Budaya Sekolah dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di SDN 115 Pekanbaru

Authors

  • Vania Lenta Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indoneisa
  • Dea Mustika Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indoneisa

Keywords:

Budaya Sekolah, Pendidikan Karakter, Sekolah Dasar

Abstract

Bahwa budaya sekolah membentuk kegiatan yang berkaitan dengan nilai, kepercayaan serta norma yang diterima bersama dengan kegiatan ini dilakukan oleh peserta didik berinteraksi dengan peserta didik, berinteraksi dengan guru dan bahkan berinteraksi dengan teman sebaya. Hal ini menciptakan tradisi yang tumbuh sesuai dengan nilai-nilai yang dikembangkan oleh sekolah itu sendiri. Sekolah diharapkan membentuk pribadi peserta didik yang berkepribadian baik melalui pembiasaan yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.  Kegiatan yang diobservasi pada penelitian ini adalah kegiatan rutin, spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fenomena budaya sekolah dalam mewujudkan pendidikan karakter dan meningkatkan budaya sekolah dalam mewujudkan pendidikan karakter sesuai dengan hasil bukti empiris yang ada. Dampak dari budaya sekolah adalah warga sekolah juga semakin memiliki karakter yang baik dan tau hal yang baik dan benar, warga sekolah semakin mandiri dalam menambah wawasan.

References

Afifullah Nizary, M., & Hamami, T. (2020). Budaya Sekolah. At-Tafkir, 13(2), 161–172. https://doi.org/10.32505/at.v13i2.1630

Ain, S. Q., Mustika, D., & Wulandari, A. (2023). Permasalahan Pembelajaran Literasi Numerasi dan Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar. 6, 152–158. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i1.452

Ali, Kristiawan, M., & Fitriana, Y. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah. Pendidikan Tambusai, 5(1), 2063–2069. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1235/1095

Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548–5555. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1701

Amri, M., & Assad, A. B. M. (2020). Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Akhlak Peserta Didik Kelas Ix Mts As’Adiyah Puteri 1 Sengkang Kabupaten Wajo. Inspiratif Pendidikan, 9(1), 1. https://doi.org/10.24252/ip.v9i1.13277

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Arimbi, N. A. W., & Minsih, M. (2022). Budaya Sekolah pada Pembentukan Karakter Religiusitas pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6409–6416. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3042

Arina, A. V., Magdalena, I., & Fadilah, A. A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Budaya Sekolah di SD Amanah Kota Tangerang. Arzusin, 2(4), 389–397. https://doi.org/10.58578/arzusin.v2i4.493

Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666

Astuti, D. (2012). Analisis Struktural-Genetik Roman Genetik Roman Balzac Et La Petite Tailleuse Chinoise Karya Dai Sijie. Universitas Negeri Yogyakarta.

Auliyairrahmah, A., Djazilan, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Integritas Sub Nilai Kejujuran melalui Program Kantin Kejujuran di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3565–3578. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.939

Blegur, J., Tlonaen, Z. A., Wasak, M. R. P., & Manggoa, M. A. (2017). Students’ Behaviour Of Indiscipline Syndrome In Teaching And Learning Process. Educational Administration Research And Review, 1(2). https://doi.org/10.17509/earr.v1i2.21421

Budiatman, I., Zamroni, M., Fauziah, S., Studi Pendidikan Guru Sekolah dasar, P., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 2022-06–23. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/4429

Cahyani, R. P., Irianto, A., & Yustisia, V. (2020). Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pembelajaran Tematik di SDN Kebondalem Mojosari. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(3), 236–244. http://103.114.35.30/index.php/didaktis/article/view/4789

Dafit, F., Mustika, D., & Melihayatri, N. (2020). Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 4(1), 117–130. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.307

Efendi, N. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Lolong Belanti Padang. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 62. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.460

Erlanda, M., Sulistyarini, S., & Syamsuri, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Sekolah di SMA Mujahidin Pontianak. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(3), 310–318. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i3.5920

Fitriyah, Z. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Implementasi Gerakan Literasi Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jenggawah (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Gantini, H., & Fauziati, E. (2021). Penanaman Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Harian dalam Perspektif Behaviorisme. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 145–152. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1195

Gustiranda, H., Syamsuri, S., & Purnama, S. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Budaya Sekolah di SMPN 8 Teluk Keramat Kabupaten Sambas. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(1), 78–87. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6501

Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. Adil Indonesia Jurnal, 2(1), 13–23.

Hasnadi, H. (2019). Penerapan Nilai-Nilai Karakter Melalui Budaya Sekolah. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 3(2), 56-70.

