Penguatan Peran Bimbingan Keluarga dalam Pola Asuh Anak Disabilitas Ganda

Authors

  • Li Hoh Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Kadek Suranata Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Ari Dharmayanti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v15i1.82009

Keywords:

Bimbingan, Keluarga, Pola Asuh, Disabilitas Ganda, Perilaku

Abstract

Penelitian ini didasari oleh beberapa masalah yang diidentifikasi, anak-anak dengan disabilitas ganda memerlukan pengasuhan dengan pendekatan yang sesuai karena tingkatan keterbatasan mereka. Mereka membutuhkan perhatian lebih dari orang tua untuk mendukung perkembangan belajar mereka, serta dukungan dari lingkungan sekitar agar tetap termotivasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menganalisis peran orang tua dan lingkungan sekitarnya dalam memberikan dukungan terhadap perkembangan anak dengan Multiple Disabilities with Visual Impairment. Penelitian ini memberikan gambaran tentang pelaksanaan bimbingan keluarga, dalam memperkuat pola asuh pada anak Multiple Disabilities with Visual Impairment (MDVI). Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yang menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan teknik purposive sampling melibatkan guru, orang tua dan siswa. Instrumentasi berupa panduan wawancara dan panduan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif untuk menggambarkan dan menjelaskan temuan terkait bimbingan keluarga bagi anak dengan disabilitas ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan keluarga memiliki dampak positif dalam mendukung perkembangan anak, dengan keterlibatan orang tua yang aktif membantu meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian anak. Simpulan dari penelitian menekankan pentingnya peran bimbingan keluarga dalam memperkuat pola asuh akademik bagi keluarga yang memiliki anak dengan disabilitas ganda, dengan implikasi bahwa melibatkan orang tua dalam pendidikan anak dapat menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung perkembangan anak secara holistik.

References

Amka. (2019). Pendidikan Inklusif Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Kalimantan Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 86–101. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1234.

Aryuni, E., Zalianti, S. F., Putra, Y. P., & Mustika, D. (2024). Kolaborasi antara Sekolah dan Orang Tua dalam Pendidikan Inklusi. Tsaqofah, 4(4), 2283–2298. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i4.3118.

Astriani, N. (2019). Pengaruh ibu bekerja dan peran ayah terhadap prestasi belajar anak. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(1), 44. https://doi.org/10.32832/jpls.v13i1.2778.

Azizah, A. N., Adriany, V., & Romadona, N. F. (2020). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Lembaga PAUD. EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 16(2), 109–120. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.19830.

Azmi, F., Halimah, S., & Pohan, N. (2017). Pelaksanaan Pembimbingan Belajar Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Shaleh Medan. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora, 1(1), 15–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v1i2.853.

Dewi, K. S., & Ginanjar, A. S. (2019). Peranan Faktor-Faktor Interaksional Dalam Perspektif Teori Sistem Keluarga Terhadap Kesejahteraan Keluarga. Jurnal Psikologi, 18(2), 245–263. https://doi.org/10.14710/jp.18.2.245-263.

Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.871.

Hamid, A., & Hadi, M. S. (2020). Desain Pembelajaran Flipped Learning sebagai Solusi Model Pembelajaran PAI Abad 21. Quality, 8(1), 149. https://doi.org/10.21043/quality.v8i1.7503.

Hapsari, S. A. M., Meilani, T., & Nabillah, Z. N. (2022). Strawberry generation: dilematis keterampilan mendidik generasi masa kini. Jurnal Pendidikan, 31(2), 237. https://doi.org/10.32585/jp.v31i2.2485.

Hikmawan, F. (2017). Perspektif Filsafat Pendidikan Terhadap Psikologi Pendidikan Humanistik. Jurnal Sains Psikologi, 6(1), 31. https://doi.org/10.17977/um023v6i12017p31-36.

Holifurrahman, H. (2020). Kurikulum Modifikasi dalam Praktik Pendidikan Inklusif di SD Al-Firdaus. Inklusi, 7(2), 271. https://doi.org/10.14421/ijds.070205.

Irmayanti, I., & Yuliani, W. (2020). Peran bimbingan dan konseling di sekolah inklusif The role of guidance and counseling in inclusive schools. Jurnal Pendidikan Khusus, 16(2), 87–93. https://www.academia.edu/download/92777538/Rima_20Irmayanti.pdf.

Khalamah, N. (2017). Penguatan pendidikan karakter di madrasah [Strengthening character education in madrasah]. Kependidikan, 5(2), 200–215. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109.

Khoirina, N. (2018). Pentingnya pemahaman nilai-nilai budaya lokal dalam Pendekatan Konseling Humanistik. Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling 2, 2(1), 260–268. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/article/view/499.

Kholis, N. (2019). Teacher Professionalism in Indonesia, Malaysia, and New Zealand. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 6(2), 179–196. https://doi.org/10.15408/tjems.v6i2.11487.

Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 516–525. http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/snpm/article/view/844.

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541.

Nandwijiwa, V., & Aulia, P. (2020). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3145–3151. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i3.821.

