Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Materi Menulis Puisi Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.33622Keywords:
Pengembangan, Video Pembelajaran, Kontekstual, Menulis PuisiAbstract
Kurangnya minat siswa dalam menulis puisi menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV. Hal ini disebabkan oleh sulitnya siswa di dalam menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan dan kurang tersedianya media pembelajaran sebagai bahan penunjang guru. Berdasarkan kajian tersebut, maka dikembangkan video pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual materi menulis puisi pada siswa kelas IV SD muatan bahasa Indonesia dengan tujuan untuk menghasilkan produk berupa video pembelajaran menulis puisi. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan metode dan instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu: (1) Rancang bangun video pembelajaran dikembangkan berdasarakan pada tahapan ADDIE dan (2) Hasil validitas pengembangan video pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli isi diperoleh persentase sebesar 100% dengan kualifikasi sangat baik. Penilaian dari ahli desain pembelajaran diperoleh persentase sebesar 100% dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan penilaian dari ahli media pembelajaran diperoleh persentase sebesar 96,43% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba perorangan diperoleh persentase sebesar 97,62% dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan hasil dari uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 96,43% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka video pembelajaran layak untuk digunakan dalam pembelajaran dan terimplikasi sebagai bahan penunjang pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa, memberikan motivasi belajar siswa, dan menjadikan pembelajaran lebih bervariasi terhadap pembelajaran di kelas.
References
Abidin, Z. (2017). Penerapan Pemilihan Media Pembelajaran. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/1784.
Adawiah, S. R., Pertiwi, L. L., Sukawati, S., Firmansyah, D., Godvany, N., Nurjaya, I. G., Gunatama, G., Pendidikan, J., Indonesia, S., Bahasa, F., Ganesha, U. P., Lazuardi, D. R., Murti, S., Dwijayani, N. M., Pramulia, P., Suganda, A., Simanjuntak, V. G., & Purnomo, E. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Tipe VAK (Visual, Audiovisual, Kinestetik). Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 2(2), 1–12. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i2.4259.
Agung, A. A. G. (2014). Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Amin, S. (2019). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe di Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 563–572. https://doi.org/10.30653/002.201944.238. DOI: https://doi.org/10.30653/002.201944.238
Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Science Subjects on 6th-Grade. Journal of Education, 5(1), 37–47. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/32314/18266. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314
Angga, P. M. W., Sudarma, I. K., & Suartama, I. K. (2020). E-Komik Pendidikan untuk Membentuk Karakter dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 93. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920 DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28920
Arif, Syamsul, & Yanawati. (2018). Pengantar Desain Pembelajaran. PUSTAKA MA’ARIF PRESS.
Astra, G. N. W., Suarjana, I. M., & Suwatra, I. I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Video Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa IV Gugus IV Kecamatan Sukasada. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1399/1260.
Erwin, H. Dkk. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(1), 169–178. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/9/0.
Fahrurrozi. (2016). Sekilas tentang Bahasa Indonesia. Garudhawaca.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117. https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104-117.pdf.
Febriana, A., Sutansi, S., & Mudiono, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Model Contextual Teaching and Learning (CTL). Wahana Sekolah Dasar, 26(2), 36–42. https://doi.org/10.17977/um035v26i22018p036. DOI: https://doi.org/10.17977/um035v26i22018p036
Godvany, N., & dkk. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi melalui Kegiatan Belajar di Luar Kelas dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 1–12. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/9293.
Halijah. (2017). Meningkatakn Kemampuan Berbahasa Indonesia dengan Menerapkan Model Pembelajaran Think Pair Share. Jurnal Global Edukasi, 1(3), 325 – 330. http://jurnal.goretanpena.com/index.php/JGE/article/view/11.
Herowati, & dkk. (2019). Pengembangan Buku Kerja Media Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual sebagai Penunjang Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA, 9(2), 64–81. https://jurnallensa.web.id/index.php/lensa/article/view/71. DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v9i2.71
Irwanti, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Bebas Kelas VIII SMP Xaverius Tugumulyo. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 1(1), 32–49. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/105. DOI: https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i1.105
Ismail. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA, 4(2), 704–719. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/630. DOI: https://doi.org/10.22373/jm.v4i1.277
Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media dan Sumber Pembelajaran. Kencana.
