Eksplorasi Budaya Bali Dalam Pengembangan Bahan Ajar Ipa Ramah Tuna Rungu Wicara di Sekolah Inklusi

Authors

  • Putu Gede Parma
  • Desak Komang Ira Pratiwi
  • Gede Wira Bayu

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.24349

Keywords:

Inklusi, tuna rungu wicara, eksplorasi, budaya Bali

Abstract

Belum adanya bahan ajar khususnya dalam pembelajaran IPA yang ramah tuna rungu wicara. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi budaya Bali dalam pengembangan bahan ajar IPA ramah tuna rungu wicara di sekolah inklusi. Jenis penelitian dengan menggunakan metode penelitian pengembangan. Eksplorasi dilakukan oleh mahasiswa dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen yang digunakan lembar penilaian bahan ajar. Subjek penelitian dari ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli budaya, dan ahli evaluasi dan pendidikan. Teknik analisis data dengan analisis Content Validity Ratio (CVR).  Hasil dari penelitian ini adalah produk berupa bahan ajar Materi IPA yang dilengkapi dengan RPP dan LKPD dengan pengembangan berwawasan budaya Bali. Produk ini sudah divalidasi oleh ahli IPA, ahli desain pembelajaran, ahli budaya Bali, serta ahli evaluasi dan pendidikan, diperoleh hasil dengan nilai CVR dan CVI yaitu 1,00 yang dapat dikategorikan “valid” dan layak untuk diujicoba. Produk ini telah diujicobakan secara terbatas di kelas IV. Simpulan penelitian ini, yaitu produk dapat meningkatkan hasil belajar IPA Tuna Rungu Wicara di sekolah inklusi.

References

Agustiningrum, M. D. B. (2014). Penanaman Proses Pendisplinan Diri Anak Berkebutuhan Khusus (Tuna Rungu Wicara) Dalam Pembelajaran Tari Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10493. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10493

Ahmad, S. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Andani, D. T., & Yulian, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Electronic Book Menggunakan Software Kvisoft Flipbook Pada Materi Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. JIPI (JURNAL IPA DAN PEMBELAJARAN IPA), 2(1), 1 – 6. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10730. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10730

Anwar, M. (2018). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Elastisitas. Jurnal Riset Fisika Edukasi Dan Sains, 5(2). https://doi.org/10.22202/jrfes.2018.v5i2.2750. DOI: https://doi.org/10.22202/jrfes.2018.v5i2.2750

Arlitasari, O., Pujayanto, P., & Budiharti, R. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Terpadu Bebasis Salingtemas dengan Tema Biomassa Sumber Energi Alternatif Terbarukan. Jurnal Pendidikan Fisik, 1(1).

Ashari, D., Bintartik, L., & Mudiono, A. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Guided Inquiry Materi Perpindahan Kalor di Sekolah Dasar. Wahana Sekolah Dasar, 27(2), 19–28. https://doi.org/10.17977/um035v27i22019p56-65.

Fauth, B., Decristan, J., Decker, A. T., Büttner, G., Hardy, I., Klieme, E., & Kunter, M. (2019). The effects of teacher competence on student outcomes in elementary science education: The mediating role of teaching quality. Teaching and Teacher Education, 86, 102882. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102882. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102882

Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574

Lewis, A. D. (2019). Practice what you teach: How experiencing elementary school science teaching practices helps prepare teacher candidates. Teaching and Teacher Education, 86, 102886. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102886. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102886

Maulida, R. A. N., Kusumawati, I., & Wijaya, A. K. (2018). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum IPA Berbasis Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Pada Materi Usaha dan Energi. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1), 14. https://doi.org/10.26737/jipf.v3i1.332. DOI: https://doi.org/10.26737/jipf.v3i1.332

Nenoliu, T. T. M., Dawud, D., & Priyatni, E. T. (2020). Penggunaan Media Film Dokumenter dalam Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Pendek untuk Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangaan, 5(9). https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14039. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i9.14039

Nonggi, F., & Kua, M. Y. (2021). engembangan Bahan Ajar IPA dengan Real World Problem Berbasis Kearifan Lokal Ngada untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Citra Pendidikan, 1(4), 563–575. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/article/view/335%0Ahttps://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/article/download/335/177.

Nugrahani, F. (2017). The Development Of Film Based Literary Materials Which Suport Character Education. Jurnal Cakrawala Pendas, XXXVI(3), 472–486. https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.14219.

Nuraeni, M. I., & Habibi, M. W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbentuk Komik Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk SMP/MT’s Kelas VIII. Experiment: Journal of Science Education, 1(1). https://doi.org/10.18860/experiment.v1i1.11116. DOI: https://doi.org/10.18860/experiment.v1i1.11116

Sari, N., & Fauziddin, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Permainan Kartu Angka Bergambar Kelompok A1 Tk Bina Kasih. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1–10), 319–323. https://doi.org/10.7868/s0869565216210155. DOI: https://doi.org/10.7868/S0869565216210155

Sidiq, H. A., Prihandono, T., & Wahyuni, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Terpadu Tipe Integrated Pada Pembelejaran IPA Di Sekolah Menengah Kejuruan (Pokok Bahasan Bumi dan Benda Langit). Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(2), 189–196. https://doi.org/10.19184/jpf.v3i2.23264.

Tegeh. (2014). Metodelogi Penelitian Pengembangan. In Buku Ajar (p. 139).

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Trisnawati, I. A., Sulistyani, S., & Prabhawita, G. B. (2022). Pembinaan Tari Puspa Arum dan Pelatihan Tata Rias Tari Bagi Penari Kolok di Desa Bengkala Kubutambahan Buleleng Bali. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 133–144. DOI: https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i1.3042

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Putu Gede Parma, Desak Komang Ira Pratiwi, & Gede Wira Bayu. (2023). Eksplorasi Budaya Bali Dalam Pengembangan Bahan Ajar Ipa Ramah Tuna Rungu Wicara di Sekolah Inklusi. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(1), 132–139. https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.24349

Issue

Section

Articles