STUDENTS’ WRITING ABILITY IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT BY USING MIND MAPPING TECHNIQUE (A CLASSROOM ACTION RESEARCH IN CLASS X-A UPW)
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v1i1.27838Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas X-A UPW dalam menulis teks descriptif dengan menggunakan tehnik mind mapping atau peta konsep. Subjek dari penelitian ini adalah kelas X-A UPW SMK Negeri 1 Singaraja yang berjumlah tiga puluh enam siswa. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada hasil observasi yang menunjukkan bahwa siswa mempunyai kesulitan dalam menulis, seperti; kesulitan dalam tata bahasa, kurangnya kalimat yang bervariasi, tidak masuk akal dan kosakata yang lemah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari rencana, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penilitian ini adalah tes (pre-tes, post tes 1, post tes 2) dan angket. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan menulis dan prestasi siswa dalam menulis teks deskriptif dan melewati kriteria ketuntasan minimal (75) pada siklus pertama. Nilai rata-rata meningkat dari 70,77 (pre-tes) menjadi 74,77 (post tes 1) dan 80,5 (pos tes 2). Kesimpulannya adalah peta konsep adalah suatu teknik yang tepat untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Sebagai tembahan, penelitian ini menyarankan agar penelitian selanjutnya meneliti bermacam-macam teks menggunakan tehnik peta konsep, seperti teks eksposisi analitis, diskusi dan eksposisi hortatori.
References
Bowker, Natilene. 2007. Academic Writing: A Guide to Tertiary Level Writing. Massey university
Brown, H. (2001). Teaching by Principles. Longman: Pearson Education Limited.
Buzan, Tony. 2006.Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia. Pustaka Utama
Depdiknas, 2004. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Atas/ Sekolah Menengah Kejuruan .Jakarta: Depdiknas
Hayes, David A. 1992. A Sourcebook of interactive Methods for teaching with text. United States of America.
Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching. Pearson. Longman
Heaton, JB. (1998). Writing English Language Test. New York: Edinburg Gate
Hensley, Ben &Hamp, Liz.(1996). Study Writing.England :Cambridge University Press
Joyce, B. (2014). How to Use Mind Maps in Your EFL Classroom. Retrieved 26th December 2015 from http://busyteacher.org/4650-how-to-teach-writing-6-methods-for-generating.html
Keraf, G. (2000). Eksposisi dan Deskripsi, Jakarta: Gramedia
McKay, P. (2006). Assessing Young Language Learners. Cambridge University Press
Nugrahini, Y. (2013). Improving Students’ Writing ability of Descriptive Paragraph Through Mind Mapping in Writing Class at STKIP PGRI Tulung Agung in Academic Year 2012/2013
Nurlaila, A. (2013). The Use of Mind Mapping Technique In Writing Descriptive Text. Journal of English and Education, 1(2), p 9-13
Pipih, n. (2013). Teaching Writing Descriptive Text Using Mind Mapping Technique at The Seventh Grade Students’ of MTSNegeri Sukasari (in Academic Years 2012-2013)
Raimes, A. (1983). Techniques in Teaching Writing. New York: Oxford University Press. Retrieved 23nd December 2015 from https//Enjoymysite.files.wordpress.com
Riswanto & Putra. (2012). The Use of Mind Mapping Strategy in Teaching Writing at SMAN 3 Bengkulu, Indonesia. International Journal Humanitis and Social Science. (2)
Rofi’i, A., Rukmini. D Hartono, R. (2014). Improving Students’ Motivation in Writing Descriptive Text by Using The Mind Mapping Technique. English ed. Journal. (2)
Sanders, L. (2004). Paragraph Writing: Improving Paragraph Writing Through PLEASE Strategy. Retrieved 21st March 2010 from http://www.curry.edschool.virginia.edu/sped/projects/05/information/ints/para.html
Sudrajat, A. (2008). Lesson Study untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Pembelajaran. Retrieved on September 20th, 2018 from http://akhmadsudrajat.wordpress.com