Budaya Sekolah dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di SDN 115 Pekanbaru
Keywords:
Budaya Sekolah, Pendidikan Karakter, Sekolah DasarAbstract
Bahwa budaya sekolah membentuk kegiatan yang berkaitan dengan nilai, kepercayaan serta norma yang diterima bersama dengan kegiatan ini dilakukan oleh peserta didik berinteraksi dengan peserta didik, berinteraksi dengan guru dan bahkan berinteraksi dengan teman sebaya. Hal ini menciptakan tradisi yang tumbuh sesuai dengan nilai-nilai yang dikembangkan oleh sekolah itu sendiri. Sekolah diharapkan membentuk pribadi peserta didik yang berkepribadian baik melalui pembiasaan yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Kegiatan yang diobservasi pada penelitian ini adalah kegiatan rutin, spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fenomena budaya sekolah dalam mewujudkan pendidikan karakter dan meningkatkan budaya sekolah dalam mewujudkan pendidikan karakter sesuai dengan hasil bukti empiris yang ada. Dampak dari budaya sekolah adalah warga sekolah juga semakin memiliki karakter yang baik dan tau hal yang baik dan benar, warga sekolah semakin mandiri dalam menambah wawasan.
References
Afifullah Nizary, M., & Hamami, T. (2020). Budaya Sekolah. At-Tafkir, 13(2), 161–172. https://doi.org/10.32505/at.v13i2.1630
Ain, S. Q., Mustika, D., & Wulandari, A. (2023). Permasalahan Pembelajaran Literasi Numerasi dan Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar. 6, 152–158. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.452
Ali, Kristiawan, M., & Fitriana, Y. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah. Pendidikan Tambusai, 5(1), 2063–2069. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1235/1095
Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548–5555. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1701
Amri, M., & Assad, A. B. M. (2020). Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Akhlak Peserta Didik Kelas Ix Mts As’Adiyah Puteri 1 Sengkang Kabupaten Wajo. Inspiratif Pendidikan, 9(1), 1. https://doi.org/10.24252/ip.v9i1.13277
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Arimbi, N. A. W., & Minsih, M. (2022). Budaya Sekolah pada Pembentukan Karakter Religiusitas pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6409–6416. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3042
Arina, A. V., Magdalena, I., & Fadilah, A. A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Budaya Sekolah di SD Amanah Kota Tangerang. Arzusin, 2(4), 389–397. https://doi.org/10.58578/arzusin.v2i4.493
Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666
Astuti, D. (2012). Analisis Struktural-Genetik Roman Genetik Roman Balzac Et La Petite Tailleuse Chinoise Karya Dai Sijie. Universitas Negeri Yogyakarta.
Auliyairrahmah, A., Djazilan, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Integritas Sub Nilai Kejujuran melalui Program Kantin Kejujuran di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3565–3578. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.939
Blegur, J., Tlonaen, Z. A., Wasak, M. R. P., & Manggoa, M. A. (2017). Students’ Behaviour Of Indiscipline Syndrome In Teaching And Learning Process. Educational Administration Research And Review, 1(2). https://doi.org/10.17509/earr.v1i2.21421
Budiatman, I., Zamroni, M., Fauziah, S., Studi Pendidikan Guru Sekolah dasar, P., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 2022-06–23. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4429
Cahyani, R. P., Irianto, A., & Yustisia, V. (2020). Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pembelajaran Tematik di SDN Kebondalem Mojosari. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(3), 236–244. http://103.114.35.30/index.php/didaktis/article/view/4789
Dafit, F., Mustika, D., & Melihayatri, N. (2020). Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 4(1), 117–130. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.307
Efendi, N. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Lolong Belanti Padang. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 62. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.460
Erlanda, M., Sulistyarini, S., & Syamsuri, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah di SMA Mujahidin Pontianak. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(3), 310–318. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i3.5920
Fitriyah, Z. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Implementasi Gerakan Literasi Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jenggawah (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).
Gantini, H., & Fauziati, E. (2021). Penanaman Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Harian dalam Perspektif Behaviorisme. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 145–152. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1195
Gustiranda, H., Syamsuri, S., & Purnama, S. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Budaya Sekolah di SMPN 8 Teluk Keramat Kabupaten Sambas. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(1), 78–87. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6501
Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. Adil Indonesia Jurnal, 2(1), 13–23.
