Pengaruh Model Instructional Games Terhadap Penguasaan Pengetahuan Siswa Muatan Pelajaran Matematika Kelas VI

Authors

  • Putu Mely Angguni Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Penguasaan Pengetahuan, Matematika, Model Instructional Games

Abstract

Siswa merasa bosan saat pembelajaran matematika karena model pembelajaran kurang menarik dan monoton, menyebabkan siswa tidak tertarik untuk memahami pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis model instructional games terhadap penguasaan pengetahuan matematika siswa dengan jumlah populasi penelitian ini adalah 385 siswa. Metode mengumpulkan data penelitian ini yaitu metode tes. Teknik menganalisis data yaitu analisis statistik deskripstif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil akhir rata-rata siswa melalui pembelajaran model instructional games adalah 81.58 sedangkan rata-rata siswa dengan tidak menggunakan model instructional games adalah 58.54. Hasil belajar siswa lebih baik menggunakan model instructional games dapat dibuktikan bahwa melalui hasil analisa data statistik “uji t test”. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa thitung sebesar 10.105 sedangkan ttabel dengan dk = 58 pada taraf signifikansi 5% sebesar 2.001. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan selisih tersebut mengindikasikan bahwa model insrtructional games berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VI. Hal tersebut membuktikan bahwa hipotesis diterima.

References

Agung, A.A.G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha.

Agung, A.A.G. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish. Agung,

A.A.G. 2017. Evalusasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan

Ganesha

Agung, A.A.G. 2018. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Agung, Anak Agung Gede, And I. Nyoman Jampel. 2022. Statistika Inferensial Untuk Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Arikunto,S. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto.S. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta

Azis, N., Pribadi, G., & Nurcahya, M. S. (2020). Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android. Ikraith-informatika, 4(3), 1-5.

Bahriah, E. S., Feronika, T., & Suharto, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Chemo-Edutainment Melalui Model Instructional Games Pada Materi Konfigurasi Elektron. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 7(2), 132-143.

Diwimuri, A., & Soebagyo, J. (2022). Perancangan Game Edukasi “Thinking Math” untuk Melatih Kemampuan Penalaran Matematis. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 7(1), 113-130.

Darmawiguna, I. G. M., & Kesiman, M. W. A. (2014). JA-KO Balinese Pizza: Game Edukasi Interaktif Jaringan Komputer. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 3(2), 80-87.

Haryanto. 2015. Teknologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Huliyah, M. Math Games For Early Childhood’s Calculate Learning Permainan Matematika Untuk Pembelajaran Berhitung Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar Nasional Tahunan II Pendidikan Islam Anak Usia Dini (p. 105).

Haswan, F., & Al-Hafiz, N. W. (2017). Aplikasi game edukasi ilmu pengetahuan alam. RJOCS (Riau Journal of Computer Science), 3(1), 31-40.

Hakim, D. L., & Sari, R. M. M. (2019). Aplikasi game matematika dalam meningkatkan kemampuan menghitung matematis. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 129-141.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan matematika di sekolah kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32.

Nurfadhillah, S., Wahidah, A. R., Rahmah, G., Ramdhan, F., & Maharani, S. C. (2021). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI, 3(2), 289-298.

Nurwanti, M., & Listiawati, M. (2015). Penerapan Model Instructional Games Menggunakan Hot Potatoes Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Ekosistem (Penelitian Tindakakan Kelas SMP Negeri 2 Tanjungsiang-Subang). Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 5(1), 23-34.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Rosyid, M. Z., Sa’diyah, H., & Septiana, N. (2021). Ragam media pembelajaran. CV Literasi Nusantara Abadi.

Rachmawati, A., & Renaldi, D. (2015). Pembuatan Program Aplikasi Pembelajaran Matematika Dasar Untuk Kelas 3 & 4 Pada SD Dharma Putra. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 4(2), 21-27.

Rahmat Hidayat, Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia

Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289-293.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syamsurizal, S. 2020. Validitas dan Reliabitas Alat Ukur.

Sardiman A.M. 2014. Interaksi Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan hassil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1027-1038.

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (Vol. 1). UMMPress.

Published

2023-07-07

How to Cite

Angguni, P. M. (2023). Pengaruh Model Instructional Games Terhadap Penguasaan Pengetahuan Siswa Muatan Pelajaran Matematika Kelas VI. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/65432

Issue

Section

Articles