Pemahaman Membaca Teks Naratif Bahasa Inggris Meningkat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script

Authors

  • O.P Pradani Universitas Pendidikan Ganesha
  • M. H. Santosa Universitas Pendidikan Ganesha
  • M. M. Yudana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.27811

Keywords:

Pemahaman Membaca, Cooperative Script

Abstract

Penelitian ini membahas permasalahan kemampuan memahami bacaan bahasa inggris peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan pemahaman membaca teks naratif dalam bahasa inggris di kelas tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi beberapa tahapan seperti planning (perencanaan), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Data diperoleh dari pre-test, observasi, post-test, dan kuisioner yang berasal dari subjek penelitian yaitu 26 peserta didik di kelas X dengan objek penggunaan model pembelajaran Cooperative Script untuk meningkatkan pemahaman membaca teks naratif. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan kemampuan memahami bacaan dalam bahasa inggris yang ditunjukan oleh peserta didik. Dimulai dari hasil pre-test sebelum peserta didik menerapkan model Cooperative Script yang menunjukan hanya 42,3% peserta didik dengan rincian 11 dari 26 peserta didik yang mampu mencapai KKM yang ditentukan sekolah yaitu 75 dengan nilai rata-rata kelas hanya 65,5. Setelah peserta didik menerapkan model Cooperative Script dalam pembelajaran ditemukan peningkatan nilai rata-rata kelas menjadi 82,8 atau 73% peserta didik melampaui KKM dengan hanya 7 peserta didik yang belum mampu mendapat nilai tuntas. Selanjutnya dalam siklus 2 semakin terlihat peningkatan walaupun dengan perubahan di bahan ajar yang diberikan guru. Peningkatan tersebut terlihat dari seluruh peserta didik yang mampu mencapai KKM dengan nilai rata-rata 89,8. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan pemahaman membaca teks naratif dalam bahasa inggris.

Author Biographies

O.P Pradani, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Bahasa Inggris

M. H. Santosa, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Bahasa Inggris

M. M. Yudana, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Bahasa Inggris

References

Ahuja, P., & Ahuja, G. C. (2010). Membaca Secara Efektif dan Efisien. PT Kiblat Buku Utama.

Ekorini, P. Z. (2018). Efektivitas Cooperative Script dalam Pembelajaran Reading Skill pada Mata Kuliah Reading Comprehension II (Skripsi). Nganjuk: STKIP PGRI Nganjuk. DOI: https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i2.48

Foutch, S., & Torres, L. (2013). Cooperative Script. https://prezi.com/_pnv0r91zvkh/cooperative-scripts/

Gewati, M. (n.d.). Minat Baca Indonesia Ada di Urutan Ke-60 Dunia. https://edukasi.kompas.com/read/2016/08/29/07175131/minat.baca.indonesia.ada.di.urutan.ke-60

Ismair. (n.d.). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw Terhadap Kemampuan Memahami Teks Bahasa Inggris.

Kane, T. S. (2000). The Oxford Essential Guide to Writing. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.

Pengertian, Tujuan, Ciri Narrative Text dan Contohnya. (n.d.). https://inggrisonline.com/pengertian-tujuan-ciri-narrative-text-dan-contohnya

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pusaka Pelajar.

Downloads

Published

2022-12-24

How to Cite

Pradani, O., Santosa, M. H., & Yudana, M. M. (2022). Pemahaman Membaca Teks Naratif Bahasa Inggris Meningkat Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(3), 349–355. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.27811

Issue

Section

Articles