Hubungan Karakter Gemar Membaca dan Keterampilan Membaca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.33511Keywords:
Bahasa Indonesia, Karakter, Gemar MembacaAbstract
Keberhasilan belajar bahasa Indonesia siswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi hasil belajar bahasa Indonesia ialah karakter gemar membaca dan keterampilan membaca. Penyebab kurang maksimalnya hasil belajar bahasa Indonesia yaitu rendahnya keterampilan membaca yang dimiliki siswa, kebiasaan membaca yang kurang baik, dan siswa yang mudah bosan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan karakter gemar membaca dan keterampilan membaca siswa dengan hasil belajar bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini termasuk expost-facto. Adapun jumlah populasi dari seluruh siswa kelas III SD sebanyak 104 siswa. Sampel dicari dengan teknik proportionate Stratified random sampling sehingga berjumlah 82 siswa. Metode non-tes digunakan pada penelitian ini untuk mengumpulkan data, diantaranya kuesioner karakter gemar membaca dan keterampilan membaca menghasilkan data kuantitatif serta data hasil belajar bahasa Indoesia diperoleh dengan pencatatan dokumen. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Kesimpulan penelitian ini mengungkapkan terdapat (1) hubungan positif antara karakter gemar membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia dan sumbangan efektif sebesar 22%, (2) hubungan positif antara keterampilan membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia dan sumbangan efektif sebesar 7%, (3) hubungan positif secara bersama- sama antara karakter gemar membaca dan keterampilan membaca siswa dengan hasil belajar bahasa Indonesia serta sumbangan efektif sebesar 29%. Oleh karena itu, kedua faktor tersebut bisa dijadikan prediktor tolak ukur keberhasilan belajar siswa khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia.
References
Ambarwati, W. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode Sq3R Di Sdn 01 Pajerukan. Tarling : Journal of Language Education, 2(1), 109–122. https://doi.org/10.24090/tarling.v2i1.2232. DOI: https://doi.org/10.24090/tarling.v2i1.2232
Anwar, R. N., & Zaenullah, Z. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Care, 8(1), 56–66. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/6723.
Atika, Z. N., & Junaidi, J. (2019). Hubungan Karakter Siswa Dengan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X dan XI IPS di SMANegeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 20–27. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i1.4. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v1i1.4
Danaei, D., Jamali, H. R., Mansourian, Y., & Rastegarpour, H. (2020). Comparing reading comprehension between children reading augmented reality and print storybooks. Computers and Education, 153(March), 103900. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103900. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103900
Dewi, G. A. S. R., Sulastri, N. M., & Garminah, N. N. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbasis Pendidikan Karakter Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Kelas V Semester Ii. E-Jurnal Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5792.
Erwenta, J., Agung, L., & Sunardi, S. (2018). The Values of Character Education in the Didong Art Performance: A Study of Enculturation Process in Gayonese Society. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(4), 196. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i4.248. DOI: https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i4.248
Estiningtyas, W. R., Suyanto, I., & Suryandari, K. C. (2016). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Panjatan. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 4(5).
Gustientiedina, G., & Ambiyar, A. (2018). Pengaruh Persepsi Tentang Dunia Kerja Dan Minat Keahlian Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Teknik Informasi Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Indonesia. Mimbar Ilmu, 23(3), 225–230. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16439. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16439
Harahap, E. O. (2019). Hubungan Antara Kemampuan Memahami Isi Bacaan Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Iv Sd Negeri 067690 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018 Eka. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 3(1), 53–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v3i1.5314.
Hisken, L. J. (2011). The Correlation Between Self-Esteem and Student Reading Ability, Reading Level, And Academik Achievement. Universitas of Central Missouri, 111–127.
Kholidha, N., & Rusyadi, S. I. (2016). Hubungan keterampilan membaca dan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas v semester I sd negeri lumutan 1 kecamatan botolinggo kabupaten bondowoso tahun ajaran 2015/2016. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 3(2), 13–20.
Laily, I. F., & Naqiyyah, M. (2014). Kontribusi Penerapan Pendidikan Karakter (Gemar Membaca) Terhadap Keterampilan Berbahasa Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Mi Darul Hikam Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(2). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v1i2.347. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v1i2.347
Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898.
Mualimah, E. N., & Usmaedi. (2018). Issn 2540-9093 Pengaruh Kebiasaan Membaca Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sdn Kubanglaban Eka Nurul Mualimah , Usmaedi Stkip Setia Budhi Rangkasbitung A . Pendahuluan Pembelajaran membaca menjadi salah satu pembelajaran yang tidak. Jurnal Untirta, 4(1), 43–55. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2459.g2356. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2459
Nafi’ah, S. A. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesai di SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ngalimun. (2014). Stategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressido.
