Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Buku Cerita Tiga Dimensi Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ida Ayu Gede Pradnya Suari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • M.G Rini Kristiantari Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44981

Keywords:

Discovery Learning, Buku Cerita Tiga Dimensi, Keterampilan Menulis Cerita Pendek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media buku cerita tiga dimensi terhadap keterampilan menulis cerita pendek kelas IV SD. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain post-test only control group design. Populasi penelitian ini seluruh kelas IV SD dengan jumlah 368 siswa. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik cluster random sampling yang digunakan untuk memperoleh kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes dengan menggunakan instrumen tes keterampilan menulis cerita pendek yang dilengkapi rubrik penilaian. Metode analisis data yaitu metode analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Rata-rata keterampilan menulis cerita pendek kelompok eksperimen yaitu 80 dan kelompok kontrol yaitu 70. Data yang diperoleh dianalisis uji-t dengan rumus polland varians. Hasil analisis data diperoleh thitung lebih dari ttabel (4,456 lebih dari 1,990) dengan alpha 5% dan (dk sama dengan 46 + 36 – 2 = 80) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media buku cerita tiga dimensi terhadap keterampilan menulis cerita pendek Kelas IV SD.

Author Biographies

Ida Ayu Gede Pradnya Suari, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar, FIP

M.G Rini Kristiantari, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar, FIP

References

Agung, A. A. Gede. (2014). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Agung, Anak Agung Gede. (2016). Statistika Dasar untuk Pendidikan. Deepublish.

Aprelia Dea Ayu, Sunan Baedowi, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar Ilmu, 7(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19400.

Ardana, I. K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Prakarya dan Kewirausahaan Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17102. DOI: https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17102

Artawan, P. G. O., Kusmariyatni, N., & Sudana, D. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 452. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29456. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29456

Astiti, N. K. A., Kristiantari, M. G. R., & Saputra, K. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Journal of Education Action Research, 5(3), 409–415. https://doi.org/10.23887 /jear.v5i3.36695. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.36695

Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. PT. Raja Grafindo Persada.

Dewi, V. P., Doyan, A., & Soeprianto, H. (2017). Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v3i1.102. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v3i1.102

Diputra, K. S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 125. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8475. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8475

Hannya, & Kristin, F. (2020). Meta Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 529–536. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.29462.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Kencana.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (22nd ed.). Alfabeta.

Widiasworo. (2018). Strategi Pembelajaran Edutaiment Berbasis Karakter. AR-Ruzz Media.

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Pradnya Suari, I. A. G., & Kristiantari, M. R. (2023). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Buku Cerita Tiga Dimensi Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(1), 65–70. https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44981

Issue

Section

Articles