E-Modul Berbasis Android untuk Siswa Kidal pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.50978Keywords:
E-Modul, Android, Siswa KidalAbstract
Tujuan penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan validitas e-modul berbasis android untuk siswa kidal kelas IV. Keadaan dilapangan menggambarkan bahwa belum adanya media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa kidal menjadi permasalahan utama dalam penelitian ini. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Hannafin and Peck. Subjek penelitian ini adalah ahli isi ahli desain, ahli media, 3 orang siswa kidal sebagai uji coba perorangan, dan 6 orang siswa kidal sebagai uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Diperoleh hasil uji ahli isi pembelajaran sebesar 94%, uji ahli desain pembelajaran sebesar 98%, uji ahli media pembelajaran 95%, uji coba perorangan sebesar 94,67%, dan uji coba kelompok kecil sebesar 95,33% yang keseluruhan persentase skornya dikualifikasikan sangat baik. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan kenyamanan belajar siswa kidal serta memotivasi guru untuk memperhatikan keragaman karakteristik siswa sehingga tercipta pembelajaran yang ideal.
References
Abdulqodir, A., Sriwarno, A. B., & Isdianto, B. (2014). Kemampuan Adaptasi Orang Kidal terhadap Lingkungan Non Kidal dalam Aktivitas Menulis dan Menggambar (Studi Kasus: Mahasiswa/i FSRD-ITB). ITB Journal of Visual Art and Design, 6(1), 43–57. https://doi.org/10.5614/itbj.vad.2014.6.1.5. DOI: https://doi.org/10.5614/itbj.vad.2014.6.1.5
Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan).
Artiniasih, N. K. S., Agung, A. A. G., & Sudatha, I. G. W. (2019). Pengembangan Elektronik Modul Berbasis Proyek Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal EDUTECH Undiksha, 7(1), 54–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i1.20008.
Asmawati, A., & Dalming, T. (2019). Pengembangan Media Animasi Flash Asam Basa dengan Metode Hannafin dan Peck. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 10(2), 104–112. https://doi.org/10.20527/quantum.v10i2.6907. DOI: https://doi.org/10.20527/quantum.v10i2.6907
Asrial., S., Maison., Kurniawan, A. D., & Piyana, S. O. (2020). Ethnoconstructivism E-Module to Improve Perception, Interest, and Motivation of Students in Class V Elementary School. Indonesian Journal of Education, 9(1), 30–41. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.19222. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.19222
Astalini., Darmaji., Kurniawan, D. A., & Chen, D. (2021). Student’s Perception of Mathematical Physics E-Module on Multiple Integral Material. Journal of Education Technology, 5(4), 531–538. https://doi.org/10.23887/jet.v5i4.33600. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i4.33600
Chaeruman, U. A. (2015). Instrumen Evaluasi Media Pembelajaran. Pustekomdikbud RI.
Darmaji., Astalini., Kurniawan, D. A., Parasdila, H., & Irdianti. (2019). No Title. IJOE: International Journal of Online and Biomedical Engineering, 15(15), 4–17. https://doi.org/10.3991/ijoe.v15i15.10942. DOI: https://doi.org/10.3991/ijoe.v15i15.10942
Fahmi, A. N., Yusuf, M., & Muchtarom, M. (2021). Integration of Technology in Learning Activities: E-Module on Islamic Religious Education Learning for Vocational High school Students. Journal of Education Technology, 5(2), 282–290. https://doi.org/10.23887/jet.v5i2.35313. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v5i2.35313
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529. DOI: https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Gellerstedt, M., Babaheidari, S. M., & Svensson, L. (2018). A first step towards a model for teachers’ adoption of ICT pedagogy in schools. Heliyon, 4(9), 1–17. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2018.e00786. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2018.e00786
Gumulya, D. (2017). Percampuran Budaya Cina, Jawa, dan Belanda pada Budaya Makan Cina Peranakan. Jurnal Desain Komunikasi Visual Dan Multimedia, 3(2), 130–143. https://doi.org/10.33633/andharupa.v3i02.1353. DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v3i02.1353
Hakim, A. L., Anggraini, Y., Fitriani, R., & Haqiqi, A. K. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Transformatif, 3(2), 131–136. https://doi.org/10.23971/tf.v3i2.1353.
Hamid, S. N. M., Lee, T. T., Taha, H., Rahim, N. A., & Sharif, A. M. (2021). No Title. Journal of Technology and Science Education, 11(1), 67–92. https://doi.org/10.3926/jotse.1074. DOI: https://doi.org/10.3926/jotse.1074
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478. DOI: https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478
Laili, I., Ganefri., & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840.
Liu, X., Kong, J., Jiang, M., & Li, S. (2021). Interactive Information Module for Person Re-identification. Journal of Visual Communication and Image Representation, 75. https://doi.org/10.1016/j.jvcir.2021.103033. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jvcir.2021.103033
Mahardhika, P. S. (2021). Analisis Wacana Tangan Kidal pada Grup Facebook KOKI (Komunitas Orang Kidal Indonesia). Jurnal Commercium, 3(3), 168–179. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/37973 .
