Persepsi Guru SD di Kelas Rendah dan Tinggi terhadap Pembelajaran Daring Berbeda di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Eka Wardhana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.32757

Keywords:

Pembelajaran daring, Persepsi, Sekolah Dasar

Abstract

Penerapan sistem pembelajaran daring yang diterapkan pemerintah pada masa Covid-19 memunculkan beragam permasalahan bagi siswa dan guru di saat proses pelaksanannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru SD di kelas rendah dan di kelas tinggi terhadap pembelajaran daring di masa Covid-19. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Penentuan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan sampel 31 guru di kelas rendah dan 30 guru di kelas tinggi. Pengumpulan data menggunakan metode nontes dengan mempergunakan instrumen berupa kuesioner yang terdiri dari 20 pernyataan. Tahap analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data kedua penyajian data dan yang terakhir adalah kesimpulan atau verifikasi data berdasarkan data yang diperoleh. Simpulan penelitian ini ialah terdapat perbedaan persepsi antara guru di kelas rendah dan di kelas tinggi dalam proses pembelajaran salah satunya terkait respon siswa dan lain-lainnya. Persepsi guru mengenai kendala-kendala pada saat proses pelaksanaan pembelajaran daring adalah sulitnya melakukan proses penilaian spiritual, psikomotor, dan sosial siswa. Hasil temuan dari penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan guna lebih lengkap dan dapat dipakai pijakan oleh peneliti lain.

References

Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di SD. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.42. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.138

Anugrahana, A. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., & Amalina, N. (2019). Analisis Hubungan Kompetensi Bahasa Indonesia terhadap Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 1. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.2832. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.2832

Athena, A., Laelasari, E., & Puspita, T. (2020). Pelaksanaan Disinfeksi dalam Pencegahan Penularan Covid-19 dan Potensi Risiko terhadap Kesehatan di Indonesia. Jurnal Ekologi Kesehatan, 19(1), 1–20. https://doi.org/10.22435/jek.v19i1.3146. DOI: https://doi.org/10.22435/jek.v19i1.3146

Atsani, L. G. M. . (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93. DOI: https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937. DOI: https://doi.org/10.29333/pr/7937

Cahyani, A., Listiana, I.D., Larasati, S.P.D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19, 3(01), 123–140. DOI: https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Dahlan, R. (2018). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Persepsi Nazhir terhadap Wakaf Uang. ZISWAF : Jurnal Zakat Dan Wakaf, 4(1), 1. https://doi.org/10.21043/ziswaf.v4i1.3028. DOI: https://doi.org/10.21043/ziswaf.v4i1.3028

Erni, S., Vebrianto, R., Miski, C. R., MZ, Z. A., Martius, & Thahir, M. (2020). Refleksi Proses Pembelajaran Guru MTs di Masa Pendemi Covid 19 di Pekanbaru : Dampak dan Solusi. Journal of Education and Learning, 1(1), 1–10. DOI: https://doi.org/10.55748/bjel.v1i1.1

Ghina, F. (2021). Respon Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Pelajaran Grampose (di Pondok Pesantren Babun Najah). Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(2), 307–321. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/687.

Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 144–159.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503

Jariyah, A., & Tyastirin, E. (2020). Proses dan Kendala Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid-19 : Analisis Respon Mahasiswa The Biology Learning Processes and Constraints in the Covid-19 Pandemic Period : Analysis of Student Responses. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 183–196. DOI: https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.224

Kristiawan, M., Aminudin, N., & Rizki, F. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Online bagi Calon Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1905–1914. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.942. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.942

Magdalena, I., Yuliani, T. dkk. (2020). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh secara Daring pada Guru Sekolah Dasar di SDI AL Fattah. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 298–306.

Maria Melani Ika Susanti. (2019). Perbedaan Persepsi Guru Sekolah Dasar Berdasarkan Lama Mengajar tentang Kurikulum 2013. Elementary, 1(2), 12–21.

Mastura, & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa Pendahuluan. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289–295. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.293

Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 224–231. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3443. DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3443

Meidawati, S. A. N. B. R. (2019). Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117. DOI: https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.117

Oktaviani, S. dan H. (2020). Analisis Penerapan Pembelajaran Daring pada Siswa Kelas V SDN 009 Samarinda Ulu. Jurnal Taman Cendekia, 4(2), 452–458. DOI: https://doi.org/10.30738/tc.v4i2.8360

Prima Satrianingrum, A., & Prasetyo, I. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633–640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7(2), 297–302. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374. DOI: https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rosmiati, U., & Lestari, P. (2021). Inovasi Model Pembelajaran PBI ( Problem Based Instruction ) Berbasis Whatsapp sebagai Langkah Solutif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 188–197. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3708 Inovasi. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3708

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Santika, I. G. N. (2020). Menelisik Akar Kegaduhan Bangsa Indonesia Pasca Disetujuinya Hasil Revisi UU KPK dalam Perspektif Pancasila. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 6(1), 26. https://doi.org/10.23887/jiis.v6i1.25001. DOI: https://doi.org/10.23887/jiis.v6i1.25001

Saputro, H., & Talan, Y. O. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Psikososial pada Anak Prasekolah. Journal Of Nursing Practice, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.30994/jnp.v1i1.16. DOI: https://doi.org/10.30994/jnp.v1i1.16

Setyaningrum, A. A. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Media Sosial Grup Whatsap dan Youtube. Jurnal Educatio, 7(2), 520–526. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1121.

Shambodo, Y. (2020). Faktor Yang Memengaruhi Persepsi Khalayak Mahasiswa Pendatang UGM terhadap Siaran Pawartos Ngayogyakarta Jogja TV. 1(2). DOI: https://doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.464

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582

Warsono, W. (2017). Guru: Antara Pendidik, Profesi, dan Aktor Sosial. The Journal of Society & Media, 1(1), 1. https://doi.org/10.26740/jsm.v1n1.p1-10s DOI: https://doi.org/10.26740/jsm.v1n1.p1-10

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 227–238. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083. DOI: https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Wardhana, E., & Sujana, I. W. (2021). Persepsi Guru SD di Kelas Rendah dan Tinggi terhadap Pembelajaran Daring Berbeda di Masa Pandemi Covid-19. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(1), 25–33. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.32757

Issue

Section

Articles