Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar
Keywords:
implementasi, kurikulum, kurikulum merdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka pada kelas IV di SD Negeri 4 Sesetan. Jenis penelitian ini deskriptif dengan teknik analisis data analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Subjek penelitian ini sebanyak 31 siswa kelas IV, kepala sekolah, guru penggerak,guru kelas IV SD Negeri 4 Sesetan. Pengumpulan data menggunakan metode non-tes melalui kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukan persentase pada implementasi kurikulum merdeka berdasarkan kuesioner sebesar 84,75% hasil tersebut dikategorikan sangat tinggi dan diperkuat hasil wawancara bahwa kurikulum merdeka meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan penanaman karakter profil pelajar pancasila serta meningkatkan pembelajaran berbasis projek. Guru dan siswa menjadi lebih fokus dan leluasa dalam melakukan pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka karena mengacu pada capaian pembelajaran sehingga tidak terburu-buru dalam mempelajari materi. Guru dan siswa juga lebih menikmati proses pembelajaran dengan menggunakan kurikulum merdeka meskipun masih ada hal yang harus ditingkatkan lagi di tahun ajaran berikutnya.
References
Admelia, M., Farhana, N., Nurmalia, L., & Koyimah, K. (2021). Analisis Keterlibatan Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1654. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8555
Agung, A. A. G. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan (Perspektif Manajemen Pendidikan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Alhamuddin, Politik Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Indonesia Sejak Zaman Kemerdekaan Hingga Reformasi (1947-2013), Jakarta: Prenadamedia, 2019.
Azizah, S., Susilawati, T., Hartono, B., Rosyidi, D., Ciptadi, G., Muharlien, Wisaptiningsih, U., Natsir, M. H., Kuswati, Suryowardoyo, P., & Utami, H.D. (2021). Metodologi Penelitian dan Karya Ilmiah Ilmu Peternakan. Malang:UB Press.
Budiningsih, C. Asri. (2010). Strategi Pembelajaran yang Memerdekakan. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 6(3), 1-14.
Danim, S dan Khairil. (2011). Psikologi Pendidikan (Dalam Perspektif Baru). Bandung. Alfabeta.
Djaali, H. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Sinar Grafika Offset.
Hendri, N. (2020). Merdeka Belajar; Antara Retorika dan Aplikasi. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(1), 1-29.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (2nd ed.). Quadrant.
Kadarudin. (2021). PENELITIAN DI BIDANG ILMU HUKUM (Sebuah Pemahaman Awal). Formaci.
Krissandi dan Rusmawan. 2013. “Kendala Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum 2013.” Cakrawala Pendidikan 457–67.
Mardawani. (2020). PRAKTIS PENELITIAN KUALITATIF (Teori Dasar dan Analisis Data dalam Perspektif Kualitatif).
Maladerita, Wiwik, Vini Wella Septiana, Nurhizrah Gistituati, and Alwen Betri. 2021. “Peran Guru Dalam Menerapkan Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(6):4771–76. doi: 10.31004/edukatif.v3i6.1507.
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Muchlis, M., Christian, A., & Sari, M. P. (2019). Kuesioner Online Sebagai Media Feedback Terhadap Pelayanan Akademik pada STMIK Prabumulih. Eksplora Informatika, 8(2), 149–157. https://doi.org/10.30864/eksplora.v8i2.215
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1), 141-147.
Nanda, dkk. (2020). Urgensi Pendidikan Berpikir Kritis Era Merdeka Belajar Bagi Peserta Didik. Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), 111-115.
Noventari, Widya. (2020). Konsepsi Merdeka Belajar dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara. PKn Progresif : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), 83-91.
Nugrahani, I. M., Anam, K., & Semarang, U. N. (2020). Validitas Isi Model Latihan Tenvol Untuk Meningkatkan ’ Universitas Negeri Semarang CONTENTS VALIDITY OF THE TENVOL TRAINING MODEL TO IMPROVE VOLYBALL SMASH ABILITY Dipublikasikan Oleh : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Mu. 119–124.
Nyoman, I., Laba Jayanta, Gusti Ngurah, and Sastra Agustika. 2020. “Pemahaman Guru Sekolah Dasar Terhadap Kebijakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Merdeka Belajar.” Seminar Nasional Riset Inovatif 7:403–7.
Rahmatika, D. F., & Ratnasari, N. (2018). Media Pembelajaran Matematika Bilingual Berbasis Sparkol Videoscribe. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 385–393. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3061
Rusman. (2012). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Saleh, Meylan. 2020. “‘Merdeka Belajar Di Tengah Pandemi Covid-19.’” Prosiding Seminar Nasional Hardiknas 1:51–56.
Sherly, Dharma. E, dan Sihombing, H.B. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Prosiding FKIP – Universitas Muhammadiyah Banjarmasin : 183-190.
Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021, August). Merdeka belajar: kajian literatur. In UrbanGreen Conference Proceeding Library (pp. 183-190).
Shobariyah, E. (2018). Teknik Evaluasi Non Tes. Adz-Zikr: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 1–13.
Simarmata, J., Romindo, R., Dwinggo, A., Samala, Z. G., Yuswardi, Pakpahan, A. F., Limbong, A., Ardiana, D. P. Y., Latif, N., Wanita, F., Markani, M., & Jamaludin. (2021). Metodologi Riset Bidang Sistem Informasi dan Komputer. Yayasan Kita Menulis.
Sumiana. (2020). Zonasi dan Merdeka Belajar: Kajian Kritis dari Perspektif Kebijakan. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,16(30), 150-157.
Viranthi, L. P. A., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Instrumen Penilaian Berbasis Karakter Peduli Sosial Materi Keragaman Budaya Muatan IPS Kelas IV. Mimbar Ilmu, 27(1), 53–62. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45496
Wahyuni, dkk. 2019. “JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan).” Jurnal Manajemen Dan Supervisipendidikan 3(2000):130–37.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ria Suryadi Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.