Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44985Keywords:
Creative Problem Solving, Self ConfidenceAbstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika kelas V SD. Eksperimen semu (quasi eksperiment) merupakan jenis penelitian ini, dan memakai rancangan Non Equivalent Control Group Design. Semua kelas V SD adalah populasi yang ditetapkan. Sampel pada penelitian ini didapatkan dari teknik cluster random sampling yakni kelas V sebanyak 38 siswa menjadi kelompok eksperimen dan kelas V SD sebanyak 35 siswa menjadi kelompok kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini dilaksanakan melalui metode non tes yaitu angket (kuesioner) dan observasi. Kemudian data dianalisis dengan uji-t menggunakan rumus polled varians. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan self confidence dalam pembelajaran matematika antara kelompok yang kegiatan belajarnya menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan kelompok yang mengikuti kegiatan belajar melalui pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil penghitungan uji-t yang menghasilkan thit sama dengan 2,5754 lebih dari ttab sama dengan 1,9939 dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen 83,15 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 79,28. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwasanya model pembelajaran Creative Problem Solving memiliki pengaruh terhadap self confidence dalam pembelajaran matematika kelas V SD.
References
Agung, A. A. G. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2). https://doi.org/10.33449/jpmr.v3i2.7520.
Andayani, M., & Zubaidah, A. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika, 2(2), 147–153. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4279. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4279
Bahar, & Risnawati. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III. Jurnal Penelitian Dan Penalaran, 9(4), 77–86. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.8446. DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.8446
Dewi, N. W. I. S., Suarsana, I. M., & Suryawan, I. P. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Masalah Autentik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 12(1), 26–41. https://doi.org/10.23887/wms.v12i1.13828. DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3509
Dini, M., Wijaya, T. T., & Sugandi, A. I. (2018). Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 3(1), 1. https://doi.org/10.24269/js.v3i1.936. DOI: https://doi.org/10.24269/js.v3i1.936
Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 93. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2591. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2591
Khoiriyah, A., Biologi, H. H.-J. (Jurnal P., & 2018, undefined. (2018). Problem-based learning: Creative thinking skills, problem-solving skills, and learning outcome of seventh grade students. Ejournal.Umm.Ac.Id, 4(2), 151–160. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i2.5804. DOI: https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i2.5804
Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 1–10. http://journal.uad.ac.id/index.php/PSIKOPEDAGOGIA/article/view/4474. DOI: https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4474
Lestari, N. A. P. (2019). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Kovariabel Kemampuan Numerik dan Kemampuan Verbal. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 72. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.12845. DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.12845
Martyanti, A. (2016). Keefektifan pendekatan problem solving dengan setting STAD dan TAI ditinjau dari prestasi dan self-confidence. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9825. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9825
Martyanti, Adhetia, & Suhartini, S. (2018). Etnomatematika: Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Budaya dan Matematika. IndoMath: Indomanesian Mathematics Education, 1(1), 35–41. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2212. DOI: https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2212
Nopitasari, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 103–112. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.22. DOI: https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.22
Nurqolbiah, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Berpikir Kreatif dan Self-Confidence Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 2(2), 143–156. https://doi.org/10.37058/jp3m.v2i2.166.
Prabandari, A. S., & Kristin, F. (2021). Pengembangan LKS IPS Berbasis Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 355–363. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.309. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.309
Puspita, L., Supriadi, N., & Pangestika, A. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Disertai Teknik Diagram Vee Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Materi Fungi Kelas X MAN 2 Bandar Lampung. Biosfer : Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 01. https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2871. DOI: https://doi.org/10.24042/biosf.v9i1.2871
Rustan, E., & Bahru, M. S. (2018). Penguatan Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i1.282. DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i1.282
Sugiharni, G. A. D. (2018). The Development of Interactive Instructional Media Oriented to Creative Problem Solving Model on Function Graphic Subject. Journal of Educational Reserach and Evaluation, 2(4), 183–189. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jere.v2i4.16694. DOI: https://doi.org/10.23887/jere.v2i4.16694
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (Cet.1). Alfabeta.
Sulfemi, W. B. (2020). Pengaruh Rasa Percaya Diri Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 157–179. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.557. DOI: https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.557
Syam, A., & Amri. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswaprestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Biotek, 5(1), 87–102. https://doi.org/10.24252/jb.v5i1.3448.
Syazali, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Media Maple 11 Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 91–98. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.58. DOI: https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i1.58
Wahana, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan High Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kompetensi Teks Deskripsi Kelas VII. Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 298–305.
Yayuk, E., Purwanto, As’ ari, A. R., & Subanji. (2020). Primary School Students’ Creative Thinking Skills in Mathematics Problem Solving. European Journal of Educational Research, 9(3), 1281–1295. DOI: https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1281
Yuliani, I., Kanzunnudin, M., & Rahayu, R. (2018). Penerapan Model Creative Problem Solving Berbantuan Media Bongkar Pasang untuk Peningkatan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Sekolah Dasar. Anargya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 29–36. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2283. DOI: https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2283
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.