Hubungan Hasil Belajar dengan Strategi Belajar Aktif Trading Place terhadap Prestasi Belajar
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.34198Keywords:
Trading Place, Prestasi Belajar, IPAAbstract
Masih ada sebagian besar siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran IPA. Hal tersebut dapat menghambat tercapainya prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan hasil belajar IPA dengan menggunakan strategi trading place. Jenis penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan teknik pengambilan proposional random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 45 orang siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas V SD Negeri 3 Kaliuntu sebagai kelompok eksperimen sebanyak 25 orang siswa dan kelas V SD dan sebagai kelompok control sebanyak 22 orang siswa. Data tentang prestasi belajar dikumpul melalui metode tes statistic inferensial (regresi) dengan menggunakan tes objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data analisis dengan menggunakan regresi Fhitung= 77,090 dan Ftabel = 3,80. Berdasarkan kriteria pengujian, rhitung>rtabel (0,634>0,1541). Dengan taraf signifikansi 5%, maka H1diterima. Hal ini terbukti bahwa hubungan strategi trading place berpengaruh sangat baik terhadap perestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan hasil belajar dengan strategi trading place terhadap prestasi belajar siswa kelas V.
References
Agustina, R. L. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Menggunakan Model STAD dan NHT. Journal of EST, 1(3), 31–38. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v12i2.787. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1801
Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 23(1), 53–64. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407
Dasmo, D., Nurhayati, N., & Marhento, G. (2012). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar IPA. Jurnal Formatif, 2(2), 132–139. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i2.94. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.94
Fadillah, A., & Baist, A. (2017). Hubungan Motivasi dan Perilaku terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 43–48. https://doi.org/10.31000/prima.v1i1.253. DOI: https://doi.org/10.31000/prima.v1i1.253
Fitriani, N. I., & Setiawan, B. (2018). Efektivitas Modul IPA Berbasis Etnosains terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 71. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p71-76. DOI: https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p71-76
Hafa, M. F., Suwignyo, H., & Mudiono, A. (2017). Penerapan Model Inkuiri untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan : Teori,Penelitian Dan Pengembangan, 2(12), 1644–1649. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10315.
Hidayatullah, S. (2018). Konsep Ilmu Pengetahuan Syed Hussein Nashr: Suatu Telaah Relasi Sains dan Agama. Jurnal Filsafat, 28(1), 113. https://doi.org/10.22146/jf.30199. DOI: https://doi.org/10.22146/jf.30199
Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 20–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10126. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10126
Lks, P., Terpadu, I. P. A., Problem, B., Melalui, L., Study, L., Ekosistem, T., & Lingkungan, P. (2014). Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning melalui Lesson Study Tema Ekosistem dan Pelestarian Lingkungan. USEJ - Unnes Science Education Journal, 3(2). https://doi.org/10.15294/usej.v3i2.3357.
Manulang, N. (2019). Penggunaan Strategi Belajar Aktif Tipe Trading Place dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Mendiagnosis Kerusakan Sistem Starter Mata Pelajaran Teknik Mesin di Kelas XII SMK Swasta Medan Putri T.A. 2017/2018. Jurnal Warta, 13(4), 146–161. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/wdw.v0i62.511.
Mariani, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Make Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika tentang Pembagian pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 4 Batu. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(2), 599. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.5306. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v3i2.5306
Paramitha, I. D. A. A., & Margunayasa, I. G. (2016). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing, Gaya Kognitif, dan Motivasi Berprestasi terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2), 80. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9012. DOI: https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9012
Periastiti, L., Suarni, N. K., & Suwatra, I. W. (2013). Pengaruh Strategi Trading Places pada Pembelajaran PKN terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Sosial Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1527.
Permana, I. P. B. A., Dibia, I. K., & Dharsana, I. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Lesson Study SD Kelas V. Mimbar PGSD 5(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i3.12063.
Retariandalas, R. (2017). Pengaruh Minat Membaca dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal Formatif, 7(2), 190–197. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1529. DOI: https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1529
Supriono, S. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tentang Makhluk Hidup pada Peserta Didik Kelas III SDN 1 Padaan melalui Metode Mind Mapping. Jurnal Penelitian Pendidikan (JPP), 33(1). https://doi.org/10.15294/jpp.v33i1.7674.
Susilowati, S. (2017). Pengembangan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai Islam untuk Meningkatkan Sikap dan Prestasi Belajar IPA Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 78. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.13677. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.13677
Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA dan Sikap Ilmiah pada Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959
Widiasari, N. K. R., & Sumantri, M. (2020). Kooperatif Tipe Group Investigation melalui Setting Lesson Study terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 143. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25094. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25094
Zairmi, U., Fitria, Y., & Amini, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1031–1037. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.221. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.221