Efektivitas Panduan Penulisan Artikel Ilmiah Terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa Pendidikan Komputer

Authors

  • Bhujangga Ayu Putu Priyudahari Universitas Musamus
  • Muhammad Adityar Putman Hasnur Universitas Musamus

Keywords:

panduan penulisan artikel, kemampuan menulis, pendidikan komputer

Abstract

Kemampuan menulis mahasiswa yang masih terbatas. Dengan kualitas tulisan pada katagori yang kurang layak. Dengan kata lain, masih banyaknya mahasiswa yang mengalami masalah dalam penulisan tugas akhir baik itu skripsi ataupuan artikel ilmiah. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui efektifitas panduan penulisan artikel ilmiah terhadap kemampuan menulis mahasiswa. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester II yang mendapatkan mata kuliah karya tulis ilmiah, yang berjumlah 46 orangs. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes.Teknik analisis statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan data yang diperoleh. Analisis infrensial digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Pengujian hipotesis digunkan adalah Uji t digunakan untuk menguji tingkat signifikan dari pengaruh variabel independen secara parsial terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran dengan panduan penulisan artikel ilmiah efektif menigkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Hal ini dilihat dari adanya perbedaan nilai rata-rata kemampuan menulis mahasiswa. Sehingga bisa direkomendasikan panduan ini bisa digunakan sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan menulis

References

Ainina, I. A. (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education, 3(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/download/578/481

Aisiah, A., & Firza, F. (2019). Kendala yang Dihadapi Mahasiswa Jurusan Sejarah dalam Menulis Proposal Skripsi. Diakronika, 18(2), 90. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol18-iss2/70

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah. Mimbar Ilmu, 26(3), 400. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40678

Didiharyono, & Qur’ani, B. (2019). Increasing Community Knowledge Through the Literacy Movement. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17. https://doi.org/10.35914/tomaega.v2i1.235

Graham, S. (2019). Changing How Writing Is Taught. Review of Research in Education, 43(1), 277–303. https://doi.org/10.3102/0091732X18821125

Hakim, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Student Active Learning dan Motivasi Berprestasi terhadap Kemampuan Menulis Karya tulis Ilmiah Mahasiswa (Eksperimen pada Mahasiswa Prodi Muamalah IAIN Ponorogo). Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 107–118. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i1.18

Huber, M. M., Leach-López, M. A., Lee, E., & Mafi, S. L. (2020). Improving accounting student writing skills using writing circles. Journal of Accounting Education, 53, 100694. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2020.100694

Kurniadi, F. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Dengan Media Aplikasi Pengolah Kata. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 267–277. https://doi.org/10.21009/aksis.010208

Kuswandari, A. H., Slamet, S. Y., & Setiawan, B. (2018). Kontribusi Kemampuan Berpikir Kritis Sebagai Konstruksi Peningkatan Keterampilan Menulis Esai. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 4(1). https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.2410

Puji Hastuti, K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Geografi Melalui Pembelajaran Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, Society). Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 4(2), 117–126. https://doi.org/10.29408/geodika.v4i2.2642

Seran, W. A., Utomo, D. H., & Handoyo, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Study Berbantuan Video Conference terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(2), 142–152. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13157

Suratman, Ilyas, & Mariamah. (2021). Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Penerapan Metode Drill. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 10–17. https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2301

Wicaksono, A. (2017). Peran Media Audio dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Apresiasi Cerita Pendek. SHAHIH : Journal of Islamicate Multidisciplinary, 2(1), 67. https://doi.org/10.22515/shahih.v2i1.670

Windasari, T. S., & Sofyan, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(4), 6. https://doi.org/DOI: doi.org/10.21009/JPD.0101.01

Yuliansah. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint Berbasis Animasi. Jurnal Efisiensi, XV(2), 24–32. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Candrasangkala/article/download/2886/2253

Published

2023-07-18

How to Cite

Putu Priyudahari, B. A., & Putman Hasnur, M. A. . (2023). Efektivitas Panduan Penulisan Artikel Ilmiah Terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa Pendidikan Komputer. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/59835

Issue

Section

Articles