Media Pembelajaran Video Animasi Muatan IPA Materi Siklus Makhluk Hidup Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.50965Keywords:
Media, Animasi, IPAAbstract
Kurangnya media pembelajaran disebabkan karena guru kurang mampu mengembangkan secara inovatif terutama untuk pembelajaran daring. Padahal dalam memanfaatkan media sangat membantu siswa untuk menerima informasi. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran Video Animasi Muatan IPA Materi Siklus Makhluk Hidup Kelas IV SD. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu 2 ahli materi, 2 ahli desain pembelajaran dan 2 ahli media pembelajaran. Subjek uji coba yaitu 2 guru dan siswa berjumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data yaitu dengan metode non tes. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif, dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian dari desain pembelajaran mendapatkan nilai presentase keseluruhan diperoleh skor sejumlah 81 % (baik), ahli isi materi pembelajaran yaitu 96% (sangat baik), dan ahli desain pembelajaran yaitu 88,5% (baik). Hasil penilaian dari respon guru yaitu 94% (sangat baik) dan siswa 91,69% (sangat baik). Disimpulkan bahwa animasi mendapatkan kualifikasi sangat baik dan layak digunakan.
References
Abbas, M, L, H. (2019). Penerapan Animasi Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pada Materi Tekanan. Ed-Humanistics, 4(1), 509–515. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i1.359. DOI: https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v4i1.359
Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, 5(1), 19. https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010. DOI: https://doi.org/10.19184/jukasi.v5i1.8010
Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1331
Aisyah, S., & Muhammad Alif Kurniawan. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 48–56. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195. DOI: https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195
Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Mannuruki. Journal of Educational Science and Technology, 2(2), 81–90. https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v2i2.2561
Alfianti, A., Taufik, M., Hakim, Z. R., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Video Animasi Pada Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku. Indonesian Jurnal of Elementary Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2927.g1791. DOI: https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2927
Ali, M. K., & Maksum, H. (2020). Utilization of E-Learning-Based ICT Learning Using the Google Classroom Application During the COVID-19 Pandemic. Journal of Education Research and Evaluation, 4(4), 373. https://doi.org/10.23887/jere.v4i4.29181. DOI: https://doi.org/10.23887/jere.v4i4.29181
Alnajdi, S. M. (2018). The Effectiveness of Designing and Using a Practical Interactive Lesson based on ADDIE Model to Enhance Students’ Learning Performances in University of Tabuk. Journal of Education and Learning, 7(6), 212. https://doi.org/10.5539/jel.v7n6p212. DOI: https://doi.org/10.5539/jel.v7n6p212
Alphian, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV-B melalui Pemanfaatan Media Audio-Visual (Film Projector) SD Negeri Kompleks IKIP 1 Kota Makassar. Pembelajar Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.7098. DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.7098
Andriana, E., Syachruroji, A., Alamsyah, T. P., & Sumirat, F. (2017). Natural science Big Book with Baduy local wisdom base media development for elementary school. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 76–80. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.8674. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.8674
Arditya Isti, L., Agustiningsih, A., & Aguk Wardoyo, A. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Materi Sifat-Sifat Cahaya Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, IV(1), 21–28. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p1-15. DOI: https://doi.org/10.26740/eds.v4n1.p21-28
Argarini, D. F., & Sulistyorini, Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi pada Matakuliah Analisis Vektor. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 209–222. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.95. DOI: https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol3no2.2018pp209-222
Astra, I. M., Nasbey, H., & Nugraha, A. (2015). Development of an android application in the form of a simulation lab as learning media for senior high school students. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 11(5), 1081–1088. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1376a. DOI: https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1376a
Awalia, I., Pamungkas, & Alamsyah. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534.
Awalia, Izomi, Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1). https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534. DOI: https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534
Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus ( COVID-19 ) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937. DOI: https://doi.org/10.29333/pr/7937
Bates, A. (2019). Character education and the ‘priority of recognition.’ Cambridge Journal of Education, 49(6), 695–710. https://doi.org/10.1080/0305764X.2019.1590529. DOI: https://doi.org/10.1080/0305764X.2019.1590529
Candra Dewi, N. M. L., & Negara, I. G. A. O. (2021). Pengembangan Media Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501
Corsi, G. (2020). Education has no end’: Reconciling past and future through reforms in the education system. Educational Philosophy and Theory, 52(6). https://doi.org/10.1080/00131857.2019.1707658. DOI: https://doi.org/10.1080/00131857.2019.1707658
Desnita, D., & Susanti, D. (2017). Science Process Skills-Based Integrated Instructional Materials to Improve Student Competence Physics Education Prepares Learning Plans on Teaching Skills Lectures. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 35. https://doi.org/10.21009/1.03105. DOI: https://doi.org/10.21009/1.03105
Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525.
