Peningkatan Kompetensi Pengetahuan IPA dengan Model Double Loop Problem Solving melalui Praktikum Sederhana
Keywords:
Double Loop Problem Solving, Praktikum Sederhana, IPAAbstract
Pembelajaran yang tidak terlaksana secara dua arah memberikan dampak yang signifikan, di mana proses pembelajaran yang tidak berjalan secara optimal. Hal tersebut dapat berdampak pada tingkat kompetensi pengetahuan siswa menurun. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model double loop problem solving melalui praktikum sederhana terhadap kompetensi pengetahuan IPA peserta didik kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain eksperimen semu menggunakan rancangan kelompok non-equivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V sebanyak 418 orang. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan melalui metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan statistik inferensial dan diperoleh hasil thitung=7,94 dan ttabel=2,00 dengan dk=55 dan taraf signifikansi 5%. Maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model double loop problem solving melalui praktikum sederhana terhadap kompetensi pengetahuan IPA peserta didik kelas V SD. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan siswa dan mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran di kelas.
References
Agung, A. A. G. (2014). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Alimuddin. (2014). Penilaian Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 01(1), 23–33.
Aminullah, M. N. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Double Loop Problem Solving Terhadap Perkembangan Kemampuan Siswa Mata Pelajaran Fiqih Kelas X MA NW Lendang Nangka Kecamatan Masbagik Tahun Pelajaran 2017/2018.
Ananda, R., & Abdillah. (2018). Pembelajaran Terpadu (N. S. Chaniago & M. Fandhli, Eds.; 1st ed.). LPPPI.
Asiyah, Walid, A., Mustamin, A. A., & Topano, A. (2019). Ilmu Alamiah Dasar Dalam Perspektif Islam. Penerbit Vanda. http://repository.iainbengkulu.ac.id/3316/1/ILMU ALAMIAH DASAR DALAM PERSPEKTIF ISLAM..pdf
Aslan, & Wahyudin. (2020). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (D. A. Siadari, Ed.; 1st ed.). Bookies Indonesia.
Asnawi, Fransyaigu, R., & Mulyahati, B. (2016). Konsep Pembelajaran Terpadu Dalam Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. 3(2).
Asri, M. (2017). Dinamika Kurikulum di Indonesia. Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 192–202.
Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15.
Burhan, B. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif (2nd ed.). Kencana.
Chamisijatin, L., & Permana, F. H. (2019). Telaah Kurikulum (1st ed.). UMMPress.
Dantes, N. (2012). Metodelogi Penelitian. Penerbit Andi.
Danuri, S. M. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (A. C, Ed.; 1st ed.). Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).
Dr. Rina Febriana, M. P. (2019). Evaluasi Pembelajaran (B. S. Fatmawati, Ed.). Bumi Akasa.
Duski Ibrahim, H. (2017). Filsafat Ilmu (1st ed.). Noer Fikri Offset.
Fakhrunnisa, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Melalui Model DLPS (Double Loop Problem Solving) Pada Siswa Kelas V Di MIS Nurul Huda Limau Mungkur Kecamatan Binjai Barat Kota Binjai TA 2018/2019.
’Gede Agung, A. A. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha.
Hamalik, O. (n.d.). Kurikulum dan Pembelajaran.
Harianto, P. R. , A. J. S. , & H. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022.
Haryati, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving Didukung Media Flashcard Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Berbagai Penyebab Perubahan Lingkungan Fisik pada Siswa Kelas IV SDN Sumengko 4 Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2016/2017.
Huda, M. (2019). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Ibrahim, A., Alang, A. H., Madi, Baharuddin, Ahmad, M. A., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian (I. Ismail, Ed.; 1st ed.). Gunadharma Ilmu.
Ihsana. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Pustaka Belajar.
Iramdan, & Manurung, L. (2019). Sejarah Kurikulum di Indonesia. Jurnal Informasi Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 57–58.
Ismail, M. I. (2019). Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran (Issue April).
Istiana, J. (2020). Konsep Perubahan Pendidikan Dalam Pembelajaran Terpadu. 4(1), 1042–1052.
Karim, A. (2014). Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Metodologi Penelitian. Fikrah Jurnal Ilmu Aqidah Dan Studi Keagamaan, 2(1), 273–289. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/fikrah/article/view/563
Laruli, L. (2022). Penerapan Model Double Loop Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Materi Segitiga di Kelas VII A SMP Negeri 1 Luwuk Kabupaten Banggai. .
Lestari, I. D. (2017). Perbedaan Pembelajaran Model Double Loop Problem Solving (DLPS) dan Model Konvensional Terhadap Hasil Belajar Siswa.
Masykur, R. (2019). Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. In Aura Publisher. AURA.
Moch., B. U. B. A., & Nurdyansyah. (2018). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan (1st ed.). UMSIDA PRESS.
Muri, Y. (2018). Metode Penelitian (Kencana, Ed.; 1st ed.).
Mustari, M., & Rahman, M. T. (2014). Manajemen Pendidikan. Raja Grafika Persada.
Prastowo, A. (2017). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu (2nd ed.). KENCANA.
Refiani, P. (2017). Penerapan Metode Double Loop Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema Lingkungan Sehat Kita Di SDN Lidah Kulon 1 Surabaya.
Rinaldi, S. F., & Mujianto, B. (2017). Metodologi Penelitian dan Statistika. 148, 152. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/fikrah/article/view/563
Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proese Pendidika (1st ed.). KENCANA.
Salim, & Haidir. (2019). Penelitian Pendidikan (Metode, Pendekatan, dan Jenis) (1st ed.). Kencana.
Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (4th ed.). Prenamedia Group.
Somantri, H. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan, 1(1).
Suciasih, N. N. L. , M. L. P. P. , & A. P. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran DLPS Terhadap Kemampuan Sains Permulaan Kelompok A Di Gugus VIII Kecamatan Buleleng.
Sugiyono, P. D. (2010). Metode penelitian pendidikan. Pendekatan Kuantitatif.
Tarihoran, N. (2017). Pengembangan Kurikulum. In Loquen Press. Loquen Press.
Taufiq, A. (2011). Pendidikan Anak di Sekolah Dasar. Universitas Terbuka.
Taufiq, A. (2014). Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar. Hakikat Pendidikan Di Sekolah Dasar, 1(1), 1–37.
Umi Salamah. (2018). Penjamin Mutu Penilaian Pendidikan. Journal of Linguistics, 2(1). https://doi.org/10.18041/2382-3240/saber.2010v5n1.2536
Wina, S. (2013). Penelitian Pendidikan (1st ed.). Kencana.
Yacob, H. , A. C. S. , & T. J. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Kristen Belso A2 Ambon dengan Menggunakan Model Pembelajaran Double Loop Problem Solving pada Materi Pengukuran Panjang dan Berat.
Yeni J, F., Zelhendri, Z., & Darmansyah. (2018). Penelitian Pendidikan (1st ed.). Prenamedia Group.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Putu Ika Damayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.