Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbasis Nilai Tri Hita Karana di SD

Penulis

  • I. G. Ayu Iswari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I. K. Dibia Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I. W. Widiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Abstrak

Rendahnya kemampuan siswa dalam membaca serta memahami isi bacaan menjadi permasalahan utama, shingga diperlukan sebuah model pembelajaran kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbasis nilai Tri Hita Karana terhadap hasil belajar keterampilan membaca siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 151 orang, sedangkan sampel yang dipilih dengan teknik random sampling berjumlah 61 orang yang dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar keterampilan membaca dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian lembar tes kepada siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data statistik kuantitatif dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung> ttabel (6,55 > 2,00). Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbasis nilai Tri Hita Karana berpengaruh positif terhadap hasil belajar keterampilan membaca siswa. Implikasi penelitian ini adalah dapat meningkatkan sikap kerjasama siswa dan membuat siswa lebih aktif didalam pembelajaran.

Biografi Penulis

I. G. Ayu Iswari, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP

I. K. Dibia, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP

I. W. Widiana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP

Referensi

Agustina, & Hariyadi. (2018). Penerapan Metode SQ3R Dan Metode PQ3R Terhadap Keterampilan Membaca Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sasrta Indonesia, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.21009/AKSIS.020105

Ani, N. K. K., Darsana, I. W., & Asri, I. G. A. A. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Gianyar Tahun Ajaran 2016/2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11018

Ariestika, I. M., Sedanayasa, G., & Pudjawan, K. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Terstruktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5791

Budi Febriyanto. (2019). Metode Cerita Berantai Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 40-44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1388

Cahyaningsih, U. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i1.707

Dewi, A. C. (2019). Pengaruh Model Cooperatif Script Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 66. https://doi.org/10.23887/jpmu.v2i2.20807

Gunarta, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 112. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338

Hariadi, S., Hasanah, M., & Siswanto, W. (2018). Modul Membaca Kritis Teks Laporan Hasil Observasi untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 340-348. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i3.10645

Herliana, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Membaca Berbasis Kontekstual Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 314-326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.346

Indrawan, I. W. A., Manuaba, I. B. S., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TTW Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10632

Kharisma, G. I., & Arvianto, F. (2019). Pengembangan Aplikasi Android Berbentuk Education Games Berbasis Budaya Lokal untuk Keterampilan Membaca Permulaan Bagi Siswa Kelas 1 SD/MI. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 203-213. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.5234

Ladimiyanto, A. (2014). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Model TAI dan TPS terhadap Hasil Belajar Matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 110-125. https://doi.org/10.21831/pg.v9i2.9073

Liu, K. (2019). Mengembangkan Keterampilan Membaca Kritis melalui Analisis Gaya di Kelas Bahasa Inggris Perguruan Tinggi Terintegrasi. Teori Dan Praktek Dalam Studi Bahasa, 9(3), 341-346. https://doi.org/http: //dx.doi.org/10.17507/tpls.0903.13

Mamanda, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 256. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16283

Maufur, S., & Lisnawati, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Al-Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 189. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1888

Maufur, S., & Sholeh, A. (2015). Penerapan Metode PQR4 Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Pada Siswa Kelas IV SDN Pengampon II Kec. Lemahwungkuk Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i2.122

Merudewi, I. G. A. K., Sujana, I. W., & Zulaikha, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Berbasis Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus VIII Sukawati. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1917/1666

Nahdi, K., & Yunitasari, D. (2020). Literasi Berbahasa Indonesia Usia Prasekolah: Ancangan Metode Dia Tampan dalam Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 434-441. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.372

Nofitria, A., Dawud, & Susanto, G. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Membaca Kritis Teks Argumentasi Untuk Siswa Kelas X SMA/SMK. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1409-1415. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i10.10106

Nurbaya, S., Rahman, F., Rustono, & Subyantoro. (2018). Pengaruh Skemata Terhadap Kompetensi Membaca Pemahaman Berbasis Taksonomi Ruddell. Litera, 17(1), 59-69. https://doi.org/10.1177/0011000099273004

Pramana, I. N. I., Suwatra, I. I. W., & Sedanayasa, G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Dan Yang Konvensional Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV DI SD Wongaya Gede Tahun Pelajaran 2012/2013. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.4540

Putra, D. A. K. (2015). Keterampilan Membaca Kritis Pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 61-76. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/dialektika.v2i1.2199

Rahayu, A. P. (2015). Menumbuhkan Bahasa Indonesia Yang baik dan benar dalam pendidikan dan pengajaran. Jurnal Paradigma, 1(1). http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/paradigma/article/view/886

Ramadhani, R., Hs, W., & Harsiati, T. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Tingkat Pemula. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 326-337. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6155

Suryaman, M. (2015). Analisis Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Literasi Membaca Melalui Studi Internasional (Pirls) 2011. Litera, 14(1), 170-186. https://doi.org/10.21831/ltr.v14i1.4416

Suryanata, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(2), 235. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i2.2497

Sutardi, A. (2010). Model Penilaian Bahasa Indonesia Dalam Pelaksanaan Kurikulum Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(2), 215-227. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i2.455

Usman, R. (2015). Penggunaan Metode SQ3R Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Pekanbaru. Jurnal Primary Program Study Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v4i2.2944

Wintari, N. L. M. D., Wiyasa, I. K. N., & Putra, M. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Assisted Individualization (TAI) Dalam Upaya Meningkatkan Interaksi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Dauh Puri Tahun Pelajaran 2013/2014. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3093

Diterbitkan

2021-09-13

Cara Mengutip

Iswari, I. G. A., Dibia, I. K., & Widiana, I. W. (2021). Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbasis Nilai Tri Hita Karana di SD. Jurnal Ilmiah Tri Hita Karana, 2(1). Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPDI/article/view/39358

Terbitan

Bagian

Articles