Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning

Authors

  • K. Dwipayani Pratiwi
  • I P. Wisna Ariawan

Keywords:

Discovery Learning, Prestasi Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Singaraja dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 6 yang berjumlah 32 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan mencari rata-rata skor dari hasil tes prestasi belajar matematika siswa. Selain itu dideskripsikan pula ketuntasan belajar dari setiap siklusnya. Ditinjau dari rata-rata hasil tes prestasi belajar pada siklus I meningkat dari reflesksi awal 62,59 menjadi 71,88. Hasil tes prestasi belajar pada siklus I masih di bawah KKM, sehingga tindakan dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II rata-rata hasil tes prestasi belajar meningkat menjadi 78,41. Ditinjau dari ketutasan belajar, peningkatan terjadi dari refleksi awal banyak siswa yang tuntas 15 orang (46,9%) meningkat pada siklus I menjadi 19 orang (59,4%) dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 25 orang (78,1%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.

References

Hamalik, O. 1997. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Tarsito: Bandung.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: ghalia.

Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Iskandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Timur: Bestari Buana Murni.

Joni, T. Raka. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurniasih, Sani. 2014. Strategi-strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta 64.

Nurkancana, W & Sunartana. 1992. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika

Kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2020-08-03

How to Cite

Pratiwi, K. D., & Ariawan, I. P. W. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Ilmiah Tri Hita Karana, 1(1), 38–47. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPDI/article/view/27833

Issue

Section

Articles