Model Project Based Learning Berbantuan Media Visual Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V

Authors

  • Ni Komang Ayu Suartini Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

PjBl, Kompetensi Pengetahuan IPA, Visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Klungkung. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian yakni Nonequivalent Control Group Design. Data kompetensi pengetahuan IPA diperoleh melalui metode tes dengan instrument pengumpulan data berupa tes pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Data yang telah terkumpul dilakukan analisis menggunakan statistik inferensial dengan uji-t . Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 12.3 sedangkan ttabel sebesar 1.99. Hal ini berarti thitung lebih besar dari ttabel, sehingga H­0­­ ditolak dan H1 diterima dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning berbantuan media visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD gugus II Kecamatan Klungkung.

References

Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. 2020. Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 5(1). 64–70.

Agung, A.A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing. Pendidikan Ganesha.

Anggara, D. S., & Abdillah, C. 2019. Modul Metode Penelitian. FKIP Universitas Pamulang, 1–219.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fahrezi, I., Taufiq, M., Akhwani, A., & Nafia’ah, N. 2020. Meta-Analisis Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28081

Gunawan, B., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. 2018. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SD. Biomass Chem Eng, 3(2). http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=

Handayani, L. 2020. Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Project Based Learning pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy, 7(3), 168. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2726

Koto, Y. A., Rizal, M. S., & Zulfah, Z. 2021. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Visual Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas IV SDN 005 Langgini. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(3), 198–203. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n3.p198-203

Kumala Dewi, N. L. E., Semara Putra, D. K. N., & Sri Asri, I. G. A. A. 2018. Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Outdoor Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas V. Mimbar Ilmu, 23(1), 73–82. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16409

Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. 2020. Model Project Based Learning terhadap keterampilan sosial dan berpikir kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 18–27. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/TSCJ/article/view/24661

Mayuni, K. R., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. P. 2019. Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(2). https://doi.org/10.23887/jippg.v2i2.19186

Nisah, N., Widiyono, A., & Lailiyah, N. N. 2021. Keefektifan Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(November), 114–126. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4882

Pujilestari, Yulita, & Susila, A. (2020). Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(02), 40–47. https://doi.org/10.21009/jimd.v19i02.14334

Putri, N. M. C. D., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas , Motivasi Dan Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 78. http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/3076/1643%0Ahttp://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/716

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian pendidikan dan Pengembangan Edisi Keempat. Jakarta: Kencana.

Susanti, E. D. 2019. Project Based Learning Pemanfaatan Vlog Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Generasi Pro Gadget. Journal of Education Technology, 2(5), 84–96. https://doi.org/10.17977/um020v13i12019p84

Taupik, R. P., & Fitria, Y. 2021. Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1525–1531. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/958

Published

2023-07-07

How to Cite

Suartini, N. K. A. (2023). Model Project Based Learning Berbantuan Media Visual Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/63295

Issue

Section

Articles