Analisis Kesulitan Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar Pasca Pandemi di Gugus I Kecamatan Tejakula Tahun Ajaran 2022/2023
Keywords:
Analisis, Kesulitan Membaca, Pasca PandemiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan kesulitan membaca peserta didik pada peserta didik kelas II SD Pasca Pandemi di Gugus I Kecamatan Tejakula. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh 133 siswa kelas II SD Gugus I Kecamatan Tejakula. Teknik sampling dalam penelitian ini dilakukan dengan cara teknik purposive sampling sehingga penelitian ini hanya dilakukan di tiga Sekolah Dasar dari 7 Sekolah Dasar yang ada di Gugus Kecamatan Tejakula. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni tes, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis non-statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kesulitan terendah siswa dalam membaca adalah kesulitan dalam membaca nyaring dan membaca pemahaman dengan rata-rata 17%. Kesulitan membaca kalimat dengan rata-rata 35%, kesulitan membaca kata dengan rata-rata 48%. Sedangkan aspek mengenal huruf siswa tidak ada yang mengalami kesulitan.
References
Amitya Kumara, A. Jayanti Wulansari & L. Gayatri Yosef. 2014. Perkembangan Kemampuan Membaca (hlm. 1-26), dalam AmityaKumara, dkk. Kesulitan Berbahasa pada Anak. Yogyakarta: PT Kanisius. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.405
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Budi, S., Utami, I. S., Jannah, R. N., Wulandari, N. L., Ani, N. A., & Saputri, W. (2021). Deteksi Potensi Learning Loss pada Siswa Berkebutuhan Khusus Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Inklusif. Jurnal Basicedu, 5(5), 3607–3613. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1342
Catts, Hugh W., Hogan, Tiffany P., & Adlof, Suzanne M. 2005. Developmental Changes in Reading and Reading Disabilities (hlm. 25-40), dalam Catts, Hugh W. & Kamhi, Alan G. (Eds). 2005. The Connections Between Language and Reading Disabilities. London: Lawrence Erlbaum Associates.
Cromley, Jennifer G., Hogan, Lindsey E. Snyder, & Dubas, Ulana A. Luciw. 2010. Reading comprehension of scientific text: a domain-specifictest of the direct and inferential mediation model of reading comperehension. Journal of Educational Psychology, Vol 102, No. 3, Hal. 687-700. American Psychological Association.
Darmiyati Zuchdi dan Budiasih, 1996/1997. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Proyek Pengembangan PGSD Dirjen Dikti Depdikbud.
Darmiyati Zuchdi. 2008. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca Peningkatan Komprehensi. Yogyakarta: UNY Press. https://doi.org/10.22437/dikbastra.v5i1.20213
Muhammad Idrus. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: PT Erlangga.
Mulyono Abdurrahman. 1996. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:Depdikbud Dirjen Dikti.
Nur Ghufron, M., & Risnawita, R. (2016). Kesulitan Belajar Pada Anak: Identifikasi Faktor yang Berperan. http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v3i2.1455
Putra, M. W. P., & Kasmiarno, K. S. (2020). Pengaruh Covid-19 Terhadap Kehidupan Masyarakat Indonesia: Sektor Pendidikan, Ekonomi Dan Spiritual Keagamaan. POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan, 1(2), 144–159. https://doi.org/10.53491/porosonim.v1i2.41
Yulinda Udhiyanasari, K. (2019). Upaya Penanganan Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Berkesulitan Membaca Kelas Ii Di Sdn Manahan Surakarta (Vol. 3, Issue 1). https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/speed/article/view/203
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Juni Ariastini Ni Made Juni Ariastini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.