Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning
Keywords:
Discovery Learning, Prestasi Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Singaraja dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 6 yang berjumlah 32 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan mencari rata-rata skor dari hasil tes prestasi belajar matematika siswa. Selain itu dideskripsikan pula ketuntasan belajar dari setiap siklusnya. Ditinjau dari rata-rata hasil tes prestasi belajar pada siklus I meningkat dari reflesksi awal 62,59 menjadi 71,88. Hasil tes prestasi belajar pada siklus I masih di bawah KKM, sehingga tindakan dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II rata-rata hasil tes prestasi belajar meningkat menjadi 78,41. Ditinjau dari ketutasan belajar, peningkatan terjadi dari refleksi awal banyak siswa yang tuntas 15 orang (46,9%) meningkat pada siklus I menjadi 19 orang (59,4%) dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 25 orang (78,1%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.References
Hamalik, O. 1997. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Tarsito: Bandung.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: ghalia.
Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.
Iskandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Timur: Bestari Buana Murni.
Joni, T. Raka. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniasih, Sani. 2014. Strategi-strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta 64.
Nurkancana, W & Sunartana. 1992. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika
Kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia.