Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa

Authors

  • Ni Komang Ayu Krisnari Dewi Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually, Kompetensi Pengetahuan Matematika, Pembelajaran Matematika

Abstract

Kebiasaan mencatat dan mendengarkan tanpa memahami penjelasan guru masih sering terjadi di sekolah. Hal ini menyebabkan kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas V di SD Negeri Gugus I Kecamatan Kuta Selatan masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intelectually terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu dan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 344 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Uji ANAKOVA. Hasil analisis data diperoleh Fhitung (30,34) lebih besar daripada Ftabel (4,03) taraf signifikansi 5% dk penyebut = 1 dan dk pembilang = 52, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas V SD.

The habit of taking notes and listening without understanding the teacher's explanation is still common in schools. This causes the competency knowledge of Mathematics of class V students at SD Negeri Gugus I, Kuta Selatan still low. This study aims to determine the effect of the Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually learning model on the competence of Mathematics knowledge of fifth grade elementary school students. This type of research is quantitative with quasi-experimental design and nonequivalent control group design. The population in this study was 344 students. The data collection method used multiple choice tests. Research data were analyzed using the ANAKOVA test. The results of data analysis obtained that Fcount (30.34) is greater than Ftable (4.03) with a significance level of 5% dk denominator = 1 and dk quantifier = 52, so H0 is rejected and Ha is accepted.. There is a significant difference in the competency knowledge of Mathematics between groups of students who are taught using the Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually learning models and groups of students who are not taught with the Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually learning models. It can be concluded that the Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually learning models have an effect on the competence of Mathematics knowledge of fifth grade elementary school students.

References

Agung, A. A. G. (2021). Statistika Dasar untuk Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G., Parmiti, D. P., & Mahadewi, L. P. P. (2022). Buku Ajar Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Digitalisasi dan Aplikasinya. Universitas Pendidikan Ganesha.

Agustini, N. K. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Kontribusi Konsep Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 70–79. https://doi.org/10.23887/JJPGSD.V8I1.24580

Anggreni, I. G. A. S., Wiarta, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran (SAVI) Berbasis (TIK) Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 15–24. https://doi.org/10.23887/JP2.V3I1.24357

Arikunto, & Suharsimi. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.

Cahyono, T. (2015). Statistik Uji Normalitas. Yayasan Sanitarian Banyumas (Yasamas).

Cantona, I. G. E., & Sudarma, I. K. (2020). Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Mind Mapping Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 269–279. https://doi.org/10.23887/JP2.V3I2.26615

Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204–214. https://doi.org/10.23887/JPPP.V4I2.26781

Herman, A., Hamdani, I. M., & Yusal, M. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Somatic, Auditory, Visualization, Intelectual (SAVI) terhadap Minat untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Guru Membangun, 41(2), 69–78. https://doi.org/10.26418/GM.V41I2.58560

Kencanawati, S. A. M. M., Sariyasa, S., & Hartawan, I. G. N. Y. (2020). Pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Pythagoras: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 15(1), 13–23. https://doi.org/10.21831/PG.V15I1.33006

Murti, E. D., Nasir, N., & Negara, H. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Model Pembelajaran SAVI ditinjau dari Kemandirian Belajar Matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 119–129. https://doi.org/10.24042/DJM.V2I2.4072

Nainggolan, M., Sofia Tanjung, D., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2617–2625. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I4.1235

Nirwana, N., Susanti, E., & Susanto, D. (2021). Pengaruh Penerapan Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Infinity Journal, 7(4), 251–258. https://doi.org/10.22460/INFINITY.V2I2.35

Puspitasari, A., & Wiyat Purnanto, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) dengan Media Hide dan Seek Puzzle terhadap Hasil Belajar IPA. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 10(2), 137–148. https://doi.org/10.31603/EDUKASI.V10I2.2545

Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 102–111. https://doi.org/10.17509/JPGSD.V4I2.20489

Salamah, Gading, I. K., & Bayu, G. W. (2021). Dampak Positif Penggunaan Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Indonesian Journal of Instruction, 2(3), 103–115. https://doi.org/10.23887/IJI.V2I3.44515

Sari, E. I. (2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran Savi Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 44–50.

Setyosari, P. (2020). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Perandamedia.

Subakti, H., Watulingas, K. H., Haruna, N. H., Ritongga, M. W., Simarmata, J., Ardiana, D. P. Y., Rahmi, S. Y., Chamidah, D., & Saputro, A. N. C. (2021). Inovasi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Sutarna, N. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC AUDITORY VISUAL INTELLECTUALY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Profesi Pendidikan Dasar, 5(2), 119–126. https://doi.org/10.23917/PPD.V1I2.6068

Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1). https://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/inovasipendidikan/article/viewFile/2281/1798

Utama, W. A., Suniasih, N. W., & Putra, D. K. N. S. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBASIS OPEN ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SD GUGUS III SUKAWATI. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/JJPGSD.V2I1.3190

Veriansyah, I. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intelegtuality) terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMA Negeri 6 Pontianak. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 7(1), 71–80. https://doi.org/10.26737/JPIPSI.V7I1.3029

Wardani, F. P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 1(2). https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/188

Wijaya, I. K. P., Bayu, G. W., & Sumantri, M. (2021). Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI) Berbantuan Icebreaker Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 54–60. https://doi.org/10.23887/JIPPG.V4I1.27979

Wulandari, T. (2020). Konsep dan Praksis Pendidikan Multikultural. UNY Press.

Yulia, Shasliani, & Isnawati. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Savi (Somatic, Auditory, Visual dan Intellectualy) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV UPT SDN 106 Pinrang. In Jurnal Publikasi Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.

Yuliana, D., & Sisma, R. U. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 52–92. https://doi.org/10.47668/PKWU.V7I1.19

Published

2023-02-22

How to Cite

Ni Komang Ayu Krisnari Dewi. (2023). Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa . Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/58429

Issue

Section

Articles