Pengaruh Model Problem-Based Learning Berbantuan Alat Peraga Benda Konkret terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas III di Gugus IV Mengwi

Authors

  • Shomia Anjali I Gusti Agung Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Alat Peraga, Konkret, Numerasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem-based learning berbantuan alat peraga benda konkret terhadap kemampuan numerasi siswa kelas III di Gugus IV Mengwi tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-experimental atau eksperimen semu dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III di Gugus IV Mengwi yang terdiri dari 9 kelas dalam 8 Sekolah Dasar yaitu sebanyak 232 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIIA SD No. 1 Lukluk sebanyak 23 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas III SD No. 3 Lukluk sebanyak 27 orang sebagai kelompok kontrol. Data kemampuan numerasi diperoleh dengan memberikan instrumen berupa tes objektif bentuk pilihan ganda biasa. Rerata GSn kemampuan numerasi siswa kelompok eksperimen lebih dari rerata GSn kemampuan numerasi siswa kelompok kontrol yaitu . Data kemampuan numerasi selanjutnya dianalisis dengan uji t. Nilai  >  yaitu . Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan numerasi antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model problem-based learning berbantuan alat peraga benda konkret dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan metode ceramah pada kelas III di Gugus IV Mengwi Tahun Ajaran 2022/2023. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem-based learning berbantuan alat peraga benda konkret berpengaruh terhadap kemampuan numerasi siswa kelas III di Gugus IV Mengwi tahun ajaran 2022/2023.

References

Aeni, N. (2022). Kenali Peserta Didikmu. Penerbit KBM Indonesia.

Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857–2868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829

Anwar, A., & Usa, S. La. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Kubus Satuan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pokok Bahasan Volume Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(November), 43–48. https://doi.org/10.55340/japm.v6i1.194

Armin, R., & Ulu, N. L. La. (2022). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Batang Napier Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD Negeri 2 Bataraguru. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 9(1), 156–162. https://doi.org/10.55340/japm.v8i2.881

Aulia, D., Darmansyah, D., & Fitria, Y. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Sd. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 12(3), 276. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i3.40181

Basiran, B., Supriadi, S., & Suroyo, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemahaman Geometri Ditinjau Dari Gaya Belajar Visual Spasial Siswa SD Kelas V Di Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 1148–1154. https://doi.org/10.22437/jssh.v5i2.16530

Cicilia, F., Reffiane, F., & Sari Setianingsih, E. (2022). Keefektifan Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Media Audio Visual Dan Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 6 Panas Dan Perpindahannya Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan Untuk Siswa Kelas 5 Sdn 6 Bangsri. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 776–784. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.350

Dewa Ayu Widya Trisna Dewi, I Made Sila, & Karang Widiastuti, N. L. G. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Quizizz Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa SD Gugus VII Kecamatan Ubud. Widya Accarya, 13(2), 145–152. https://doi.org/10.46650/wa.13.2.1278.145-152

Ekowati, D. W., & Suwandayani, B. I. (2018). Literasi Numerasi untuk Sekolah Dasar. UMMPress.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338

Hera, R., & Sari, N. (2015). Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY.

Hoke, M., Dungus, F., & Makahinda, T. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Gaya Pegas. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(3), 189–195. https://doi.org/10.53682/charmsains.v2i3.129

Iriani, N., Sari, R., Sudjud, S., Safrin, A., Surianti, Nugraheni, D., Lisarani, V., & Nuraya, T. (2022). Metodologi Penelitian. Rizmedia Pustaka Indonesia.

Islamiyah, Z. H., & Lestari, W. E. (2018). Pengaruh Model Project-Based Learning Berbasis Alat Peraga Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII MTS Raudhatul Thalabah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 139–148. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.300

Jayantika. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik dengan SPSS. Deepublish.

Juandi, J., Firdaus, M., & Oktaviana, D. (2020). Pengembangan Alat Peraga Papan Perkalian Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 95–104. https://doi.org/10.24127/emteka.v1i2.580

Juhaeriah, D., Hidayat, S., & Sudrajat, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Lkpd Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 157–165. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.495

Juliantini, L. S., Jampel, I. N., & Sujendra Diputra, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 8–17. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24304

Kismiati, K., Nurlaeli, N., & Raharjeng, A. R. P. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantu Media Alat Peraga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Ipa Pada Materi Sistem Peredaran Darah. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 4(1), 18–21. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v4i1.1730

Madison, B. L., & Arthur Steen, L. (2003). Quantitative Literacy: Why Numeracy Matters for Schools and Colleges.

Maemunah, D., & Wahidin, W. (2022). Pengaruh Experiental Learning Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa SD Berdasarkan Teori Bruner. Jurnal Basicedu, 6(4), 5632–5637. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3041

Magenda, B., & Tumbel, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Berbantuan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 4 Melonguane. SCIENING : Science Learning Journal, 1(2), 31–35. https://doi.org/10.53682/slj.v1i2.550

Mardiani, N., & Hermawan, B. (2020). Perbandingan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dengan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Kesehatan, 7(1). https://doi.org/10.38165/jk.v7i1.122

Mawarsari, N., & Wardani, K. W. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Numerasi pada Kurikulum Merdeka Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5461–5465. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1177

Mukaromah, L. (2021). Pengaruh Model Game Based Learning Berbantuan Media Kubus Magic Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa Kelas I. Borobudur Educational Review, 1(02), 10–21. https://doi.org/10.31603/bedr.5663

Ninawati, M., Wahyuni, N., & Rahmiati, R. (2022). Pengaruh Model Artikulasi Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Rendah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 893–898. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2433

Nursobah, A. (2019). Perencanaan Pembelajaran MI/SD. Duta Media Publishing.

Nurwijaya, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 5. https://doi.org/10.30596/jmes.v2i1.6874

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish.

OECD. (2022). PISA - PISA.

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645

Prima, D., Nastiti, P., Cholifah, P. S., & Umayaroh, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN pada Materi Kegiatan Ekonomi. 2(10), 961–973. https://doi.org/10.17977/um065v2i102022p961-973

Pusmendik. (2022). Rapor Pendidikan Publik.

Puspitasari, R. P., Sutarno, S., & Dasna, I. W. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(4), 503. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i4.13371

Ramadhani, S., & Khairuna, K. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Fishbone Materi Biologi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Basicedu, 6(5), 8405–8413. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3840

Safitri, A., Wahyuni, R., & Husnidar, H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga Papan Statistika Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 44–49. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.675

Septiani, Y. D., Lubis, P., & Ratnaningdyah, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sma. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 45. https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3446

Simbolon, A. K. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Didactical Mathematics, 3(2), 20–28. https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1514

Subakti, H., Watulingas, K. H., Haruna, N. H., Ritonga, M. W., Simarmata, J., Fauzi, A., Ardiana, D. P. Y., Rahmi, S. Y., Chamidah, D., & Saputro, A. N. C. (2021). Inovasi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Wahono, Hasiana, I., Vinayastri, A., Asy’ari, Hermoyo, P., & Sumatri, S. (2022). Perkembangan Anak. yayasan pendidikan cendekia muslim.

Wati, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Mobile Learning Terhadap Kemampuan Kolaborasi Matematika Siswa Kelas IV SD. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 5(1), 56–64. https://doi.org/10.31605/ijes.v5i1.1834

Published

2023-02-05

How to Cite

I Gusti Agung, S. A. (2023). Pengaruh Model Problem-Based Learning Berbantuan Alat Peraga Benda Konkret terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas III di Gugus IV Mengwi. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/58280

Issue

Section

Articles