Pengaruh Model Problem Based Instruction Berbantuan Media Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V

Authors

  • I Made Krismantara Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Ketut Pudjawan Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Gusti Ayu Tri Agustiana Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

Keywords:

PBI, Lingkungan, Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok yang dibelajarkan melalui model Problem Based Instruction berbantuan media lingkungan dengan kelompok yang tidak dibelajarkan melalu model Problem Based Instruction berbantuan media lingkungan  siswa kelas V di SDN Gugus III Kecamatan Mendoyo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini yaitu Eksperimen Semu dengan menggunakan rancangan Non-equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Gugus III  Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 146 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan simple random sampling melalui teknik undian. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 8 Penyaringan yang berjumlah 20 orang dan siswa kelas V SD 6 Penyaringan yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes dan menggunakan instrumen tes pilihan ganda, hasil penelitian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata, didapatkan kelompok eksperimen sebesar 20,25 dan kelompok kontrol sebesar 16,70. Hal ini berarti bahwa eksperimen > kontrol selanjutnya berdasarkan analisis uji-t terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V (t = 3,94 sig = 0,00), sehingga hipotesis alternatif (H0) yang diajukan ditolak dan (H1) diterima. Ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok yang dibelajarkan melalui model Problem Based Instruction berbantuan media lingkungan dengan kelompok yang tidak dibelajarkan melalu model Problem Based Instruction berbantuan media lingkungan  siswa kelas V di SDN Gugus III Kecamatan Mendoyo Tahun Pelajaran 2019/2020.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok yang dibelajarkan melalui model Problem Based Instruction berbantuan media lingkungan dengan kelompok yang tidak dibelajarkan melalu model Problem Based Instruction berbantuan media lingkungan  siswa kelas V di SDN Gugus III Kecamatan Mendoyo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini yaitu Eksperimen Semu dengan menggunakan rancangan Non-equivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Gugus III  Kecamatan Mendoyo Kabupaten Jembrana tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 146 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan simple random sampling melalui teknik undian. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 8 Penyaringan yang berjumlah 20 orang dan siswa kelas V SD 6 Penyaringan yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes dan menggunakan instrumen tes pilihan ganda, hasil penelitian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata, didapatkan kelompok eksperimen sebesar 20,25 dan kelompok kontrol sebesar 16,70. Hal ini berarti bahwa eksperimen > kontrol selanjutnya berdasarkan analisis uji-t terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V (t = 3,94 sig = 0,00), sehingga hipotesis alternatif (H0) yang diajukan ditolak dan (H1) diterima. Ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok yang dibelajarkan melalui model Problem Based Instruction berbantuan media lingkungan dengan kelompok yang tidak dibelajarkan melalu model Problem Based Instruction berbantuan media lingkungan  siswa kelas V di SDN Gugus III Kecamatan Mendoyo Tahun Pelajaran 2019/2020.

Author Biographies

I Made Krismantara, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Dasar

Ketut Pudjawan, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

Program Studi Teknologi Penddikan. Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan

I Gusti Ayu Tri Agustiana, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Dasar

References

Agung, A. A. G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Agustiana, I G. A. T. 2014. Konsep dasar IPA Aspek Biologi. Yogyakarta. Penerbit Ombak

Alawiyah, F. 2013. Peran Guru dalam Kurikulum 2013. Jurnal Aspirasi, 4(1), 65-74.

Arsyad, A. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Astuti, N. M. R., Ardana, I. K., & Manuaba, I. S. 2013. Pengaruh Model Quantum Learning Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus III Kerobokan Badung. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).

Dantes, N 2014. Landasan Pendidikan; Tinjauan Dari Makropedagogis.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Darmana, I. K. R., Sedanayasa, G., & Antari, N. N. M. 2013. Pengaruh Model Problem-Based Instruction Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1)

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Febriani, Dwi, dkk. 2018. “Pengaruh Penggunaan Model PBI (Problem Based Instruction) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SDN Wage II Taman Sidoarjo”. Universitas Negeri Surabaya. Volume 06 (1991)

Husamah. 2013. Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Muthe, N. 2004. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ningrum, E. S., & Sobri, A. Y. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(5), 416-423.

Samatowa, U. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Pt Indeks.

Santyasa, I W. 2007. Model-model pembelajaran inovatif. Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia pada: https://scholar.google.co.id/scholar?hl.

Setyosari, P. H. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sudana. 2016. Pendidikan IPA SD. Singaraja: Undiksha Singaraja.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulastriningsih, P., & Suranata, K. 2012. Pengaruh Model Process Oriented Guided Inquiry Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD Gugus XI Kecamatan Buleleng. Jurnal Undiksha.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana .

Tegeh, I M. 2009. Media Pembelajaran. Singaraja: Undiksha.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Invatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Uno, H., dan Nurdin M. 2014. Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2023-01-26

How to Cite

Krismantara, I. M., Pudjawan, K., & Agustiana, I. G. A. T. (2023). Pengaruh Model Problem Based Instruction Berbantuan Media Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/44967

Issue

Section

Articles