Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Times Game Tournamnt Berbantuan Puzzle Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44970Keywords:
Model Times Game Tournament, Kopetensi Pengetahuan IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran times game tournament berbantuan media puzzle terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan penelitian “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi penelitian meliputi seluruh kelas IV SD N yang terdiri dari 5 SD Negeri yang berjumlah 5 kelas, dengan jumlah populasi 199 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 60 siswa yaitu 31 siswa kelas IV yang menjadi kelompok eksperimen dan 29 siswa kelas IV SD yang menjadi kelompok kontrol. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan metode tes objektif pilihan ganda biasa. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung sama dengan 5,627 lebih dari ttabel sama dengan 2,000, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen adalah 86,21 dan dengan rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok kontrol adalah 80,47. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran times game tournament berbantuan media puzzle terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA siswa kelas IV SD.
References
Dewi, N. K. A. S., Made Sulastri, M. P., & Sudana, D. N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media Mice Target Board Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7508.
Hanum, L., Kamaruddin, T., & Ridha, M. O. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Dengan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Kelas Viii Di Smp Negeri 11 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi, 3(3).
Hardiana, L., Syamsuri, Nindiasari, H., & Fatah, A. (2022). Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament dengan permainan kapal perang terhadap hasil belajar matematika. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.37058/jp3m.v8i1.4195.
Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya.
Morelent, Y., & Syofiani. (2018). Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 05 Percobaan Pintu Kabun Bukittinggi. Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 141–152. https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1234. DOI: https://doi.org/10.22202/jg.2015.v1i2.1234
Parmawati, A., Reffiane, F., & Hadi, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament Berbantu Media Ledusa Tema 3. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 394. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19331. DOI: https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19331
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (Cet.1). Alfabeta.
Suparlan. (2017). Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 pada Pembelajaran IPA di SD/MI Kelas IV. Fondatia, 1(2), 93–115. https://doi.org/10.36088/fondatia.v1i2.104 DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v1i2.104
Suri, N. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(3), 256–261. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16283. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v2i3.16283
Susanto, R., & Anti, M. (2017). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Kecerdasan Interpersonal Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 260. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12510. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12510
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.