Efendi, Y., Adi, E., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Media Video Animasi Motion Graphics pada Mata Pelajaran IPA Di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 97–102. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p097 DOI: https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p097
Fikri, M., Ananda, M. Z., & Faizah, N. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.
Hastuti, H. W., Baedowi, S., & Mushafanah, Q. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Berbantu Media Panelpa (Papan Flanel IPA) Terhadap Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 3(2), 108–115. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18513. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18513
Hastuti, T., Hastuti, T., Kristiawan, M., & Mulyadi, M. (2020). The Principal’s Leadership in Improving the Quality of Education. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 22(1), 314–320. https://doi.org/10.26858/ja.v8i1.19126. DOI: https://doi.org/10.26858/ja.v8i1.19126
Hikmah, V. N., & Purnamasari, I. (2017). Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar, 4(2), 182–191. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.6352. DOI: https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v4i2.6352
Huang, Y. (2020). Research on Online Education in the Midst of the COVID-19 Pandemic. Journal of Advances in Education Research, 5(2), 125–137. https://doi.org/10.22606/jaer.2020.52005. DOI: https://doi.org/10.22606/jaer.2020.52005
Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualiatatif deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.364. DOI: https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.364
Islam Sarker, M. N., Wu, M., Cao, Q., Alam, G. M. M., & Li, D. (2019). Leveraging Digital Technology for Better Learning and Education: A Systematic Literature Review. International Journal of Information and Education Technology, 9(7), 453–461. https://doi.org/10.18178/ijiet.2019.9.7.1246. DOI: https://doi.org/10.18178/ijiet.2019.9.7.1246
Jampel, I. N., Fahrurrozi, Artawan, G., Widiana, I. W., Parmiti, D. P., & Hellman, J. (2018). Studying natural science in elementary school using nos-oriented cooperative learning model with the NHT type. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 138–146. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.9863. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.9863
Kasih, F. (2017). Pengembangan Film Animasi dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Kesetimbangan Benda Tegar di SMA. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1737. DOI: https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1737
Kelkay, A. D., & Mola, S. (2020). The status of teachers’ motivation and process of quality education: The case of primary school teachers, Ethiopia. Global Journal of Guidance and Counseling in Schools: Current Perspectives, 10(1), 1–11. https://doi.org/10.18844/gjgc.v10i1.4448. DOI: https://doi.org/10.18844/gjgc.v10i1.4448
Komalasari, K., & Rahmat, R. (2019). Living Values Based Interactive Multimedia in Civic Education Learning. International Journal of Instruction, 12(1), 113–126. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1218a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2019.1218a
Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Tentang Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Kelas Iv Sdn Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119–125. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p119
Laksana, D. N. L. (2020). Implementation of Online Learning in The Pandemic Covid-19: Student Perception in Areas with Minimum Internet Access. Journal of Education Technology, 4(4), 509–509. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29314. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29314
Lidiana, H., Gunawan, G., & Taufik, M. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 33. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.519. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v4i1.519
Lo, J.-H., Lai, Y.-F., & Hsu, T.-L. (2021). The Study of AR-Based Learning for Natural Science Inquiry Activities in Taiwan’s Elementary School from the Perspective of Sustainable Development. Sustainability, 13(3). https://doi.org/10.3390/su13116283. DOI: https://doi.org/10.3390/su13116283
Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750. DOI: https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750
Mailizar, M., Almanthari, A., Maulina, S., & Bruce, S. (2020). Secondary School Mathematics Teachers’ Views on E-learning Implementation Barriers during the COVID-19 Pandemic: The Case of Indonesia. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), em1860. https://doi.org/10.29333/ejmste/8240. DOI: https://doi.org/10.29333/ejmste/8240
Maryanti, S., & Kurniawan, D. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Untuk Pembelajaran Biologi Dengan Aplikasi Picpac. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 8(1), 26–33. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i1.2922. DOI: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i1.2922
Muslina, M., Halim, A., & Khaldun, I. (2018). Kelayakan Media Animasi Hukum Newton II Tentang Gerak Pada Bidang Miring Dan Katrol Di Sma Kabupaten Aceh Besar. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(1), 64–72. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i1.9568. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v1i1.9568
Muthuprasad, T., Aiswarya, S., Aditya, K. S., & Jha, G. K. (2021). Social Sciences & Humanities Open Students ’ perception and preference for online education in India during COVID -19 pandemic. Social Sciences & Humanities Open, 3(1), 100101. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2020.100101. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2020.100101
Noviyanto, T. S. H., Juanengsih, N., & Rosyidatun, E. S. (2015). Penggunaan Media Video Animasi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Edusains, 7(1), 57–63. https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1215. DOI: https://doi.org/10.15408/es.v7i1.1215
Ompi, Sompie, & Sugiarso. (2020). Video animasi interaktif 3d dampak penggunaan gadget pada anak sekolah dasar tingkat awal. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 9(2). https://doi.org/10.35793/jtek.9.2.2020.29717.