Huda, A. M., Setiawan, F., & Dalimunthe, R. (2021). Budaya Sekolah/ Madrasah. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(3), 517–526. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Indrawan, Irjus, dkk. 2020 .Manajemen Pendidikan Karakter. Jawa Tengah : CV. Pena Persada.

Johannes, N. Y., Ritiauw, S. P., & Abidin, H. (2020). Implementasi Budaya Sekolah Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter Di Sd Negeri 19 Ambon. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika Dan Dinamika Pendidikan, 8(1), 11–23. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol8issue1page11-23

Juliani, Asarina Jehan, and Adolf Bastian, ‘Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila’, CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 3.1 (2023), 1–9 <https://doi.org/10.51878/cendekia.v3i1.1950>

Kaharuddin. (2021). Equilibrium : Jurnal Pendidikan Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan, IX(1), 1–8. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium

Kusuma, Y., & Kusuma, H. E. (2020). Hubungan Nilai-nilai Pola Pikir dan Perilaku Ramah Lingkungan Siswa Sekolah Dasar Adiwiyata. Review of Urbanism and Architectural Studies, 18(2), 24–43. https://doi.org/10.21776/ub.ruas.2020.018.02.3

Lestari, A., & Mustika, D. (2021). Analisis Program Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1577–1583. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/912

Maharani, G. K. (2020). Strategi Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Melalui Analisis SWOT. Media Manajemen Pendidikan, 2(3), 441. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i3.6787

Mahendra, Y. (2019). Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019 (Vol. 1, No. 1, Pp. 257-266).

Malawi, I., Tryanasari, D., & Apri Kartikasari, H. S. (2017). Pembelajaran Literasi Berbasis Sastra Lokal. Cv. Ae Media Grafika. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=biBzDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=related:3isz9v7JMzoJ:scholar.google.com/&ots=TNHnXJaLo2&sig=FSrwLwzBxNLP7JjQRFFYls8EcCs&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Miftah Nurul Annisa, A. W. (2020). Miftah Nurul Annisa, A. W. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintangPentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Das. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun Karakter Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75–81. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21285

Munif, M. (2017). Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Pai Dalam Membentuk Karakter Siswa. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.49

Nashihin, H. (2019). Konstruksi Budaya Sekolah Sebagai Wadah Internalisasi Nilai Karakter. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(1), 131–149.

Naziyah, S., Akhwani, A., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3482–3489. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1344

Nurbaiti, R., Alwy, S., & Taulabi, I. (2020). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Aktivitas Keagamaan. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.995

Pertiwi, R., Suchyadi, Y., . S., & Handayani, R. (2019). Implementasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 01 Kota Bogor. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 41–46. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.994

Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37-50.

Rahayuningsih, Y. S., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menciptakan Budaya Sekolah yang Positif di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Basicedu, 6(5), 7850–7857. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3626

Rizky Asrul Ananda, Mufidatul Inas, & Agung Setyawan. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 83–88. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Implementasi pendidikan inklusi berbasis pengembangan diri di sekolah alam jogja green school. El Midad, 11(2), 117-132.

Safitri, K. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 264–271.

Said, A. (2018). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah. 2(1).

Saleh, M. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Inklusi. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 17(2), 101. https://doi.org/10.47466/hikmah.v17i2.198

Siregar, N., Siregar, H., Sirait, E., Pasaribu, S., Aruan, B., & Sitorus, E. (2023). Penerapan Quantum Teaching Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen di SMK Negeri 5 Medan. 3, 11803–11814.

Siskayanti, J., & Chastanti, I. (2022). Analisis Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1508–1516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151

Sondak, S. H. (2019). Faktor-Faktor Loyalitas Pegawai Di Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 676.

Susilawati, W. O., Novitasari, A., Prananda, G., Apreasta, L., & . A. (2020). Pengaruh Pemahaman Hak Asasi Manusia (Ham) Terhadap Sikap Menghargai Pendapat Orang Lain Pada Mahasiswa Program Studi Ppkn Fkip Uad. Inspiratif Pendidikan, 9(2), 91. https://doi.org/10.24252/ip.v9i2.15474

Virgustina, N. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 5(2), 365. https://doi.org/10.30738/keluarga.v5i2.3842

Yulsy Marselina Nitte, V. R. B. (2020). Jurnal Kependidikan : Pemetaan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar se-Kota Kupang. 6(1), 38–47.

Zagoto, M. M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 3(1), 53–57.

Published

2023-07-15

How to Cite

Vania Lenta, & Dea Mustika. (2023). Budaya Sekolah dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter di SDN 115 Pekanbaru. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id./index.php/JIPI2/article/view/65938

Issue

Section

Articles