Perangkat Pembelajaran Berbasis Phenomenon Base Learning Untuk Meningkatkan Kecakapan Multiliterasi pada Siswa Kelas IV

Authors

  • Made Selly Handayani Putri Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Perangkat Pembelajaran, Phenomenon Based Learning, Multiliterasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis phenomenan base learning, kevaliditasan perangkat pada ahli, kepraktisan pada praktisi atau guru pengembangan perangkat dan keefektivitasan pada siswa perangkat pembelajaran untuk meningkatkan kecakapan pada siswa kelas 4 muatan (IPAS) Sains dan sosial di SD Negeri 1 Penarukan.  Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian dengan model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Pada penelitian pengembangan ini, terdapat dua jenis data yang akan dikumpulkan yang akan diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu perangkat yang dihasilkan bersifat valid yang dari hasil penilaian ahli, praktisi dan uji coba kepada siswa.  

References

Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi. PT Refika Aditama.

Amir, M. F., & Kusuma W, M. D. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 117. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.538

Aprinta, G. (2013). Fungsi Media Online Sebagai Media Literasi Budaya Bagi Generasi Muda. Jurnal The Messenger, 5(1), 16. https://doi.org/10.26623/themessenger.v5i1.218

Ardiyanti, F., & Winarti. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Fenomena untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Kaunia, 9(2), 27–33.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). العادیین. Journal of Education and Language Research, 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Binmuslim, N. (2019). Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran. 09(02), 193–210. https://www.coursehero.com/file/52663366/BELAJAR-DAN-PEMBELAJARAN1-convertedpdf/

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Candiasa, I. M. (2011). Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Undiksha Perss.

Dafit, F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 87–100. https://doi.org/10.24036/jippsd.v1i1.7937

Darmayanti, Suarni, & Arnyana. (2021). Pengembangan Tes Hasil Belajar Ips Dan Kuesioner Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 21–31. https://doi.org/10.23887/jpepi.v11i1.274

Dewi, G., & Nur, L. (2014). Gina Dewi Lestari Nur, 2014 Pembelajaran Vokal Grup Dalam Kegiatan Pembelajaran Diri di SMPN 1 Panumbangan Ciamis Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. Yoanda Amallya, 2008–2010.

Handayani, T. S., & Suharyanto. (2016). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Ranah Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(6), 384–389. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pfisika/article/view/1957/5916.

Hastuti, S., & Lestari, N. A. (2018). Gerakan Literasi Sekolah : Implementasi Tahap Pembiasaan Dan Pengembangan Literasi. BASA TAKA Universitas Balikpapan, 1(2), 29–34.

Hidayat, M. H., Basuki, I. A., & Akbar, S. (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 810–817.

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.108-118

Islami, S. (2022). Pengembangan LKPD IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. 8(4), 2642–2648. https://doi.org/10.36312/jime.v8i4.3895/http

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(9), 1–58.

Khanasta, I., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Fenomena Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Yapis Manokwari. Wahana Didaktika, 14(September), 1–161. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v14i3.1081

Koyan, I. W. (2011). Asesmen Dalam Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha

Laila, V., Hadi, S., & Subanji, S. (2019). Pelaksanaan Pendidikan Literasi Finansial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1491. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13016

Lonka, K. (2018). Phenomenal Learning from Finland. Edita Publishing.

Mutji, E., & Suoth, L. (2021). Literasi Baca Tulis Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103–113. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133

Naik, R. P. (2019). Phenomenon-Based Learning in Finland. 81.

Narut, Y. F., & Supradi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.

Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Paradigma Pendidikan Abad Ke- 21. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(2). https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i2.1862

Pareken, M., Palloan, P., & Patandean, A. J. (2016). Penerapan model pembelajaran berbasis fenomena terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 11(3), 214-221.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066

Pratiwi, N., & Pritanova, N. (2017). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Psikologis Anak Dan Remaja. Semantik, 6(1), 11. https://doi.org/10.22460/semantik.v6i1p11.250

Putri, T. L., Azizahwati, A., & Islami, N. (2018). Effectiveness of Phenomenon Based Learning (Phenobl) Model Application for Improving Student Learning Results in Optical Materials. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 53. https://doi.org/10.31258/jgs.6.1.53-59

Rahman, F. A., & Damaianti, V. S. (2019). Model Multiliterasi Kritis Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 27–34.

Rasi, P., Kangas, M., & Ruokamo, H. (2019). Promoting Multiliteracy in The Finnish Educational System. Introduction to the Finnish Educational System, 96–157. https://doi.org/10.1163/9789004394278

Ridha Aulia Putri, S. L. H. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Rizkiyani, N., Syachruroji, A., & Setiawan, S. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BRILIAN BERBASIS HUBUNGAN GAYA DAN GERAK Development Of Brilliant Comic Media Based on Multilitary Learning On Concept of Force and Motion. 14(01), 63–78.

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829

Saepudin, E., Damayani, N. A., & Rusmana, A. (2018). Model literasi budaya masyarakat Tatar Karang di Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 14(1), 1. https://doi.org/10.22146/bip.33315

Sakdulloh, M., Hidayah, U., & Halili, H. R. (2022). Model Pembelajaran Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Holistik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 530–538.

Saomah, A. (2017). Implikasi Teori Belajar Terhadap Pendidikan Literasi. Pendidikan, 10.

Sari, B. K. (2017). Desain Pembelajaran Model Addie Dan Implementasinya Dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 87–102.

Shifa, N., & Hidayah, R. (2020). Validity of Android Based Element Adventure Game As Learning Media Chemical Element. Unesa Journal of Chemical Education, 9(3), 371–378.

Smp, P., Pendidikan, D., & Tebing, K. (2022). Peningkatan Kemampuan Guru Smp Negeri 10 Kota Tebingtinggi Dalam Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan. 92–106.

Suswaningsih. (2018). Fakultas Agama Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam (V/B) Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Osf.Io, 1–17. https://osf.io/mytdr/download/?format=pdf

Sutarti, T., & Irawan, E. (2017). Kiat sukses meraih hibah penelitian pengembangan. Deepublish.

Sutisna, I. P. G. (2020). Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. STILISTIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(2), 268–283. https://doi.org/10.5281/zenodo.3884420

Symeonidis, V., & Schwarz, J. F. (2016). Phenomenon-Based Teaching and Learning through the Pedagogical Lenses of Phenomenology: The Recent Curriculum Reform in Finland. Forum Oświatowe, 28(December), 31–47.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2019). Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sma Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia, 10(2), 178–187.

Tanjung, & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia, 9(2), 56–70.

Tur Rosidah, C., Sulistyawati, I., Achmad Fanani, A., & Pramulia, P. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Pembelajaran Tematik Berbasis Tik: Ppm Bagi Guru Sd Hang Tuah X Sedati. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 660–666. https://doi.org/10.31949/jb.v2i3.1319

Visiuniversal. (2019). Pengertian Pendidikan. Universal Pendidikan, april 2017, 8–22. https://unpendidikan.blogspot.com/2019/02/pengertian-pendidikan.html

Yuliati, Y. (2017). LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2).

Zabala, J. (2017). нской организации по разделу «Эпидемиологическая безопасностьNo Title. Manajemen Asuhan Kebidanan Pada Bayi Dengan Caput Succedaneum Di Rsud Syekh Yusuf Gowa Tahun, 4, 9–15.

Zakaria Ansori, Y. (2019). Media Publikasi pada Bidang Pendidikan Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 112. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/CP/article/download/1370/1250

Published

2023-01-27

How to Cite

Handayani Putri, M. S. (2023). Perangkat Pembelajaran Berbasis Phenomenon Base Learning Untuk Meningkatkan Kecakapan Multiliterasi pada Siswa Kelas IV. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/57868

Issue

Section

Articles