Pengaruh Dukungan Sosial Orangtua dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Siswa dan Implikasi dalam Bimbingan Konseling
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v15i1.81532Keywords:
Dukungan Sosial Orangtua, Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif, Bimbingan KonselingAbstract
Perilaku konsumtif adalah kecenderungan manusia untuk mengkonsumsi tanpa henti dan membeli sesuatu secara berlebihan atau tidak terencana. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh dari dukungan sosial orang tua dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif siswa dan implikasi dalam bimbingan konseling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional deskriptif yang berguna untuk menguji hubungan yang dimiliki tiga variabel dan adanya pemilihan sampel menggunakan simple random sampling. Penelitian ini memiliki populasi sebesar 300 siswa dan sampelnya 61 siswa. Instrumen yang dipakai menggunakan skala dari dukungan sosial orang tua, gaya hidup, dan perilaku konsumtif dengan skala likert. Penelitian ini memiliki analisis data menggunakan regresi sederhana dan berganda untuk mengungkapkan hasil yang didapatkan. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang kondisi dari X1, X2, dan Y yaitu adanya kondisi dari X1 yang dimiliki oleh 30 siswa dengan kategori tinggi senilai 49,2%, kondisi dari X2 ada pada 40 siswa kategori tinggi dengan nilai 65,6%, dan kondisi dari Y terjadi pada 29 siswa yang kategorinya tinggi senilai 47,5%. Hal ini dibuktikan dari hasil pengaruh X1,X2,dan Y yang memiliki nilai R yaitu 0,098 artinya terdapat pengaruh yang kuat dengan nilai 9,8% dari dukungan sosial orang tua dan gaya hidupnya dalam meningkatkan perilaku konsumtif siswa di sekolah.
References
Abdullah, M. N. F., & Suja’i, I. S. (2022). Pengaruh Gaya Hidup Dan Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 8(2), 72–84. https://doi.org/10.55933/jpd.v8i2.402.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Ed. Rev. V). Rineka Cipta.
Basri, M., & Kuswanti, H. (2019). Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Ppapk Fkip Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(3), 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/53456/75676592563.
Chita, R. C., David, L., & Pali, C. (2015). Hubungan antara self-control dengan perilaku konsumtif online shopping produk fashion pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi angkatan 2011. Ebiomedik, 3(1). https://doi.org/10.35790/ebm.v3i1.7124.
Devya, D. (2014). Hubungan citra diri dan perilaku konsumtif pada remaja putri yang memakai kosmetik wajah. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(3). https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i3.3661.
Dewi, N., & Rusdarti, R. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Pengendalian Diri dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Journal of Economic Education, 6(1), 29–35. https://journal.unnes.ac.id/sju/jeec/article/view/14618.
Fathammubina, M. K., & Yuwono, S. (2022). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Dukungan Sosial Dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid–19. Jurnal Psikohumanika, 14(1), 52–61. https://doi.org/10.31001/j.psi.v14i1.1569.
Febriyanty, N., & Faizin, M. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Konformitas Teman Sebaya dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Generasi Z di Kota Madiun. Jurnal Ekonomi Syariah, 7(2), 132–149. https://pdfs.semanticscholar.org/1e73/1b980c150f60456ef5efb66db365d12f327f.pdf.
Fitri, A. D. (2013). Penerapan Strategi Pengelolaan Diri (Self-Management) Untuk Mengurangi Perilaku Konsumtif Pada Siswa Kelas X-11 SMAN 15 Surabaya. UNESA Journal Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 26–36. https://www.academia.edu/download/102699384/230608756.pdf.
Hasri Nirmala, B., & Puji Rahayu, S. (2021). Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Universitas Darma Persada Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Ekonomi Dan Industri, 22(3). https://doi.org/10.29240/jbk.v6i1.4171.
Jasman, J., Fitria, A., Thaheransyah, T., & Sugita, S. (2022). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa tentang Perilaku Konsumtif. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 123–138. https://doi.org/10.29240/jbk.v6i1.4171.
Kanserina, D., Haris, I. A., & Nuridja, I. M. (2015). Pengaruh literasi ekonomi dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi universitas pendidikan ganesha tahun 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1). https://www.academia.edu/download/43573344/24-5213-1-SM.pdf.
Kardinus, W. N., Akbar, S., & Rusfandi. (2022). Implementasi Program Pendidikan Karakter Untuk Membangun Sikap Kepedulian Sosial. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 16(1), 31–40. https://doi.org/10.21067/jppi.v16i1.6971.
Kotler, P., & Kelvin, K. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Indeks, Kelompok Gramedia.
Lestarina, E., Karimah, H., Febrianti, N., Ranny, R., & Herlina, D. (2017). Perilaku konsumtif di kalangan remaja. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–6. https://doi.org/10.29210/3003210000.
Maghfiroh, I., Khairuddin, A., & Juandi, W. (2020). Pendekatan Behavior Dalam Menanggulangi Perilaku Konsumtif Pada Santri. Maddah: Jurnal Komunikasi Dan Konseling Islam, 2(2), 63–69. https://doi.org/10.35316/maddah.v2i2.846.
Melinda, M., Lesawengen, L., & Waani, F. J. (2022). Perilaku Konsumtif Dan Kehidupan Sosial Ekonomi Mahasiswa Rantau (Studi Kasus Mahasiswa Toraja Di Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 1–12. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jurnalilmiahsociety/article/view/38784.
Mitra, D., & Purnawarman, P. (2019). Teachers’ Perception Related to the Implementation of Curriculum 2013. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 7(1), 44–52. https://doi.org/10.15294/ijcets.v7i1.27564.