Nikmah, A., & Susilowati, R. (2020). Pembentukan Karakter Melalui Membaca “Narrative Text” Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Mi Salafiyah Kajen Pati. Elementary Islamic Teacher Journal, 8(1), 121–138. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i1.6923. DOI: https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.6923
Nugroho, A., Puspitasari, R., & Puspitasari, E. (2016). Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca Dalam Mata Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas Viii Di Smpn 2 Sumber. Edueksos, 5(2), 187–206. https://doi.org/10.24235/edueksos.v5i2.1167.
Nusa, P. D. (2019). Hubungan Pendidikan Karakter Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pkn. Joyful Learning Journal, 8(3), 142–148. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jlj.v8i3.32705.
Prawiyogi, A. G., Rosalina, A., & Rahman, R. (2018). Pengaruh Metode Gist Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Kemampuan Menulis Eksposisi Siswa Sekolah. Metodik Didaktik, 14(1), 38–44. https://doi.org/10.17509/md.v14i1.11814. DOI: https://doi.org/10.17509/md.v14i1.11814
Rahadian, G., Rohanda, R., & Anwar, R. K. (2014). Peranan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Budaya Gemar Membaca. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 2(1), 47. Https://Doi.Org/10.24198/Jkip.V2i1.11628. DOI: https://doi.org/10.24198/jkip.v2i1.11628
Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650
Rizka, M. A., & Hardiansyah, R. (2016). Strategi pengembangan inovasi program pendidikan nonformal sebagai best practices bagi pusat kegiatan belajar masyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 187. https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.10745. DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v3i2.10745
Sari, P. P. (2018). Penanaman Nilai Karakter Gemar Membaca. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 7(2), 205–217. https://doi.org/10.24090/jimrf.v7i2.2521. DOI: https://doi.org/10.24090/jimrf.v7i2.2521
Sarinah, S., Febrini, D., & Syarifin, A. (2018). Bagaimana Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini Di Ra Al-Haq Pematang Gubernur Kota Bengkulu. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 180–199. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1515. DOI: https://doi.org/10.29300/alfitrah.v2i1.1515
Sinta, T., Sqr, M., Semeseter, M., & Stba, V. I. I. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Tingkat Terampil melalui Metode SQ3R pada Mahasiswa Semeseter VII STBA JIA. Chi’e: Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang, 7(2), 63–73. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/chie.v7i2.33739. DOI: https://doi.org/10.15294/chie.v7i2.33739
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Mengajar di Sekolah Dasar Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sutaryono, S., Ansori, I., Istafa, Z., & Sukardi, S. (2019). Parents’ Education Degree, Character Education In Children, And Primary Students Social Science Learning Outcomes. Proceedings of the International Conference Primary Education Research Pivotal Literature And Research Unnes 2018 (Ic People Unnes 2018), 303, 239–242. https://doi.org/10.2991/icpeopleunnes-18.2019.47. DOI: https://doi.org/10.2991/icpeopleunnes-18.2019.47
Tarigan, G. H. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Citapustaka Media.
Wahidin, M. S., Darsono, & Nelly, A. (2019). Hubungan Pendidikan Karakter dan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/download/19567/13893.
Wardarita, R. (2020). Kontribusi Pendidikan Karakter terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Era Revolusi Industri 4 . 0. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 5(1), 39–45. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v5i1.1656. DOI: https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v4i1.802
Wartini, A., Hadi al-asy’ari, M. K., & Multahada, A. (2017). Menggagas Model Pembelajaran Discovery-Inquiry pada Pendidikan Anak Usia Dini. Intizar, 23(1), 151–164. https://doi.org/10.19109/intizar.v23i1.1614. DOI: https://doi.org/10.19109/intizar.v23i1.1614
Wati, R., Atmazaki, A., & Tressyalina, T. (2018). Contribution of reading comprehension ability and learning motivation to writing. Proceedings of the International Conferences on Educational, Social Sciences and Technology - ICESST 2018, 999–1004. https://doi.org/10.29210/20181144. DOI: https://doi.org/10.29210/20181144
Wibowo. (2012). Manajemen Kinerja. Jakarat: Raja Grafindo Persada.
Widianto, R., Suripto, & Suryandari, K. C. (2013). Pengaruh Pendekatan Whole Language dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 2 Kalibeji Tahun Ajaran 2012/ 2013. Kalam Cendekia PGSD Kabumen, 15(3–2).
Wirantho, S. A., & Arriani, F. (2017). Kebijakan Layanan Pendidikan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1217. DOI: https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1217
Wittentirelli, W., Herman Saputra, A., & Putra, A. E. (2019). Analisis Karakter Gemar Membaca Siswa Smp Negeri 30 Muaro Jambi. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(2), 182. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i2.305. DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v4i2.305
Yin, C., Yamada, M., Oi, M., Shimada, A., Okubo, F., Kojima, K., & Ogata, H. (2019). Exploring the Relationships between Reading Behavior Patterns and Learning Outcomes Based on Log Data from E-Books: A Human Factor Approach. International Journal of Human-Computer Interaction, 35(4–5), 313–322. https://doi.org/10.1080/10447318.2018.1543077. DOI: https://doi.org/10.1080/10447318.2018.1543077