Hasnadi, H. (2019). Penerapan Nilai-Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 3(2), 56-70.
Huda, A. M., Setiawan, F., & Dalimunthe, R. (2021). Budaya Sekolah/ Madrasah. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(3), 517–526. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Indrawan, Irjus, dkk. 2020 .Manajemen Pendidikan Karakter. Jawa Tengah : CV. Pena Persada.
Johannes, N. Y., Ritiauw, S. P., & Abidin, H. (2020). Implementasi Budaya Sekolah Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter Di Sd Negeri 19 Ambon. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 8(1), 11–23. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol8issue1page11-23
Juliani, Asarina Jehan, and Adolf Bastian, ‘Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila’, CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 3.1 (2023), 1–9 <https://doi.org/10.51878/cendekia.v3i1.1950>
Kaharuddin. (2021). Equilibrium : Jurnal Pendidikan Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan, IX(1), 1–8. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium
Kusuma, Y., & Kusuma, H. E. (2020). Hubungan Nilai-nilai Pola Pikir dan Perilaku Ramah Lingkungan Siswa Sekolah Dasar Adiwiyata. Review of Urbanism and Architectural Studies, 18(2), 24–43. https://doi.org/10.21776/ub.ruas.2020.018.02.3
Lestari, A., & Mustika, D. (2021). Analisis Program Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1577–1583. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/912
Maharani, G. K. (2020). Strategi Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Melalui Analisis SWOT. Media Manajemen Pendidikan, 2(3), 441. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i3.6787
Mahendra, Y. (2019). Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019 (Vol. 1, No. 1, Pp. 257-266).
Malawi, I., Tryanasari, D., & Apri Kartikasari, H. S. (2017). Pembelajaran Literasi Berbasis Sastra Lokal. Cv. Ae Media Grafika. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=biBzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=related:3isz9v7JMzoJ:scholar.google.com/&ots=TNHnXJaLo2&sig=FSrwLwzBxNLP7JjQRFFYls8EcCs&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Miftah Nurul Annisa, A. W. (2020). Miftah Nurul Annisa, A. W. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintangPentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Das. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75–81. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21285
Munif, M. (2017). Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Pai Dalam Membentuk Karakter Siswa. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.49
Nashihin, H. (2019). Konstruksi Budaya Sekolah Sebagai Wadah Internalisasi Nilai Karakter. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(1), 131–149.
Naziyah, S., Akhwani, A., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3482–3489. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1344
Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995
Pertiwi, R., Suchyadi, Y., . S., & Handayani, R. (2019). Implementasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 01 Kota Bogor. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 41–46. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.994
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.
Rahayuningsih, Y. S., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menciptakan Budaya Sekolah yang Positif di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Basicedu, 6(5), 7850–7857. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3626
Rizky Asrul Ananda, Mufidatul Inas, & Agung Setyawan. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 83–88. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836
Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Implementasi pendidikan inklusi berbasis pengembangan diri di sekolah alam jogja green school. El Midad, 11(2), 117-132.
Safitri, K. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 264–271.
Said, A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah. 2(1).
Saleh, M. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Inklusi. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 17(2), 101. https://doi.org/10.47466/hikmah.v17i2.198
Siregar, N., Siregar, H., Sirait, E., Pasaribu, S., Aruan, B., & Sitorus, E. (2023). Penerapan Quantum Teaching Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMK Negeri 5 Medan. 3, 11803–11814.
Siskayanti, J., & Chastanti, I. (2022). Analisis Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1508–1516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151
Sondak, S. H. (2019). Faktor-Faktor Loyalitas Pegawai Di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 676.
Susilawati, W. O., Novitasari, A., Prananda, G., Apreasta, L., & . A. (2020). Pengaruh Pemahaman Hak Asasi Manusia (Ham) Terhadap Sikap Menghargai Pendapat Orang Lain Pada Mahasiswa Program Studi Ppkn Fkip Uad. Inspiratif Pendidikan, 9(2), 91. https://doi.org/10.24252/ip.v9i2.15474
Virgustina, N. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 5(2), 365. https://doi.org/10.30738/keluarga.v5i2.3842
Yulsy Marselina Nitte, V. R. B. (2020). Jurnal Kependidikan : Pemetaan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar se-Kota Kupang. 6(1), 38–47.
Zagoto, M. M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 3(1), 53–57.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Vania Lenta, Dea Mustika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.