Hubungan Antara Konsep Diri dan Kecemasan Terhadap Karir Mahasiswa Papua
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v12i3.38620Keywords:
Hubungan antara konsep diri dan kecemasan karir, populasi, korelasi positifAbstract
This study aims to determine the relationship between self-concept and career anxiety among final year Papua students population. The sample in this study was 100 final year Papua students actively completing the final task. This type of research uses quantitative research, using two psychological scales in the form of a list of questions. The first scale of anxiety ie physiological and psychological aspects. The second scale is physical, social, moral, family and self-acceptance. Results from the analysis of data regarding the relationship between self-concept and Career anxiety among Papua students shows that there is a significant positive relationship. The results show that there is a significant positive correlation between anxiety and self-concept.
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan kecemasan karir pada mahasiswa Papua tingkat akhir di UKSW populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang mahasiswa Papua tingkat akhir yang
aktif menyelesaikan tugas akhir. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan dua skala psikologis berupa daftar pertanyaan. Skala pertama kecemasan yaitu aspek fisiologis dan psikologis. Skala kedua adalah fisik, sosial, moral, keluarga dan penerimaan diri. Hasil dari analisis data mengenai hubungan antara konsep diri dan Kecemasan karir di kalangan mahasiswa Papua UKSW menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan. Hasil menunjukkan terdapat korelasi positif yang signifikan antara kecemasan dan konsep diri.
References
Azwar, S. 2012. “Metode penelitian”. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Azwar, S. 2013. “Penyusunan skala psikologi”. Pustaka Belajar:Yogyakarta.
Calhoun, J. F., dan Acocella, J. R. 2003.”Psikologi tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan”. Alih bahasa: Satmoko. Semarang: IKIP Semarang Press.
Faruqi, A.2013.”Hubungan antara kecemasan dengan prokrastinasi penyusunan skripsi pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta”. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fanesha Florurencia Effraim Mirah & Wahyu Indianti.2018.” Pengaruh Kecemasan Karir terhadap Commitment To Career Choice dengan kelekatan orang tua sebagai moderator”: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Helmi, A.F.2004.” Model Mahasiswa Yang Berdaya Saing”. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada:Yogyakarta.
Linayaningsih, F. 2007 “Kecemasan Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi. Universitas Katolik Soegijapranata Dalam Mengerjakan Skripsi”.
Maria, U.2007.” Peran Persepsi Keharmonisan Keluarga dan Konsep Diri Terhadap Kecenderungan Kenakalan Remaja”. Tesis.
Manik, Gumanti. C. 2007.” Analisa Faktor-faktor yang mempengaruhi Konsep Diri Pada Narapidana Remaja Di Lembaga pemasyarakatan Klas IIA Anak Tanjung Gusta Medan: Sumatera Barat.
Mukhtar, Ardiyanti Niken & Sulistiyaningsih, E. (2001). Konsep diri remaja: Menuju priba
Rusma Aprilliana.2016. “Hubungan Antara Kecemasan Terhadap Karir Masa Depan Dan Konsep Diri Akademik Dengan Prokrastinasi Skripsi Pada Mahasiswa Proyeksi, Vol.11 (1) 24-35.
Sugiyono, 2011.”Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D”. Bandung: Alfabeta.
William, D. Brooks (dalam Rakhmat 2011:98).” Analisa konsep diri”.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Soteria Giofanna Kombado
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.