Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Trait and Factor untuk Meningkatkan Kematangan Pilihan Karir Siswa

Authors

  • Luh Putu Maelinda Angga Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Ari Dharmayanti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Kadek Suranata Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v15i1.82024

Keywords:

Pengembangan, Panduan Konseling, Trait and Factor, Karir Siswa

Abstract

Pemilihan karir seringkali menjadi permasalahan yang sulit untuk dipecahkan bagi sebagian orang karena berbagai faktor yang mendasari pemilihan karir, individu sangat mungkin mengalami perubahan minat karir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses dalam konseling kelompok dengan pendekatan trait and factor sebagai upaya untuk meningkatkan  kematangan pilihan karir siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research & development). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan perangkat pembelajaran korektif 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan yaitu tahap definisi, tahap desain, tahap pengembangan, tahap diseminasi. Lima orang ahli bimbingan konseling ikut serta sebagai subjek dalam penelitian ini, diantaranya tiga dosen bimbingan konseling dan dua orang guru bimbingan konseling. Pengujian efektivitas panduan konseling kelompok melibatkan sebelas siswa sebagai subjek. Dari 24 item instrumen yang digunakan dalam evaluasi ahli, seluruh item dalam Panduan Konseling Kelompok telah menunjukkan validitas yang baik. Berdasarkan evaluasi tersebut, indeks validitas isi (CVI) panduan dinilai sudah sesuai. Penilaian terhadap indeks validitas isi suatu buku pedoman konseling sangat penting untuk menentukan apakah buku pedoman konseling tersebut layak digunakan. Hasil uji hipotesis menunjukkan t-hitung sebesar 9,991, tingkat signifikansi 0,05, dan nilai ES sebesar 0,908, hal ini menunjukkan bahwa itu efektif dalam meningkatkan kematangan pilihan karir siswa, termasuk dalam kategori ES tinggi.

References

Amalia, R. S., & Hadi, C. (2019). Peran desain pekerjaan dan karir bagi karyawan generasi milenial. Fenomena, 28(1), 10–21. https://doi.org/10.30996/fn.v28i1.2421.

Andini, S. D., Rakhmawati, D., & Ajie, G. R. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realita Untuk Mengatasi Stress Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Psikoedukasia, 1(2), 1–23. https://journal2.upgris.ac.id/index.php/pedu/article/view/186.

Ardiyanti, D. (2017). Aplikasi Model Rasch pada Pengembangan Skala Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Jurnal Psikologi, 43(3), 248. https://doi.org/10.22146/jpsi.17801.

Azhari, R., & Wicaksono, A. H. (2017). Manajemen Pembinaan Karir Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan Islam. At-Ta’dib. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v12i2.1166.

Barseli, M., Ifdil, & Nikmarijal. (2017). Konsep Stres Akademik Konseling dan Pendidikan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148. http://www.jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/198.

Budiman, C., Gunawan, G., & Hidayat, D. R. (2020). Layanan Bimbingan Karir Teori Donal E. Super Guna Meningkatkan Kematangan Karir pada Peserta Didik Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(1), 1. https://doi.org/10.23887/jjbk.v11i1.27383.

Cahyaningrum, V. D., Handarini, D. M., & Simon, I. M. (2018). Pengembangan Panduan Pelatihan Empati Menggunakan Teknik Sinema Edukasi untuk Mencegah Perilaku Bullying Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(3), 139–145. https://doi.org/10.17977/um001v3i32018p139.

Dayona, G., & Nur, R. (2016). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Karir Terhadap Employee Engagement Di PT. Andalan Finance Indonesia. Jurnal Indonesia Membangun, 15(2), 39–61. https://jurnal.inaba.ac.id/index.php/JIM/article/view/60.

Dunstan, R. A., Bamert, R. S., Belousoff, M. J., Short, F. L., Barlow, C. K., Pickard, D. J., Wilksch, J. J., Schittenhelm, R. B., Strugnell, R. A., Dougan, G., & Lithgow, T. (2021). Mechanistic Insights into the Capsule-Targeting Depolymerase from a Klebsiella pneumoniae Bacteriophage. Microbiology Spectrum, 9(1), 1–15. https://doi.org/10.1128/spectrum.01023-21.

Dyah Puspitaningrum, T. (2019). Teknik Modeling Terhadap Perencanaan Karir Peserta Didik Sma. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.76.

Gunawan, A. R., & Amalia, R. (2020). Peran Guru PAI dalam Bimbingan Konseling Siswa Bermasalah di SMA 1 Tambun Utara Kabupaten Bekasi. Eduprof : Islamic Education Journal, 2(2), 32–47. https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i1.112.

Hadi, D. I., & Junaidi, J. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas Xi Ips 2 Sma Negeri 1 Pariaman. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 4(1), 22. https://doi.org/10.24036/scs.v4i1.14.

Harahap, W. D. (2021). Upaya Guru BK Dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan. Al- Mursyid (IKA BKI), 3(2), 77–89. http://repository.uinsu.ac.id/14958/.

Hayati, R., Firman, F., & Afdal, A. (2021). Pengembangan Panduan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kebermaknaan Hidup Siswa dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba. Jurnal Neo Konseling, 3(3), 24–31. http://neo.ppj.unp.ac.id/index.php/neo/article/view/566.

Irmayanti, I., & Yuliani, W. (2020). Peran bimbingan dan konseling di sekolah inklusif The role of guidance and counseling in inclusive schools. Jurnal Pendidikan Khusus, 16(2), 87–93. https://www.academia.edu/download/92777538/Rima_20Irmayanti.pdf.