Mahardika, B. N., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2021). E-Module Application Based on Android in Thematic Learning for 3 grade Elementary Schools. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 13–24. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1322. DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1322
Martin., Syamsuri., Pujiastuti, H., & Hendrayana, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Materi Barisan Dan Deret Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Derivat, 8(2), 72–87. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i2.1927. DOI: https://doi.org/10.31316/j.derivat.v8i2.1927
Masruroh, D., & Agustina, Y. (2021). E-modul berbasis Android sebagai Pendukung Pembelajaran Daring dan Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(6), 559–568. https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p559-568. DOI: https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p559-568
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171. DOI: https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Nurseto, T. (2018). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706. DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Perdana, F. A., Sarwanto., Sukarmin., & Sujadi, I. (2017). Development of E-Module Combining Science Process Skills and Dynamics Motion Material to Increasing Critical Thinking Skills and Improve Student Learning Motivation Senior High School. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(1), 45–54. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i1.5112. DOI: https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i1.5112
Pramana, N. M. G., Sriasih, S. A. P., & Gunatama, G. (2017). Analisis Kesesuaian Materi Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/Mts Kelas VII dengan Karakteristik Siswa Kelas VII A7 di SMPN 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpbs.v7i2.14895.
Prasetyo, D. E., & Handayani, F. (2020). E-Module for Learning Volleyball using Character Based on Adobe Flash CS6. Journal of Education Technology, 4(3), 325–330. https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.28517. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.28517
Sadiman, A. S. (2012). Media Pendidikan. Raja Grafindo Persada.
Salu, B., & Tadius. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 1 Rantepao Kab. Toraja Utara. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(3), 36–53. https://doi.org/10.0901/jkip.v7i3.475.
Saputra, I. M. P., & Putra, D. K. N. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Model Hannafin and Peck pada Muatan IPA Kelas IV. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(1), 88–98. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32085. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32085
Satinem., J., & Noermanzah. (2020). Developing Teaching Material of Poetry Appreciation Based On Students’ Competency Analysis. English Review: Journal of English Education, 8(2), 237–246. https://doi.org/10.25134/erjee.v8i2.2707. DOI: https://doi.org/10.25134/erjee.v8i2.2707
Seruni, R., Munawaroh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2020). Implementation of E-Module Flip PDF Professional to Improve Student’s Critical Thinking Skills Through Problem Based Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042085. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042085
Shodiq, S. F. (2019). Revival Tujuan Pembelajaran Agama Islam (PAI) di Era Revolusi Industri 4.0. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(2), 216–225. https://doi.org/10.24127/att.v2i02.870. DOI: https://doi.org/10.24127/att.v2i02.870
Sudatha, I. G. W., & Tegeh, I. M. (2015). Desain Multimedia Pembelajaran. Media Akademi.
Sukir., Nurkhamid., & Nurdiyansyah. (2019). Kelayakan E-modul Berbasis Android Untuk Mendukung Pembelajaran Aplikasi PLC Sebagai Pengendali Mesin Pengisi dan Penutup Botol Otomatis di SMK. Jurnal Edukasi Elektro, 3(2), 88–98. https://doi.org/10.21831/jee.v3i2.28788. DOI: https://doi.org/10.21831/jee.v3i2.28788
Suleha. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Pelajaran Produktif dalam Rangka Peningkatan Kompetensi Siswa Usaha Perjalanan Wisata di SMK Negeri 1 Samarinda. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur. https://lpmpkaltim.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/06/8.-Isi-Desember-2019-TTS-83-96.pdf .
Sungkono. (2012). Pengembangan Instrumen Evaluasi Media Modul Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta.
Suryani, N. P. L., Utoyo, S., Jamin, N. S., & Juniarti, Y. (2021). Pengembangan E-Modul Metode Total Physical Response dalam Mengenalkan Kosakata pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Nusa Indah. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 6(2), 41–49. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/6702.
Switri, E. (2019). Bimbingan Konseling Anak Usia Dini (1st ed.). Qiara Media.
Syaputra, A., & Hasanah, E. (2021). Manajemen Kurikulum dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 208–224. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/4882. DOI: https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Tegeh, I. M., & Sudatha, I. G. W. (2019). Model-Model Desain Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Yayang, E., & Eldarini. (2019). Pengembangan E-Modul berbasis Web dengan Menggunakan Aplikasi Moodle pada Mata Kuliah Pengelolaan Perpustakaan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(1), 25–36. https://doi.org/10.17509/e.v18i1.14113. DOI: https://doi.org/10.17509/e.v18i1.14113
Yunianto, T., & Rokhimawan, M. A. (2021). Analisis Kesesuaian Materi IPA dalam Buku Siswa Kelas IV Semester 1 SD/Mi Dengan Kurikulum 2013. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 13(1), 43–51. https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.22237. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v13i1.22237
Zaluchu, S. E. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif di dalam Penelitian Agama. Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 28(1), 28–38. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167. DOI: https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.