Narayani, K. D., Jayanta, I. N. L., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Daring Terhadap Hasil Belajar di Masa New Normal. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3). https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37184.

Nisa, R., Lindawati, Y. D., & Wahananto, J. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Moral Peserta Didik. IBTIDA, 01(01), 61–70. https://doi.org/10.37850/ibtida.v1i1.112.

Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel Ips. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34–48. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100.

Prihandini, D. R., Azizah, S. A., & Atikah, I. (2023). Sinergi Antara Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Teaching at The Right Level dalam Menghadirkan Lingkungan Belajar Inklusif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 11. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i2.76.

Puji Asmaul Chusna. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330. https://doi.org/10.21274/dinamika.2017.17.2.315-330.

Putri, S., & Laksmiwati, H. (2022). Resiliensi Akademik Mahasiswa Jurusan Psikologi Unesa saat Perkuliahaan Daring pada Masa Pandemik. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(7), 27–35. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/47825.

Rafikah, & Rahmawati. (2015). Peranan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Dalam Menghapuskan Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) di Kota Bukittinggi. Journal of Islamic & Social Studies Vol., 1(2). https://doi.org/10.30983/islam_realitas.v1i2.48.

Rahimi, W., Bahri, S., & Fajriani. (2019). Dukungan Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Tunanetra Di Sekolah Dasar Luar Biasa Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 114–120. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pbk/article/view/9086.

Renninger, K. A., Bachrach, J. E., & Hidi, S. E. (2019). Learning , Culture and Social Interaction Triggering and maintaining interest in early phases of interest. Learning, Culture and Social Interaction, 23(December 2018), 100260. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2018.11.007.

Rizkita, D. (2017). Pengaruh standar kualitas Taman Penitian Anak (TPA) terhadap motivasi dan kepuasaan orangtua (pengguna) untuk memilih pelayanan TPA yang tepat. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 1(1), 28–43. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.46.

Sa’diyah, S. N. R. (2019). Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Anaktunaganda-Netra Di Yayasan Mitra Netra Jakarta Selatan. In Skripsi Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN.

Safitri, Y. A., Baedowi, S., & Setianingsih, E. S. (2020). Pola Asuh Orang Tua di Era Digital Berpengaruh Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 508–514. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28554.

Sholikhah, A. (2016). Statistik deskriptif dalam penelitian kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362. https://doi.org/10.24090/komunika.v10i2.953.

Sintiani, G. A., Sulindawati, N. L. G. E., & Herawati, N. T. (2018). Analisis Pengaruh Academic Self Efficacy Dan Fraud Triangle Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Academic Fraud) (Studi Kasus Pada Mahasiswa Penerima Beasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha). JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi S1), 9(1), 201–211. https://doi.org/10.23887/jimat.v9i1.20504.

Siregar, N., Hutahaean, H., Meka, M. A., Depari, R., Hasugian, R., Tambunan, T. M., Sitepu, W., & Ginting, E. K. R. (2021). Pola Asuh Dalam Keluarga Dan Pengaruhnya Pada Pendidikan Karakter. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 8(2), 190. https://doi.org/10.25078/gw.v8i2.2462.

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Sukriadi, S., Lestari, R. A., Dwiyono, Y., Kusdar, K., & Buhari, M. R. (2022). Keterampilan Mengadakan Variasi Dalam Pembelajaran Daring Pada Guru Kelas V Sd Negeri 021 Sungai Kunjang. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 9(1), 36–50. https://doi.org/10.36706/jisd.v9i1.17318.

Sutika, I. M. (2017). Implementasi Pendidikan Keluarga Dalam Menanamkan Nilai- Nilai Moral Anak ( Studi Di Taman Penitipan Anak Werdhi Kumara I Panjer Kecamatan Denpasar Selatan). Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.46650/wa.7.1.435.%25p.

Thuneberg, H. M., Salmi, H. S., & Bogner, F. X. (2018). nquiry-based maHow creativity, autonomy and visual reasoning contribute to cognitive learning in a STEAM hands-on ith module. Thinking Skills and Creativity, 29, 153–160. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.07.003.

Tofiqurrohman, H. (2019). Pendidikan Multikultural dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam Hanif. Kependidikan, 7(2), 179–191. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3080.

Ummah, S. A., & Fitri, N. A. N. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan sosial Emosional Anak Usia Dini. SELING (Jurnal Program Studi PGRA), 6(1), 84–88. https://doi.org/10.29062/seling.v6i1.624.

Utami, P. S. (2016). Pengaruh gaya belajar dan metode pembelajaran terhadap hasil belajar ips siswa SMP. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24269/dpp.v4i1.54.

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 187–192. https://doi.org/10.30998/fjik.v5i3.2719.

Widodo, M. M., & Ruhaena, L. (2018). Lingkungan Literasi Di Rumah Pada Anak Pra Sekolah. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i1.3059

Yuzarion, Y. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(1), 107–117. https://doi.org/10.17977/UM027V2I12017P107.

Downloads

Published

2024-07-30