Layanan Informasi Berbasis Media Audiovisual terhadap Pemahaman tentang Bahaya Bullying pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v15i1.81660Keywords:
Layanan Informasi, Audiovisual, Pemahaman bullyingAbstract
Tindakan melenceng seperti mengonsumsi narkoba, pelecehan seksual, tawuran, agresi, maupun bullying, muncul dan memengaruhi kehidupan siswa Kekerasan yang terjadi pada siswa sangat memprihatinkan, sehingga kekerasan tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja secara khusus fenomena perilaku bullying pada siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kekerasan yang sering terjadi di sekolah dan kurangnya pemahaman siswa tentang bullying. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi berbasis media audiovisual dalam meningkatkan pemahaman tentang bahaya bullying pada siswa kelas. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimen one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 86 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yakni sampel diambil berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil pre-test yang diperoleh terdapat 38 orang siswa yang menjadi sampel penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji paired samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pemahaman tentang bahaya bullying siswa sebelum diberikan perlakuan rata-rata skor 96,25 dengan kategori sedang, dan setelah diberikan perlakuan rata-rata skor 140,34 dengan kategori tinggi. Dari hasil uji paired samples t-test, menunjukkan nilai Sig (2-tailed) <0,05 yakni sebesar 0,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam pelaksanaan layanan informasi berbasis media audiovisual dalam meningkatkan pemahaman tentang bahaya bullying pada siswa.
References
Afiati, E., & Sartika, N. A. (2020). Pengaruh Pelatihan Berbasis Teori Vygotsky Terhadap Kompetensi Guru Sebagai Pembimbing. Indonesia Journal of Learning Education and Counseling, 2(2), 193–203. https://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4968.
Aradhana, A. A. A., & Pangaribuan, C. S. (2022). Cyberbullying in Media Social: A Mainstreaming the Victim Protection Principles in Indonesian Criminal Justice System. Indonesia Media Law Review, 1(2), 99–122. https://doi.org/10.15294/imrev.v1i2.60587.
Arif, F., & Wahyuni, S. (2017). Hubungan Kelekatan Pada Ibu, Ayah, Dan Teman Sebaya Dengan Kecenderungan Anak Menjadi Pelaku Dan Korban Bullying. Jurnal Psikologi Ulayat, 4(2). https://doi.org/10.24854/jpu22017-100.
Astuti, P. R. (2008). Meredam Bullying 3 Cara Efektif Menanggulangi Kekerasan pada Anak. PT Grasindo.
Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100.
Bakri, A. R., Sutrisno, S., & Mushafanah, Q. (2021). Nilai Karakter Siswa pada Kegiatan Ekstrakurikuler. Indonesian Values and Character Education Journal, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.23887/ivcej.v4i1.29811.
Chen, Y. (2022). How to improve the quality of youth education in developing countries. Proceedings of the 2021 International Conference on Education, Language and Art (ICELA 2021), 637(Icela 2021), 266–270. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220131.048.
Desyandri, D., Muhammadi, M., Mansurdin, M., & Fahmi, R. (2019). Development of integrated thematic teaching material used discovery learning model in grade V elementary school. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 7(1), 16. https://doi.org/10.29210/129400.
Evans, C. B. R., Smokowski, P. R., Rose, R. A., Mercado, M. C., & Marshall, K. J. (2018). Cumulative Bullying Experiences, Adolescent Behavioral and Mental Health, and Academic Achievement: An Integrative Model of Perpetration, Victimization, and Bystander Behavior HHS Public Access. In J Child Fam Stud. https://doi.org/10.1007/s10826-018-1078-4.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 4. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938.
Harahap, A. C. P. (2021). Prosedur Kelompok dalam Konseling. Mirra Buana Media.
Husnulwati, S., Sardana, L., & Suryati, S. (2019). Pengembangan E-Modul Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Aplikasi Android. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 252. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21013.
Ikhsan, I., Dharmayana, W., & Sholihah, A. (2019). Pengaruh Layanan Informasi Dengan Menggunakan Media Video Terhadap Pemahaman Perilaku Perundungan Siswa Di Smp Negeri 17 Kota Bengkul. Jurnal Consilia, 2(1), 66–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia/article/view/8574.
