Pengaruh Penerapan Konseling Kelompok untuk Menurunkan Stress Akademik Siswa di Sekolah Vokasi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v15i1.82500Keywords:
Stress Akademik, Konseling Kelompok, Pendidikan VokasiAbstract
Stress akademik menjadi salah satu problem siswa untuk mencapai prestasinya, strees ini terjadi disebabkan karena adanya menundaan dalam mengerjakan tugas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat stress akademik siswa. Hal ini juga mengungkapkan tingkat stress akademik dengan angka yang tinggi merupakan hal yang tidak menguntungkan bagi peserta didik dikarenakan sebagian besar waktu belajar dihabiskan dengan sia sia di sekolah. Jenis penelitian ini dengan menggunakan kuantitatif melalui pendekatan eksperimen dan desain penelitian ini yaitu one group pretest-post-test. Subjek penelitian ini yaitu kelas X TKJ, populasinya terdiri dari 27 siswa dan sampelnya 9 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala likert. Analisis data dengan menggunakan Uji Paired T Tes. Hasil analisis data pretest dan posttest stress akademik diperoleh nilai hasil paired t-test dengan Sig. (2-tailed) didapatkan nilai sebesar p= 0,000. karena nilai p <0.05, maka hipotesis yang diterima adalah Ha yang berarti bahwa ada perbedaaan yang signifikan tingkat stress akademik. Hasil analisis data stress akademik dapat disimpulkan bahwa bukti empiris ini mendukung hipotesis dalam penelitian ini, yaitu layanan konseling kelompok efektif dan berpengaruh untuk menurunkan stress akademik siswa.
References
Akbar, R., Siroj, R. A., Win Afgani, M., & Weriana. (2023). Experimental Reseacrch Dalam Metodologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(Vol 9 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan), 465–474.
Andayani, I. (2021). Analisis Kompetensi Lulusan SMK dalam Menghadapi Dunia Kerja ( Studi Kasus di Kabupaten Aceh Tamiang ) Badan Pusat Statistik Aceh Tamiang pada lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Kota Lhoksemawe menjadi Kota. JoIEM, 2(2), 19–27.
Andini, S. D., Rakhmawati, D., & Ajie, G. R. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Realita Untuk Mengatasi Stress Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Psikoedukasia, 1(2), 1–23.
Ar-Ruum, Q. S. (n.d.). Q.S. Ar-Ruum: 21.
Ariani, P., Azzahra, S., Dayana, D., & Fazny, B. Y. (2023). Stres Mahasiswa Baru Bimbingan Dan Konseling Islam Yang Masih Tinggal Di Ma ’ had Al- Jami ’ ah IAIN Pontianak. 03(1), 59–66.
Arifin, H. Z. (2017). Perubahan Perkembangan Perilaku Manusia Karena Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 2(1), 53–79.
Azhari Basri, A., Idris, H., & Azis, F. (2023). The Effect of Learning Difficulties on Learning Outcomes in Basic Accounting Learning at Vocational High School 1 Makassar. 3(4), 9–15.
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148. https://doi.org/10.29210/119800.
Bullah, H. (2022). Hubungan Stress Akademik dengan Kualitas Tidur pada Mahasiswa S-1 Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Tsaqafatuna, 4(2), 101–116. https://doi.org/10.54213/tsaqafatuna.v4i2.140.
Fatmawati. (2018). Hubungan Antara Kejenuhan Belajar Dengan Stres Akademik. 6(4), 462–467.
Fitriani, W., & Sabrial, J. (2023). The relationship between academic procrastination, academic stress, and life happiness of Mahmud Yunus Batusangkar State Islamic University students. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 9(2), 122. https://doi.org/10.26858/jppk.v9i2.53891
Harahap, J. sabrial, & Syarqawi, A. (2023). Pel.aksanaan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di MAN 1 Medan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 1–23.
Hidayah, M., Aryani, F., & Hasniati, H. (2023). Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Self Instruction dalam Mereduksi Stres Akademik Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 1090–1098.
Irma Suryani Nasution, I. (2024). Analisis Dampak Kecanduan Aplikasi Tiktok Dan Implikasinya Terhadap Teknik Self Management Di Uin Mahmud Yunus Batusangkar. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 06(01).
Jumli Sabrial Harahap, Irma Suryani Nasution, Rahmat Almasri, M. (2023). Rational Emotif Behaviour Therapy (REBT) Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengatasi Perilaku Bullying Di Sekolah Menengah Pertama (SMP). 4(1), 1–23.
Latifah, A., Sutoyo, A., Purwanto, E., & Purwanto, E. (2023). Model Konseling Kelompok Berbasis Nilai Akidah Isalam Terhadap Coping Stress. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 6(1), 78–96. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v6i1.1871.
Lutfiah, H., Trihantana, R., & Suryani, E. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Sahid Melanjutkan Studi Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Sahid Bogor. Sahid Banking Journal, 2(01), 52–66. https://doi.org/10.56406/sahidbankingjournal.v2i01.67.
Mardianti, L., & Dharmayana, W. (2020). Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Instruksi Diri Untuk Menurunkan Stres Akademik Pada Siswa. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 93–105.
Musradinur. (2016). Stres Dan Cara Mengatasinya Dalam Perspektif Psikologi. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), 183. https://doi.org/10.22373/je.v2i2.815.
Nasution, I. S., & Fitriani, W. (2024). Identifikasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Stress Akademik Pada Mahasiswa. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(1), 192–201. https://doi.org/10.31943/counselia.v5i1.88.
Nurhayati, N., & Pw, S. N. (2019). Optimalisasi Peran Dan Fungsi Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Implementasi Kurikulum 13. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 2(2), 147. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n2.p147-154.
Nuzulia, A., & Hidayah, N. (2022). Prokrastinasi akademik dan flow akademik dengan stres akademik pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 4(2), 64. https://doi.org/10.26555/jptp.v4i2.24455.
Puspitasari, D. (2024). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Relaksasi Terhadap Stres Akademik Siswa SMAN 99 Jakarta. 06(04), 20766–20774.
Ramlah. (2018). Pentingnya layanan bimbingan konseling bagi peserta didik. Jurnal Al-Mau’izhah, 1(September), 71–72.
Rosanti, Purwanti, & Wicaksono, L. (2022). Studi Tentang Stres Akademik pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(9), 1576–1583. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i9.58102.
Saepurohman, M. J., Hawa, N., & Susanti, D. (2022). Dampak Stres Pada Anak Dalam Perkembangan Otak Anak. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 54–60. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol4.no1.a6876.
Sukatin, Dianovi, A., Siregar, D., Mawaddah, I., & Suryaningsih. (2022). Bimbingan dan Konseling Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Anak Bunarraqa, 8(2), 1–12.
Syarqawi, A., Asmi, C., Dandayani, F., Sabrial, J., & Rahma, K. (2022). Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Desa Stabat Lama. 4, 2556–2560.
Ulfiani, R., Nursalam, N., & M. Ridwan, T. (2015). Pengaruh kecemasan dan kesulitan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas x ma negeri 1 watampone kabupaten bone. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(1), 86–102.
Wahyudi, L. (2022). Mengukur Kualitas Pendidikan di Indonesia. Ma’arif Jurnal of Education Madrasah Innovation and Aswaja Studies (MJEMIAS), 1(1), 18–22.
Yanti, Y. E., & Haqqi, N. A. B. (2021). Praktik Bimbingan Dan Konseling Anak Cerdas Dan Berbakat Di Sekolah Dasar. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 1(2), 106–113. https://doi.org/10.33379/primed.v1i2.885.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 ALIMATUK SAKDIYAH
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.