Hubungan Konsep Diri dengan Kematangan Vokasional Pada Siswa SMK

Authors

  • Balqis Urwatul Wutsqo Universitas Negeri Jakarta
  • Dara Mulya Rizky Universitas Negeri Jakarta
  • Dede Rahmat Hidayat Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jjbk.v11i1.27391

Abstract

Masa remaja merupakan peralihan antara masa anak-anak dan masa dewasa, sebagai masa transisi menuju masa dewasa. Remaja dituntut untuk mempersiapkan kemandirian, belajar bertanggungjawab terhadap dirinya sendiri tetapi juga tanggungjawab yang lebih luas, Sumber rasa tanggungjawab adalah diri individu itu sendiri.Konsep diri sebagai pendapat atau perasaan atau gambaran seseorang tentang dirinya sendiri baik yang menyangkut fisik maupun psikis (sosial, emosi, moral, dan kognitif).Konsep diri merupakan kecocokan antara pandangan individu terhadap atributnya sendiri dengan atribut yang dibutuhkan oleh sebuah okupasi. Hubungan antara konsep diri dengan perkembangan karir merupakan salah satu kontribusi utama teori Super. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan studi literatur/ kepustakaan.Penelitian kepustakaan adalah teknik pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaahan terhadap buku-buku, literatur-literatur,catatan-catatan, dan laporan-laporan yang ada hubungannya dengan masalah yang dipecahkan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sumbangan efektif antara konsep diri dengan kematangan vokasional siswa yaitu ditandai dengan semakin tinggi konsep diri maka semakin tinggi kematangan karir.

Author Biographies

Balqis Urwatul Wutsqo, Universitas Negeri Jakarta

Balqia Urwatul Wustqo adalah mahasiswa pascasarjana jurusan bimbingan dan konseling Universitas Negeri Jakarta.

Dara Mulya Rizky, Universitas Negeri Jakarta

Dara Mulya Rizky adalah salah satu mahasiswa pascasarjana Universitas Negeri Jakarta, prodi Bimbingan dan Konseling.

Dede Rahmat Hidayat, Universitas Negeri Jakarta

Dede Rahmat Hidayat adalah salah satu dosen Universitas Negeri Jakarta, prodi Bimbingan dan Konseling.

Downloads

Published

2020-09-30