Multimedia Pembelajaran Interaktif berbasis Profil Pelajar Pancasila Muatan IPS bagi Siswa Kelas IV Kurikulum Merdeka
Keywords:
Multimedia Interaktif, Profil Pelajar Pancasila, IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis profil pelajar Pancasila pada muatan IPS kelas IV SD. Penelitian pengembangan ini menerapkan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba pada penelitian pengembangan ini yaitu: ahli isi pembelajaran, ahli media, ahli desain, serta siswa kelas IV. Metode pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Diperoleh hasil produk yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil review ahli isi (92,30%) berkualifikasi sangat baik, hasil review ahli desain (90,00%) berkualifikasi sangat baik, hasil review ahli media (91,07%) berkualifikasi sangat baik, hasil uji coba perorangan (92,50%) berkualifikasi sangat baik, hasil uji coba kelompok kecil (94,16%) berkualifikasi sangat baik, dan hasil uji coba lapangan (95,11%) berkualifikasi sangat baik. Hasil uji-t diperoleh thitung (12,10) lebih besar daripada ttabel (2,021). Dengan demikian, multimedia interaktif mata pelajaran IPS efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
References
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Agung, A. A. G. (2021). Statistika Dasar untuk Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.
Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Ipa Siswa Smp Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 90–101. https://doi.org/10.23887/jppsi.v4i1.33868
Ananda, L. J., & Nuraini, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dengan Pendekatan Saintifik pada Tema Indahnya Keragaman di Negeriku di Kelas IV SD Negeri 101969 Tanjung Purba. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 9(1), 8–16. https://doi.org/10.24114/SEJPGSD.V9I1.13683
Andini, N. P. M., & Agung, A. A. G. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.23887/JMT.V2I1.44839
Angela, F., Maimunah, & Roza, Y. (2021). Desain Media Pembelajaran Komik Matematika Berbasis Aplikasi Android pada Materi Persamaan Eksponensial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1449–1461.
Anshori, S. (2014). Kontribusi Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Edueksos, III(2), 59–76. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=kontribusi+ilmu+pengetahuan+sosial+dalam+pendidikan+karakter&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DN6RFu2pmlPgJ
Apriansyah, R., Azahra, Y., Insani, F. N., & Setiawan, U. (2023). Kajian Terhadap Pemilihan Media dan Pengimplementasiannya bagi Peserta Didik Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 9(1).
Aryawan, R., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran Ips Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal EDUTECH Universitas Pedidikan Ganesha, 6(2), 180–191.
Dedi, & Suriadi. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Integrasi Nilai Spiritual Dalam Pendidikan Karakter Guna Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur (Ditinjau Dalam Qs. Ali Imron : 200). AL-AFKAR: Journal for Islamic Studies, 6(1), 472–488. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i1.506.
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(2), 90–97.
Febriandi, R. (2020). Efektivitas Multimidia Interaktif Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 58 Lubuklinggau. Journal of Elementary School (JOES), 3(2), 120–128. https://doi.org/10.31539/JOES.V3I2.1897
Fristy, A., Munawiroh, F. L., & Rustini, T. (2023). Analisis Nilai-Nilai Bhineka Tunggal IKA untuk Sekolah Menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. 1(1), 135–145.
Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139
Lukman, A. I. (2021). Menumbuhkan Motivasi Warga Belajar Melalui Media Audio-Visual di SKB. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 192–198.
Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Haqiqi, A., Mamun, & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas. Journal on Education, 06(01), 35–47.
Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Umsida Press.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Rajendra, I. M., & Sudana, I. M. (2018). The Influence of Interactive Multimedia Technology to Enhance Achievement Students on Practice Skills in Mechanical Technology. Journal of Physics: Conference Series, 953(1), 012104. https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012104
Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613
Safitri, N. K. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar [University of Muhammadiyah Malang]. https://eprints.umm.ac.id/35624/
Syahriya, R. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Dengan Konsep Video 360 Derajat Berbasis Kontekstual Pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas Vii Di Smpn 3 Kenda.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 I Gede Teguh Saputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.