Mulazimah, M., Ikawati, Y., & Nurahmawati, D. (2021). Upaya Peningkatan Kesehatan melalui Program UKS Penjaringan Kesehatan Anak Usia Sekolah Dinas Kesehatan Kota Kediri. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v2i1.36.
Nisrina, D., Widodo, I. A., Larassari, I. B., & Rahmaji, F. (2020). Dampak Konsumerisme Budaya Korea ( Kpop ) Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial. Jurnal Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, 21(1), 78–88. https://doi.org/10.23917/humaniora.v21i1.8085.
Novitasani, L. (2014). Perubahan gaya hidup konsumtif pada mahasiswa urban di UNESA. Paradigma: Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 2(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/9090.
Nurjanah, S., Mukhtar, S., Ulfatmi, E., Triningsih, N., Universitas, D., & Jakarta, N. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Self Control Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 31(2), 124–133. https://doi.org/10.21009/parameter.312.05.
Priatna, T. (2018). Inovasi Pembelajaran Pai Di Sekolah Pada Era. Jurnal TATSQIF (Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan), 16(1), 16–41. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.158.
Prihadi, S., Ardiyana, S. S., Ardhana, B. K., Iqbal, M., Dewi, N. P., Pradwita, Y. W., & Ghaniyasari, N. A. (2023). Sosialisasi Digital Marketing UMKM Guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Kelurahan Laweyan Surakarta. Society: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(5), 290–294. https://edumediasolution.com/society/article/view/346.
Pulungan, D. R., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 103–110. https://doi.org/10.5281/zenodo.1410873.
Putri, S. F., Widodo, J., & Martono, S. (2016). Pengaruh literasi keuangan melalui rasionalitas terhadap perilaku konsumtif (studi kasus siswa kelas XI ilmu sosial SMA Negeri se-Kota Semarang). Journal of Economic Education, 5(2), 179–192. https://journal.unnes.ac.id/sju/jeec/article/view/13047.
Qurotaa’yun, Z., & Krisnawati, A. (2019). Pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif generasi milenial di kota bandung. AF (Journal of Accounting and Finance), 3(1), 46–53. https://doi.org/10.25124/jaf.v3i1.2167.
Ridhayani, F., & Johan, I. R. (2020). The Influence of Financial Literacy and Reference Group toward Consumptive Behavior Across Senior High School Students. Journal of Consumer Sciences, 05(01), 29–45. https://scholar.kyobobook.co.kr/article/detail/4010028155059.
Riyana, D. I. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Dan Status Sosial Orangtua Terhadap Sikap Konsumtif Remaja. In Indonesian Proceedings and Annual Conference of Islamic Law And Sharia Economic (IPACILSE), 1(1), 23–28. https://prosiding.uit-lirboyo.ac.id/index.php/psh/article/view/307.
Septiani, M. N. (2019). Pengaruh bimbingan dan konseling individu terhadap perilaku konsumtif remaja. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 7(2), 167–190. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1795837&val=18995.
Shaina, D. K., & Nurtjahjanti, H. (2016). Hubungan dukungan sosial orangtua dengan perilaku konsumtif memodifikasi mobil pada remaja anggota klub mobil di semarang. Jurnal EMPATI, 5(2), 272–275. https://doi.org/10.14710/empati.2016.15196.
Sidharta, I., & Suzanto, B. (2015). Pengaruh kepuasan transaksi online shopping dan kepercayaan konsumen terhadap sikap serta perilaku konsumen pada e-commerce. ,. Jurnal Computech & Bisnis, 9(1), 23–36. https://doi.org/10.55281/jcb.v9i1.124.
Subianto, T. (2007). Studi tentang perilaku konsumen beserta implikasinya terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 3(3), 165–182. http://eprints.unmer.ac.id/id/eprint/205/.
Sufatmi, N., & Purwanto, E. (2021). e Effect Of Financial Literature, Lifestyle, And Self-Control On Consumption Behavior On Online Shopping By State Students Of State Universities. Balance: Jurnal Ekonomi, 17(2), 317–324. https://www.academia.edu/download/90646746/pdf.pdf.
Sumartono. (2002). Terperangkap dalam iklan. Cv. Alfabeta.
Suminar, E., & Meiyuntari, T. (2015). Konsep diri, konformitas dan perilaku konsumtif pada remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 4(02). https://core.ac.uk/download/pdf/291850230.pdf.
Ulayya, S., & Mujiasih, E. (2020). Hubungan antara self control dengan perilaku konsumtif pengguna e-money pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 9(4), 271–279. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/28950.
Wahyuni, R., Irfani, H., Syahrina, I. A., & Mariana, R. (2019). Pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif berbelanja online pada ibu rumah tangga di kecamatan lubuk begalung kota padang. Jurnal Benefita, 4(3), 548–559. https://www.academia.edu/download/67604335/1499.pdf.
Widiastuti, W. P., & Nasution, S. M. (2022). Kontrol Diri dan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pengguna E-Commerce Shopee di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JBM), 18(3), 194–203. http://jurnal.feb.unila.ac.id/index.php/jbm/article/view/748.
Wulandari, D. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif belanja online pada generasi Z di Kota Padang. Jurnal Riset Psikologi, 5(4), 178–186. https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/psi/article/view/14167.
Yulmi, D., Efeni, C. E., Ulfah, S., Nizhomy, R., Dinung, A., & Karimah, H. (2017). Kerjasama Personil Sekolah dalam Pelayanan BK di Sekolah. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–5. https://doi.org/10.29210/3003213000.
Yuzarion, Y. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(1), 107–117. https://doi.org/10.17977/UM027V2I12017P107.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Azrina Nasution, Ade Chita Putri Harahap
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.