Birokrasi Pendidikan di Indonesia dan Implikasinya Terhadap Tata Kelola dan Mutu Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v15i1.81612Keywords:
Birokrasi, Pendidikan, Tata KelolaAbstract
Perkembangan birokrasi terjadi di berbagai bidang, antara lain bidang pendidikan. Birokrasi pendidikan di Indonesia memainkan peran krusial dalam mengatur dan mengelola sistem pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak birokrasi pendidikan terhadap tata kelola dan mutu pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode library riset untuk mengkaji birokrasi pendidikan di Indonesia dan implikasinya terhadap tata kelola dan mutu pendidikan. Analisis literatur dilakukan secara kualitatif dengan mencatat poin-poin penting dari setiap sumber. Hasil analisis kemudian disintesis secara tematik, mengidentifikasi tema-tema utama dan menghubungkan temuan dari berbagai literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa birokrasi yang kompleks dan seringkali tidak efisien dapat menghambat inovasi dan responsivitas terhadap kebutuhan pendidikan yang dinamis. Selain itu, struktur birokrasi yang kaku sering kali menyebabkan aliran informasi dan pengambilan keputusan yang lambat, yang berdampak negatif pada mutu pendidikan. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya reformasi birokrasi untuk meningkatkan tata kelola dan mutu pendidikan di Indonesia, dengan fokus pada penyederhanaan proses birokrasi, peningkatan kapasitas manajerial, dan penguatan mekanisme akuntabilitas. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih efektif dan responsif di masa depan.
References
Angelita, M., Lukman, S., & Tahir, I. (2022). Inovasi Dan Efektivitas Pelayanan Melalui Mobile JKN Pada BPJS Kesehatan Di Jakarta Selatan. Medium, 9(2), 292–305. https://doi.org/10.25299/medium.2021.vol9(2).10073.
Broderick, A. A., Hawkins, G., Henze, S., Mirasol-Spath, C., Pollack-Berkovits, R., Clune, H. P., Skovera, E., & Steel, C. (2012). Teacher counternarratives: Transgressing and restorying disability in education. International Journal of Inclusive Education, 16(8), 825–842. https://doi.org/10.1080/13603116.2010.526636.
Dahliah, D. (2021). The Role of Public Expenditure and Private Investment on Economic Growth in Makassar. Point Of View Research Economic Development, 2(1), 1–10. http://repository.umi.ac.id/871/2/SIMILARITY %282%29.pdf.
Diantari, N. P., & Wirathi, I. G. A. P. (2017). Pengaruh Investasi Swasta Dan Investasi Pemerintah Melalui Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Kesempatan Kerja Di Provinsi Bali. E-Jurnal EP Unud, 6(4), 472–498. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/download/28138/17765.
Dunggio, S. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Camat Dungingi Kota Gorontalo. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.37606/publik.v7i1.114.
Elias, M. C. (2018). Analisis strategi bersaing pada perusahaan biro perjalanan di Malang. Agora, 6(2). http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/7745.
Fitriyani, Y., Nurmalina, R., Pebriana, R., & Suasri, E. (2018). Menggerakkan Ekonomi Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEDITEG, 3(1). https://doi.org/10.34128/mediteg.v3i1.35.
Gaho, R., Zagoto, S. F. L., & Telaumbanua, K. (2022). Peran Organisasi Karang Taruna dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang Pemuda Desa Hilinamozaua Kecamatan Onolalu. Counseling For All: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 1–7. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Counseling/article/468.
Geng, M. M., & He, L. Y. (2021). Environmental regulation, environmental awareness and environmental governance satisfaction. Sustainability (Switzerland), 13(7), 1–17. https://doi.org/10.3390/su13073960.
Handini, O., & Mustofa, M. (2022). Application of TPACK in 21st Century Learning. International Journal of Community Service Learning, 6(4), 530–537. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v6i4.54620.
Husain. (2015). Analisis Implementasi Kebijakan Pemberian Dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dalam Meningkatkan Mutu Pendiidkan Sekolah Dasar Di Kecamatan Lambay Kabupaten Kolaka Utara. JKPP: Jurnal Kebijakan & Pelayanan Publik, 1(1), 88–102. https://doi.org/10.36448/ejkpp.v1i1.589.
