningkatkan kesadaran dan semangat berwirausaha di kalangan lulusan perguruan tinggi sehingga pada akhirnya akan melahirkan generasi wirausaha baru yang lebih semangat dan potensial.

Referensi

Adisel, A., Andriany, D., Suryati, S., & Putra P., H. R. (2022). Implementing Entrepreneurship Education in Extracurricular Activity (ECA) for Students. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(4), 955–970. https://doi.org/10.46328/ijemst.2621.

Almahry, F. F., Sarea, A. M., & Hamdan, A. M. (2018). A Review Paper on entrepreneurship Education and Entrepreneurs’ Skills. Journal of Entrepreneurship Education, 21 (Special Issue 2), 1–7.

Anggraena, Y., Sufyadi, S., Maisura, R., Chodidjah, I., Takwin, B., Cahyadi, S., Felicia, N., Gazali, H., Wijayanti, M. A., Khoiri, H. M., Matakupan, S. J., Siantajani, Y., & Kurnianingsih, S. (2022). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Edisi 1. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.

Astiti, Y. W. (2014). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Dan Keterampilan Berwirausaha Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta [Universitas Negeri Yogyakarta]. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16075.

Buehler, C., & Hetzer, H. (2022). Introduction. In Testing Children’s Development from Birth to School Age (pp. 19–36). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003331933-1.

Du Toit, A. (2022). Entrepreneurship in Technology Education. In Debates in Design and Technology Education (pp. 120–133). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003166689-11.

Ernest, P. (2015). The One and the Many. In L. Steffe & J. Gale (Eds.), Constructivism in Education. Lawrence Erlbaum Associates,Inc.

Fayolle, A., Verzat, C., & Wapshott, R. (2016). In Quest of Legitimacy: The Theoretical and Methodological Foundations of Entrepreneurship Education Research. International Small Business Journal: Researching Entrepreneurship, 34(7), 895–904. https://doi.org/10.1177/0266242616649250.

Hakim, A. (2010). Model Pengembangan Kewirausahaan Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Dalam Menciptakan Kemandirian Sekolah. Jurnal Riptek, 4(1), 1–14.

Iskandar, B. (2001). Kewirausahaan. Bandung: Sinar Baru.

Karibera, M. P., Fanggidae, R. E., Nursiani, N. P., & Guterres, A. D. (2023). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan, Sikap Kewirausahaan, dan Motivasi Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 16(1), 185–196. https://doi.org/10.35508/jom.v16i1.9710.

Li, X., & Jia, Y. (2015). Characteristics Influence for Entrepreneurship Behavior Ability. International Conference on Education, Management, Commerce and Society (EMCS-15). https://doi.org/10.2991/emcs-15.2015.123.

Mawadini, F., Sardjono, Y., & Samino. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Kewirausahaan di SMK Pengudhi Luhur Karangrayung Kabupaten Grobogan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Meyanti, I. G. A. S., Sutajaya, I. M., & Sudiarta, I. G. P. (2024). Implikasi Pendidikan Kewirausahaan dalam Membentuk Minat dan Kompetensi Wirausaha. Bisma: Jurnal Manajemen, 9(3), 292–299. https://doi.org/10.23887/bjm.v9i3.63536.

Miço, H., & Cungu, J. (2023). Entrepreneurship Education, a Challenging Learning Process towards Entrepreneurial Competence in Education. Administrative Sciences, 13(1), 22. https://doi.org/10.3390/admsci13010022.

Raghavendra, R., & Kumar, U. (2022). Entrepreneurship Education: A Glimpse on Select Entrepreneurial Educational Intuitions in India. International Journal For Multidisciplinary Research, 4(6). https://doi.org/10.36948/ijfmr.2022.v04i06.1228.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431.

Ratu, L. P., Purwandari, E., Iskandar, E., Saleh, M., & Hamidah, N. (2024). Peran Pembelajaran Kewirausahaan dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 9(1), 88–98. https://doi.org/10.31932/jpe.v9i1.3270

Samani, M., & Hariyanto. (2014). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx?pId=52591&pRegionCode=JIUNMAL&pClientId=111.

Setiani, M. Y. (2014). A Social Constructivist Learning Approach for an Online Civic Education Tutorial at Indonesia Open University [Simon Fraser University]. http://repository.ut.ac.id/id/eprint/3102

Snell, S. A., Bamberger, P., & Meshoulam, I. (2001). Human Resource Strategy: Formulation, Implementation, and Impact. Industrial and Labor Relations Review, 54(3), 720. https://doi.org/10.2307/2696001.

Soemanto, W. (2002). Pendidikan Wiraswasta. Bumi Aksara.

Sudarmiatin. (2009). Entrepreneurship dan Metode Pembelajarannya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Ekonomi Bisnis, 14(2), 102–113.

Suherman, E. (2010). Desain Pembelajaran Kewirausahaan (2nd ed.). Bandung: CV Alfabeta.

Zimmerer, T. (1996). Entrepreneurship and new venture formation. Upper Saddle River, N.J. : Prentice Hall.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30

Terbitan

Bagian

Articles