Khasanah, N. N. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Pendekatan Kontekstual Subtema Aku dan Cita-citaku. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 30–35. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/8373/.
Kristiantari, R. dkk. (2019). Keterampilan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Pendidikan Ganesha.
Kurniawan, D. C., & dkk. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA tentang Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas IV SDN Mejosari 5 Malang. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/4185. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119
Lazuardi, D. R., & Sri, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Tipe VAK (Visual, Audiovisual, Kinestetik). Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 2(1), 87–95. https://103.27.207.186/index.php/KIBASP/article/view/408. DOI: https://doi.org/10.31539/kibasp.v2i1.408
Muftianti, A. (2019). Penyusunan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Keterampilan Berbahasa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Upt P2m STKIP Siliwang, 3(2), 178–186. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/1422.
Mulasari, M. R., & dkk. (2020). Model Pembelajaran Means Ends Analysis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(3), 358-366. Jurnal Pedagogy Dan Pembelajaran, 3(3), 358–366. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/25812.
Munawar, A., & Suryadi, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Videoscribe Materi Kerajaan Islam di Jawa Kelas X Tahun Ajaran 2018/ 2019 di SMA Negeri 3 Salatiga: Indonesian Journal of History Education. 7(2), 174–184. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijhe/article/view/36436.
Nanda, K. K. dkk. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Kelas V di SD Negeri 1 Baktiseraga. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 88–99.
Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Urnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515.
Nilasari, & dkk. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1399–1404. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6583.
Nurita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 5(1), 88–99. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48–64. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430 DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430
Oya, R.N. & Budiningsih, C. . (2014). Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 116–126. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2649. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2649
Perwitasari, S., & dkk. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 278–285. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10623.
Pramulia, P. (2018). Creative Reading terhadap Dongeng untuk Penulisan Puisi. Jurnal Efektor, 5(2), 146–151. https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/view/12321. DOI: https://doi.org/10.29407/e.v5i2.12321
Pratiwi, H. R., & Ismaniati, C. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran untuk Mengembangkan Aspek Kognitif Anak. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 130–139. https://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/11735. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.11735
Purwanto, Y., & Rizki, S. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual pada Materi Himpunan Berbantu Video Pembelajaran. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i1.95
Putri, Y. U., Musdi, E., Permana, D., & Yerizon, Y. (2020). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 205. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2305. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2305
Rahmatika, D. F., & Ratnasari, N. (2018). Media Pembelajaran Matematika Bilingual Berbasis Sparkol Videoscribe. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 385–393. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3061. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3061
Rayanto, Yudi, H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori dan Praktek. Lembaga Academic & Research Institude.
Rizwan, R. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Belajar IPA melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Educatio, 2(1), 11–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29210/12016227. DOI: https://doi.org/10.33084/bitnet.v2i2.754
Rohmah, D. F., & dkk. (2017). Pengembangan Buku Ajar IPS SD Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan, 2(5), 719–723. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9200.
Siddiq, & dkk. (2020). Pengembangan Animasi Dua Dimensi pada Pembelajaran Tematik untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 49–63. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/28928. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28928
Simbolon, E. R., & Tapilouw, F. S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kontekstual terhadap Berpikir Kritis Siswa SMP. Edusains, 7(1), 97–104. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1533. DOI: https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1533
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sudarma, I. K., & dkk. (2015). Desain Pesan Kajian Analisis Desain Visual Teks dan Image. Graha Ilmu.
Sudaryanto; Zultiyanti; Agnez, Y. (2019). Teori Perencanaan Bahasa Lauder & Lauder dan Aplikasinya dalam Konteks Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 3(2), 66–75.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Alfabeta.
Sunaengsih, C. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Mutu Pembelajaran pada Sekolah Dasar Terakreditasi A. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 183–190. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i2.4259. DOI: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1327
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Tristiantari, Ni Ketut Desia; Sumantri, I. M. (2016). Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 203–211. http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8493. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8493
Wisada, & dkk. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140–146. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735.
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
Wulandari, I. G. A. . (2020). Implementation of the 2013 Curriculum Based on a Scientific Approach (Case Study at SD Cluster II Kintamani). Internasional Journal of Elementary Education, 4(3), 422–430. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v4i3.28172. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.28172
Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706. DOI: https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706