Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V Dengan Penggunaan Model Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual

Authors

  • Ni Made Sintya Pradnyawati Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Talking Stick, Audio Visual, Kompetensi Pengetahuan IPA

Abstract

Rendahnya daya serap siswa dan keaktifkan siswa pada proses pembelajaran berdampak pada menurunnya kompetensi pengetahuan IPA yang disebabkan karena kurangnya pengunaan model pembelajaran yang bervariasi pada saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Talking Stick berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 436 siswa, penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah instrumen berupa tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis statistik inferensial uji Anakova, hasil analisis hipotesis diperoleh bahwa F-hitung = 5,94 > F-tabel = 4,00 dengan dk penyebut = 59 pada taraf signifikansi 5%, sehingga H0 ditolak H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Talking Stick berbantuan media audio visual berdampak positif yang signifikan dalam meningkatkan kompetensi pengatahuan IPA pada siswa Sekolah Dasar.

References

Agung, A. A. G. (2014). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A A G. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Anderson, L. W. (2020). Taxonomies of educational objectives as bases for curriculum planning. In Oxford Research Encyclopedia of Education. https://doi.org/10.1093 /acrefore/ 97801902 6409 3.013.1038

Antari, A. (2020). Pengaruh Model Ati Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(1), 136–146. https://bit.ly/3UQaCkJ

Gusdiana, P., Egok, A. S., & Firduansyah, D. (2020). Pengembangan Kotak Permainan Spinning Wheel pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN 69 Lubuklinggau. Linggau Jurnal of Elementary School Education, 1(2), 41–50. https://jurnal. lp3mkil.or.id/index.php/ljese/article/view/161/110

Hasrudin, F., & Asrul, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA di SD Inpres 16 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 94–102. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i2.521

Huda, M., & Pd, M. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. https://doi.org/10.21043/jupe.v11i2.3170

Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Model Pembelajaran: untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: CV Solusi Distribusi.

Phalguna, I. W. W., & Saputra, D. K. N. S. (2020). Talking Stick Learning Model Assisted with Audiovisual Media Toward Science Knowledge Competence. 563–572. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/25515/17263

Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). LITPAM, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36.

Purba, R. A., Tamrin, A. F., Bachtiar, E., Makbul, R., Rofiki, I., Metanfanuan, T., Masrul, M., Simarmata, J., Juliana, J., & Irawan, E. (2020). Teknologi Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis. https://bit.ly/3X0A0pS

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2. 2082

Savitri, K. (2020). Efektivitas Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Visual Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 46. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.25194

Setyosari, H. P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media. https://bit.ly/3UzpdkO

Shoimin, A. (2021). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukmadewi, P. U., & Ganing, N. N. (2020). Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Buku Cergam Terhadap Keterampilan Berbicara. For Lesson and Learning StudiesF. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/27281/16971

Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.772.2019

Wahyuni, K. A., ., Drs. I Wayan Wiarta, S.Pd., M. F., & ., Drs. I Wayan Darsana, M. E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Perkembangan Bahasa Kelompok B TK Santa Maria Ratu Rosari Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 112.

https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18765

Published

2023-04-18

How to Cite

Pradnyawati, N. M. S. (2023). Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V Dengan Penggunaan Model Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual . Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/60237

Issue

Section

Articles