Insani, B., Asradi, & Yaksa, R. A. (2022). Faktor Penyebab Perilaku Cyberbullying pada Peserta Didik. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 3(1), 26–33. https://doi.org/10.37411/jgcj.v3i1.1254.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Surabaya.
Manoppo, F. (2013). Kualitas Pelayanan, Dan Servicescape Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Gran Puri Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 1341–1348. https://doi.org/10.35794/emba.v1i4.2913.
Mulinda, R., Afiati, E., & Conia, P. D. D. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Empati Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 31–41. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/718.
Nasir, A. (2018). Konseling Behavioral: Solusi Alternatif Mengatasi Bullying Anak Di Sekolah. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 2(1), 67–82. https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4466.
Ningsih, S. D., Eleonora, R. D., & Tobing, P. A. L. (2022). Edukasi Pencegahan Bullying Di SMA Negeri 1 Labuhan Deli Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 3(2), 83–95. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JAM/article/view/3099.
Rahmawati, R. R., Wibowo, B. Y., & Lestari, D. J. (2018). Menari Sebagai Media Dance Movement Therapy (DMT). Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 3(1), 31–46. https://doi.org/10.30870/jpks.v3i1.4065.
Rakhmawati, E., Fitriana, S., & Suyitno. (2023). Layanan informasi: Hambatan guru dalam menerapkan pendidikan seksual anak usia dini berbasis budaya Jawa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 1895–1903. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21465.
Rochani, Dalimunthe, R. Z., & Wibowo, B. Y. (2019). Penggunaan Software Sosiometri Untuk Eksplorasi Kematangan Sosial Pada Mata Kuliah Asesment Non Tes. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 30–39. https://doi.org/10.30870/jpbk.v4i1.5231.
Rosa, N. (2023). Catatan Akhir Tahun Pendidikan 2023, FSGI: Kasus Bullying Meningkat Baca artikel detikedu, “Catatan Akhir Tahun Pendidikan 2023, FSGI: Kasus Bullying Meningkat” selengkapnya https://www.detik.com/edu/sekolah/d-7117942/catatan-akhir-tahun-pendidikan-2023-f.
Saraswati, R., & Hadiyono, V. (2020). Pencegahan Perundungan/Bullying di Insititusi Pendidikan: Pendekatan Norma Hukum dan Perubahan Perilaku. Jurnal Hukum, Politik Dan Kekuasaan, 1(1), 1. https://doi.org/10.24167/jhpk.v1i1.2670.
Sejiwa. (2008). BULLYING Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. PT Grasindo.
Seniawati, K., Suarni, N. K., & Putri, D. A. W. M. (2014). Efektivitas Teori Karier Holland melalui Layanan Informasi Uuntuk Meningkatkan Pemahaman Diri terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1), 1. https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3642.
Septikasari, R., & Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, VIII, 107–117. https://doi.org/10.15548/alawlad.v8i2.1597.
Sucipto, M. A. B., Budisiwi, H., Utami, N. T., Fajriyana, N., & Saefudin, M. A. (2023). Pengembangan Multimedia Si Pagi Jateng Bimbingan Karir Berbasis Android tentang Program Studi di Perguruan Tinggi. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2). https://doi.org/10.24905/jcose.v5i2.145.
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tanjung, E. F., Harfiani, R., & Hartanto, D. (2021). Formation of Soul Leadership Model in Indonesian Middle Schools. Educational Sciences: Theory and Practice, 21(1), 84–97. https://www.atlantis-press.com/proceedings/coema-18/25903280.
Usman, A., & Basyiruddin, M. (2022). Media Pembelajaran. Ciputat Pers.
Wardani, K., Prayogo, M. M., & Hangestiningsih, E. (2022). Penerapan program sekolah ramah anak di SD Negeri Tlacap pada masa pandemi covid-19. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 278–294. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4891.
Wardiani, R. T., Nurmala, M. D., & Handoyo, A. W. (2022). Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Pencegahan Bullying di SMA. Jurnal Fokus Konseling, 8(1), 1–7. https://doi.org/10.52657/jfk.v8i1.1706.
Zynuddin, S. N., Kenayathulla, H. B., & Sumintono, B. (2023). The relationship between school climate and students’ non-cognitive skills: A systematic literature review. Heliyon, 9(4), e14773.1-25. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e14773.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fahmil Until
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.