Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Mystery Box terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Made Novi Ayuni Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Talking Stick, Mystery Box, Keterampilan Berbicara

Abstract

Kurangnya keterampilan berbicara siswa disebabkan karena kurangnya penerapan model pembelajaran yang mendorong siswa berani berbicara dan menyampaikan pendapatnya secara lisan. Penelitian ini bertujuan membuktikan pengaruh model pembelajaran talking stick berbantuan media mystery box terhadap keterampilan berbicara siswa SD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasi experiment dan bentuk desain rancangan penelitiannya adalah non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 194 siswa SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara dengan sampel 62 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan teknik penilaian unjuk kerja keterampilan berbicara. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Berdasarkan hasil analisis diperoleh thitung sebesar 3,224 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel 2,000. Dengan demikian, nilai thitung (3,224) lebih besar daripada ttabel (2,000), sehingga H0 ditolak. Terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran talking stick berbantuan media mystery box berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa SD.

References

Agung, A. A. G. 2018. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Agung, A. A. G. 2021. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G dan I Nyoman Jampel. 2022. Statistika Inferensial untuk Pendidikan (Disertai Aplikasi SPSS). Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha.

Amin dan Linda Yurike Susan Sumendap. 2022. 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Bekasi: Pusat Penerbitan LPPM.

Anjelina, N., & Tarmini, W. (2022). Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, Volume 6, Nomor 4 (hlm. 7327-7333). https://jbasic.org/index.php/basicedu

Antara, I. N. P., Kristiantari, M. G. R., & Suadnyana, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Rubrik Surat Kabar Terhadap Keterampilan Berbicara. International Journal of Elementary Education, Volume 3, Nomor 4 (423–430). https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.21315

Astiningtyas, A., Wardani, N. S., & Prasetyo, T. (2018). Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu melalui PS-MTTW Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, Volume 2, Nomor 1 (hlm. 87–96).

Dewi, A. A. I. K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Mimbar Ilmu, Volume 25, Nomor 3 (hlm. 449–459).

Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Volume 2, Nomor 1A (hlm. 85–91).

Hidayati, T., Handayani, I., & Ikasari, I. H. 2019. Statistika Dasar. Purwokerto: Pena Persada

Hutapea, R. H. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, Volume 2, Nomor 2 (hlm. 151–165). https://doi.org/10.34307/b.v2i2.94

Kristiantari, Maria Goreti Rini, dkk. 2020. Keterampilan Bahasa dan Sastra Indonesia (Tinjauan Bahasa dan Sastra Anak Secara Reseptif dan Produktif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Lusia, W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 1 SDN 13 Koto Baru Kecamatan Kubung Melalui Model Talking Stick Berbasis Saintifik. Jurnal Aufklarung, Volume 2, Nomor 2 (hlm. 70–83).

Martin, R., & Simanjorang, M. M. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai dalam Pendidikan di Indonesia. Prosiding Pendidikan Dasar, Volume 1, Nomor 1 (hlm. 125–134). https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.180

Meilyana, Heldayani, E., & Tanzimah. (2022). Pengaruh Media Mystery Box terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 195 Palembang. Journal On Teacher Education, Volume 4, Nomor 1 (hlm. 25-32).

Molan, A. S., Ansel, M. F., & Mbabho, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Ketrampilan Berbicara Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Volume 1, Nomor 2 (hlm. 176–183). https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.625

Nafi’ah, Siti Anisatun. 2018. Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Nilayati, P. ., Suastra, I. ., & Gunamantha, I. . (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, Volume 3, Nomor 1 (hlm. 31–40).

Novitasari Pour, A., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, Volume 2, Nomor 1 (hlm. 36–40).

Nurlaelah, N., & Sakkir, G. 2020. "Model Pembelajaran Respons Verbal dalam Kemampuan Berbicara". Edumaspul: Jurnal Pendidikan, Volume 4, Nomor 2 (hlm. 113–122). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.230

Octavia, Shilphy A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish

Rani, N. M. A. M., Ardana, I. K., & Oka Negara, I. G. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Lagu Tradisional Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, Volume 24, Nomor 3 (hlm. 345–353). https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21676

Romlah, S. (2018). Improving Student ’ Speaking Skill Through Talking Stick. Research and Innovation in Language Learning, Volume 1 (hlm. 119–128).

Saldaria, E., Anggia Vina Ariawan, N., & Cahyani, I. (2019). Speaking Skill of Elementary School Students Reviewed by Gender. Jurnal Prima Edukasia, Volume 7, Nomor 1, (hlm. 20–27).

Setyosari, Punaji. 2020. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sibuea, M. S. W. B., & Syahfitri, D. (2018). Metode Tongkat Berbicara (Talking Stick) dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Menanggapi Cerita Pendek. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, Volume 2, Nomor 1 (hlm. 30–35). https://doi.org/10.23887/jppsh.v2i1.14007

Sugiantiningsih, I. A., & Antara, P. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, Volume 2, Nomor 3 (hlm. 298–308). https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.15728

Sukmadewi, P. U., & Ganing, N. N. (2020). Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Cergam terhadap Keterampilan Berbicara. Journal for Lesson and Learning Studies, Volume 3, Nomor 2 (hlm. 309–318).

Susanti, Elvi. 2020. Keterampilan Berbicara. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Volume 2, Nomor 2 (hlm.103–114). https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wibowo, A., & Pradana, R. W. (2022). Penerapan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Media Kotak Misteri (KOMIS) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas 2 SDN Mergosono 1 Malang. Jurnal Multidisiplin Madani, Volume 2, Nomor 1 (hlm. 99–116). https://doi.org/10.54259/mudima.v2i1.340

Yopo, K., Hermansyah, A. K., & Rahayu, D. P. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Karakter Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Talking Stick. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume 10, Nomor 5 (hlm. 1271–1278).

Published

2023-07-07

How to Cite

Ayuni, N. M. N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Mystery Box terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/63229

Issue

Section

Articles