Ishaq, K., Azan, N., Zin, M., Rosdi, F., Abid, A., & Ijaz, M. (2020). The Impact of ICT on Students’ Academic Performance in Public Private Sector Universities of Pakistan. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 9(3), 1117–1121. https://doi.org/10.35940/ijitee.c8093.019320.
Istiqomah, N., & Siswono, T. Y. E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Metakognitif dan Pemecahan Masalah Matematika di Kelas XI SMA Negeri 1 Jombang. MATHedunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 422–429. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p422-429.
Kim, T., & Weiner, J. (2022). Negotiating Incomplete Autonomy: Portraits from Three School Principals. Educational Administration Quarterly, 58(3), 487–521. https://doi.org/10.1177/0013161X221080374.
Mauliza, M., Nurhafidhah, N., & Hasby, H. (2021). Analisis Integrasi Nilai Karakter Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab dalam Buku Ajar Kimia SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 181–190. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.18332.
Mubin, F., & Roziqin, A. (2018). Meritocracy of Bureaucracy in Indonesia. International Journal of Social Science and Humanity, 8(8), 241–246. https://doi.org/10.18178/ijssh.2018.v8.968.
Oliveira, E., & Hersperger, A. M. (2018). Governance arrangements, funding mechanisms and power configurations in current practices of strategic spatial plan implementation. Land Use Policy, 76, 623–633. https://doi.org/10.1016/j.landusepol.2018.02.042.
Rasdi, D., & Kurniawan, T. (2018). Efektivitas Kemitraan Pemerintah Dan Swasta Dalam Upaya Penanggulangan Kemiskinan: Sebuah Tinjauan Literatur. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial Dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 5(2). https://www.researchgate.net/.
Shayya, M. (2018). The impact of organisational culture on performance. Journal for Global Business Advancement, 11(3), 304–331. https://doi.org/10.1504/JGBA.2018.096306.
Suardi, S., Junaidi, J., Dewi, Y., & Arif, M. (2023). Governance of the Tsanawiyah Madrasah Limapuluh Kota Regency. Journal on Education, 5(3), 6277–6268. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1400.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.
Syakur, A., Susilo, T. A. B., Wike, W., & Ahmadi, R. (2020). Sustainability of Communication, Organizational Culture, Cooperation, Trust and Leadership Style for Lecturer Commitments in Higher Education. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(2), 1325–1335. https://doi.org/10.33258/BIRCI.V3I2.980.
Syarifuddin, Ilyas, J. B., & Sani, A. (2021). Pengaruh Persepsi Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia pada Kantor Dinas di Kota Makassar. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2), 51–56. https://doi.org/10.37531/biemr.v1i2.102.
Tambunan, H., Sinaga, B., & Widada, W. (2021). Analysis of teacher performance to build student interest and motivation towards mathematics achievement. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 42–47. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.20711.
Usman, U. (2019). Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Membentuk Kemandirian Belajar. Jurnal Jurnalisa, 4(1), 136–150. https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i1.5626.
Utama, F. A. (2016). Meritokrasi Di Berbagai Negara Di Dunia ( Perbandingan Konstitusi ). Jurnal Civil Service, 10(2), 17–27. https://jurnal.bkn.go.id/index.php/asn/article/download/186/176.
Wray, M., & Houghton, A. M. (2019). Implementing disability policy in teaching and learning contexts–shop floor constructivism or street-level bureaucracy? Teaching in Higher Education, 24(4), 510–526. https://doi.org/10.1080/13562517.2018.1491838.
Yusrie, C. S., Aminah, S., Wasliman, I., & Sauri, R. S. (2021). Kebijakan Publik dan Kinerja Birokrasi Pendidikan Dalam Kompleksitas Perkembangan. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(2), 126–143. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.342.
Zelmiyanti, R., & Anita, L. (2015). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Peran Auditor Internal Terhadap Pencegahan Kecurangan Dengan Pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 8(10), 67–76. https://jurnal.pcr.ac.id/index.php/jakb/article/viewFile/38/68.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 rabiatul adawiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.