Model Problem Based Learning Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Kadek Ayu Ratih Satya Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gusti Agung Oka Negara Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44971

Keywords:

Model Problem Based Learning, Media Lingkungan, Kompetensi Pengetahuan IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Media Lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian adalah seluruh kelas IV SD sebanyak 10 kelas dengan 368 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas IV SD sebagai kelas eksperimen sebanyak 46 orang menerapkan model PBL berbantuan media lingkungan dan kelas IV SD sebagai kelas kontrol sebanyak 38 orang Metode pengumpulan data dengan metode tes yaitu tes objektif pilihan ganda biasa. Rata-rata gain skor ternormalisasi siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media lingkungan yaitu 0,525 dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional yaitu 0,236. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji-t jenis polled varians. Hasil analisis data pada taraf signifikansi 5% (df sama dengan 82 dengan thitung  sama dengan 11,049 dan harga ttabel sama dengan 1,989) diperoleh keputusan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kedua kelompok sampel. Simpulan penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning berbantuan Media Lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas IV SD.

Author Biographies

Kadek Ayu Ratih Satya Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP

I Komang Ngurah Wiyasa, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP

I Gusti Agung Oka Negara, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP

References

Agung, A. A. G. (2014). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Christiana, P. . (2014). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Penilaian Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD Gugus VIII Sukawati. PGSD, 2.

Mahardika, B. (2013). Pengaruh Model Problem Solving Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Dewi Sartika. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5.

Rivaldi, O. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2). https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15494. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15494

Sastriani. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan Semarang. UNNES. DOI: https://doi.org/10.24114/js.v2i2.9515

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Kencana.

Suarjana, & Japa. (2017). Pendidikan Matematika III Berpendekatan PMRI & Perubahan Konseptual. Undiksha.

Sugiarta, S. M., Putra, D. K. N. S., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran TTW Berbantuan Media Lingkungan terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10764.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (22nd ed.). Alfabeta.

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Satya Dewi, K. A. R., Wiyasa, I. K. N., & Negara, I. G. A. O. (2023). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(1), 71–77. https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44971

Issue

Section

Articles