Paramita, D. K., Garminah, & Wibawa, I. M. C. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.6954.
Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Mapel Ips. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34–48. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9–19.
Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60–68. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32509.
Puspasari, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 137–152. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702. DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702
Putri, A., Kuswandi, D., & Susilaningsih, S. (2020). Pengembangan Video Edukasi Kartun Animasi Materi Siklus Air untuk Memfasilitasi Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 377–387. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p377
Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768
Risata, M. N., & Maulana, H. (2016). Penerapan Animasi dan Sinematografi dalam Film Animasi Stopmotion “Jenderal Soedirman.” MULTINETICS, 2(2). https://doi.org/10.32722/vol2.no2.2016.pp42-53. DOI: https://doi.org/10.32722/vol2.no2.2016.pp42-53
Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Paradigma: Jurnal Komputer Dan Informatika Univiersitas Bina Sarana Informatika, 21(2). https://doi.org/10.31294/p.v21i2.6019. DOI: https://doi.org/10.31294/p.v21i2.6019
Sabilla, A. F., Irianto, S., & Badarudin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Menggunakan Animasi Powtoon di Kelas IV SD Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 317–322. https://doi.org/10.5281/zenodo.3951014.
Schwarz, V. S., & Hamman-Ortiz, L. (2020). Systemic functional linguistics, teacher education, and writing outcomes for U.S. elementary English learners: A review of the literature. Journal of Second Language Writing, 49. https://doi.org/10.1016/j.jslw.2020.100727. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jslw.2020.100727
Siagian, H., & Simatupang, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Animasi Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Fluida Dinamis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 23(1), 47–54. https://doi.org/10.24114/jpp.v23i1.10000. DOI: https://doi.org/10.24114/jpp.v23i2.10010
Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media pembelajaran: buku bacaan wajib dosen, guru dan calon pendidik.
Susanty, S. (2020). Inovasi pembelajaran daring dalam merdeka belajar. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), 157–166. https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289. DOI: https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289
Sutama, I. P. E., Dibia, I. K., & Margunayasa, I. G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 5. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10683.
Suwatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Crh Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Indonesia Journal of Education & Mathematics Science, 2(2), 240–251. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17633.g10579. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17633
Tanti, T., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Wiza, O. H. (2020). Comparison of Student Attitudes Toward Natural Sciences in Rural Middle Schools in Jambi Province. Ta’dib, 23(1), 63. https://doi.org/10.31958/jt.v23i1.1607. DOI: https://doi.org/10.31958/jt.v23i1.1607
Tanti, T., Kurniawan, D. A., Wirman, R. P., Fitriani, R. S., Pratiwi, N. I. S., & Yuhanis, E. (2020). Relationship Attitude Natural Sciences To Responsibility In Junior High School. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 306–318. https://doi.org/10.24815/JPSI.V8I2.17117. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.17117
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16.
Turşucu, S., Spandaw, J., Flipse, S., Jongbloed, G., & de Vries, M. J. (2018). Teachers’ beliefs systems about improving transfer of algebraic skills from mathematics into physics in senior pre-university education. International Journal of Science Education, 40(12), 1493–1519. https://doi.org/10.1080/09500693.2018.1486520. DOI: https://doi.org/10.1080/09500693.2018.1486520
Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. (2020). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107–112. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.344
Walangadi, H., & Pratama, W. P. (2020). Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Menggunakan Media Video Animasi 2D. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 201. https://doi.org/10.37905/aksara.4.3.201-208.2018. DOI: https://doi.org/10.37905/aksara.4.3.201-208.2018
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 147–157. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154
Widiyasanti, M., Proketen, S. D., & Yogyakarta, N. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489
Zulherman, Amirullah, G., Purnomo, A., Aji, G. B., & Supriansyah. (2021). Development of Android-Based Millealab Virtual Reality Media in Natural Science Learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(1), 1–10. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18218. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18218
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.