Lailatul, M., & Ni’mah., C. (2015). Hubungan Tingkat Pendidikan, Tingkat Pengetahuan dan Pola Asuh Ibu dengan Wasting dan Stunting pada Balita Keluarga Miskin. Media Gizi Indonesia, 10(2015), 84–90. https://e-journal.unair.ac.id/index.php/MGI/article/download/3131/2288.

Lattu, D. (2018). Peran guru bimbingan dan konseling pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusi. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(1). https://scholar.archive.org/work/fnpbdb7w2jc23gcj2itubfoqcy/access/wayback/https://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt/article/download/236/160.

Mardianti, L., & Dharmayana, W. (2020). Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Instruksi Diri Untuk Menurunkan Stres Akademik Pada Siswa. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 93–105. https://doi.org/10.33369/consilia.3.1.93-105.

Melianasari, D. (2022). Rasch Stacking Analysis : Career Decision Making Self-Efficacy (CDMSE) Peserta Didik Berdasarkan Jenis Kelamin. Psychocentrum Review, 4(2). https://doi.org/10.26539/pcr.42996.

Meyshera, V. A., & Raihana Hamdan, S. (2023). Pengaruh Motivasi Akademik terhadap Kematangan Karir. Bandung Conference Series: Psychology Science, 3(1). https://doi.org/10.29313/bcsps.v3i1.5780

Mulinda, R., Afiati, E., & Conia, P. D. D. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Empati Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 31–41. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/718.

Nadiana, I. K., Dharsana, I. K., & Suranata, K. (2014). Penerapan Bimbingan Karir Super dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Rencana Keputusan Karir pada Siswa Kelas IX B5 SMPN 4 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3786.

Nastiti, D., & Habibah, N. (2017). Studi Eksplorasi tentang Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling Bagi Mahasiswa di UMSIDA. Psikologia : Jurnal Psikologi, 1(1), 52–78. https://doi.org/10.21070/psikologia.v1i1.748.

Navon, M., & Taubman – Ben-Ari, O. (2019). Driven by emotions: The association between emotion regulation, forgivingness, and driving styles. Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour, 65, 1–9. https://doi.org/10.1016/J.TRF.2019.07.005.

Nurfatirah, S., Kamal, M., Afrinaldi, & Putra, D. P. (2022). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membina Interaksi Sosial Siswa di SMPN 1 Simpati Kabupaten Pasaman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2556–2560. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6959.

Putra, P. I. P., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2014). Penerapan Perkembangan Karir Ginzberg dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Kelas X TITL2 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1), 1. https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.4411.

Riska Afriani, & Rediana Setiyani. (2015). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Kejuruan, Penguasaan Soft Skill, dan Kematangan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 453(2), 453–468. https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/6776.

Ristian, T., Rahmadani, N., & Hidayat, D. R. (2020). Studi Literature: Pendekatan Teori Trait and Factor Dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(1), 1. https://doi.org/10.23887/jjbk.v11i1.27334.

Ritonga, A. K. (2022). Pengembangan dan Pembinaan Karir Guru di bidang Pendidikan Kejuruan. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2). https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3042.

Santi, D. E. P., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2014). Penerapan Konseling Karir Trait dan Factor dengan Menggunakan Teknik Modeling untuk Mengembangkan Rencana Pilihan Karir Siswa Kelas X TPM1 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3919.

Sismawati, W., & Lataruva, E. (2020). Analisis Pengaruh Work-Life Balance Dan Pengembangan Karier Terhadap Turnover Intention Karyawan Generasi Y Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT Bank Tabungan Negara Syariah Semarang. Diponegoro Journal Of Management, 9(3), 1–11. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/30336.

Sodiq, D., & Hidayat, D. R. (2022). Kesulitan Pengambilan Keputusan Karir dan Kepribadian Big Five pada Remaja Di Indonesia. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 7(2), 83–90. https://doi.org/10.26737/jbki.v7i2.2945.

Suprianta, E., & Alawiyah, T. (2019). Studi Keterampilan Metakognisi pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMAN) 1 Margaasih Kabupaten Bandung. Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling Dan Psikoterapi, 7(4). https://doi.org/10.15575/irsyad.v7i4.1772.

Suwanto, I. (2016). Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 1(1), 1. https://doi.org/10.26737/jbki.v1i1.96.

Thiagarajan, S. (1976). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. ERiC. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2.

Verianto, A., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2015). Penerapan Model Perkembangan Karir Ginzberg dengan Menggunakan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kesadaran Karir pada Siswa Kelas X TKR3 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3933.

Widyastuti, R. J., & Pratiwi, T. I. (2013). Pengaruh Self Efficacy dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Kemantapan Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Jurnal BK UNESA, 3(1), 231–238. https://core.ac.uk/download/pdf/230608913.pdf.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. https://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global.pdf.

Wulandari, M. D., Widyasari, C., & Nursalam, N. (2020). Peningkatan Kualitas Guru dalam Kegiatan Layanan Bimbingan dan Konseling di SD/MI Muhammadiyah Se-Solo Raya. Abdi Psikonomi, 1, 01–08. https://doi.org/10.23917/psikonomi.v1i1.77.

Yulmi, D., Efeni, C. E., Ulfah, S., Nizhomy, R., Dinung, A., & Karimah, H. (2017). Kerjasama Personil Sekolah dalam Pelayanan BK di Sekolah. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–5. https://doi.org/10.29210/3003213000.

Downloads

Published

2024-07-30